Ciri-ciri Kambing Jantan Etawa yang Baik



Kambing etawa terkenal sebagai penghasil susu kambing yang baik, sebagai penghasil susu sudah sepantasnya dibudidayakan untuk meningkatkan produksi susu Nasional. Harga susu kambing jauh lebih mahal, walaupun produksinya hanya 1/10 dari jumlah susu sapi/ ekor /hari, penghasilan peternak sapi perah sama saja dengan penghasilan peternak kambing perah.

Untuk mendapatkan indukan yang baik dalam menghasilkan susu tentu harus dari keturunan yang baik pula, terutama pejantan. Untuk mendapatkan pejantanberkualitas maka kita harus mengetahui ciri-ciri kambing bakalan. Untuk itu berikut ini beberapa ciri-ciri umum pejantan berkualitas, untuk dijadikan sebagai pedoman dalam pembelian:
  • Tubuh kambing jantan tersebut besar dan panjang bagian tubuh belakang lebih tinggi dan lebih besar, memiliki dada yang lebar, tidak kurus dan tidak juga gemuk, aktif serta memiliki selera kawin tinggi.
  • Kaki lurus, simetris kiri dan kanan dan juga kuat.
  • Kambing etawa tersebut dilahirkan dari keturunan kembar.
  • Umur masih muda antara 1 ½ hingga 2 ½ tahun.

Pedoman diatas bisa juga digunakan untuk memilih sapi jantan. Selain pejantan sebenarnya ada juga cara lain yang lebih mudah untuk mendapatkan atau memperbaiki keturunan ternak kambing yakni dengan inseminasi buatan (Artificial Insemination), cara ini jauh lebih praktis dan juga lebih murah daripada harus membeli kambing etawa jantan yang harganya bisa menjapai 6 juta rupian per ekor, sedangkan biaya inseminasi buatan hanyalah Rp 50.000 / inseminasi. Hasil dari inseminasi juga lebih terjamin mutunya daripada hasil kawin alam.
pejantan kambing

Namun itu semua terserah kepada peternaknya, jika ingin mengembang biakkan kambing dengan sistem alami silahkan beli pejantan (bandot) dan jika ingin membudidayakan kambing etawa dengan Inseminasi silahkan catat nomor telepon inseminator di daerah anda. Semua dinas peternakan di Indonesia mungkin sudah memiliki bibit / semen etawa yang didatangkan dari lembang atau BBIB singosari sebagai penghasil semen beku terbaik di Indonesia.

Perlunya membeli kambing jantan mungkin karena di daerah anda belum tersedia unit layanan Inseminasi Buatan sehingga anda harus menyediakan pejantan sendiri dalam berbudidaya. Namun itu semua tetap bergantung pada peternak, jika peternak menminta ke dinas peternakan daerah tentu saja dians akan merespon dan membantu dalam pelaksanaan inseminasi buatan pada kambing ini. selamat membeli kambing etawa jantan. Untuk mengetahui ciri umum kambing betina yang baik silahkan lihat di halaman sebelumnya.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: