Ciri-ciri Indukan Kambing Etawa Yang Baik



Salah satu sub bisnis yang cukup menarik pada budidaya ternak kambing etawa adalah bisnis pembibitan, hal ini mengingat kambing mampu menghasilkan anak 2 kali dalam setahun. Harga bibit juga cukup mahal terutama untuk peranakan etawa, di pasar ternak di kota saya sangat biasa kita lihat seekor anak dijual seharga 400 ribu rupiah, hal ini wajar saja bisnis ini memang cukup menjanjikan. Jika kita cukup tertarik untuk mencoba bisnis pembibitan maka sudah selayaknya kita harus mengetahui ciri-ciri calon indukan terbaik, nah berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli bakal induk:

Secara fisik
  1. Postur tubuh terlihat kompak dengan dada yang dalam dan lebar, perhatikanlah garis punggung serta pinggang jika terlihat lurus maka kambing tersebut bisa dijadikan bakal induk.
  2. Perhatikan postur tubuh, memiliki postur besar (tulang-tulang), postur besar bukan berarti gemuk, dan jangan sekali-kali membeli kambing etawa dara dalam keadaan gemuk sebab beberapa kasus kita temukan dilapangan kambing gemuk sulit menunjukkan tanda-tanda estrus.
  3. Memiliki Kaki lurus serta tumitnya cukup tinggi.
  4. Perhatikan kelengkapan gigi, jika gigi kurang maka sudah pasti proses konsumsi pakan hijauan ternak akan tergangu, Untuk memastikannya cukup perhatikan ketika calon induk makan rumput atau hijauan jiak terlihat lahap dan memiliki selera bagus terhadap hijauan maka kambing etawa tersebut baik, salah satu cara tradisional untuk hal ini dengan melihat postur rahang kemungkinan besar rahang  lebar dan rata antara atas dan bawah adalah ciri kambing yang baik.
  5. Induk memiliki bentuk ambing simetris antara kiri dan kanan.


Ciri-ciri sifat:
Sifat jinak dan tenang merupakan salah satu ciri cikal bakal induk kambing etawa yang baik, jika terlihat cukup agresif sebaiknya cari lain, sebab kambing agresif umumnya kurang baik dalam menyusui anak.

Ciri-ciri genetis

  • Belilah calon indukan kambing dari keturunan kembar (betina-betina) karena sifat ini umunya akan menurun, sebaiknya hindari membeli kambing dari keturunan kembar jantan betina (freemartin).
  • Kambing betina yang dilahirkan tunggal juga cukup baik dijadikan calon indukan asalkan kelahiran tunggal dari induk muda.
ciri induk yang baik
Fisik, sifat (tingkah laku) dan genetis harus diperhatikan ketika ingin membeli calon induk, baik pada kambing. Karena ini sangat menyangkut keberhasilan dalam budidaya etawa untuk produksi susu maupun daging. Ketiga hal tersebut rasanya sudah cukup untuk menjadi acuan dalam membeli atau memilih calon indukan yang akan menghasilkan susu dan daging yang baik. Untuk ciri-ciri pejantan etawa mungkin belum akan kita jelaskan karena menurut saya saat ini pejantan kambing etawa yang baik sudah bisa digantikan dengan inseminasi buatan (artificial insemination) dimana prosesnya lebih praktis dan kualitasnya terjamin.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: