Pakan kelinci dari berbagai sayuran dan rumput



Beternak kelinci gampang-gampang susah, mudah dikembang biakkan tapi susah dipasarkan. Banyak peternak mengeluh akan sulitnya penjualan kelinci, mulai kesusahan ketika jumlah pengeluaran untuk pakan setiap waktunya bertambah. bagaimana tidak, kelinci termasuk hewan rakus dan mampu berkembang biak dengan cepat. Seekor kelinci bisa beranak 2 kali setahun dengan jumlah anak lebih dari satu tiap kelahiran. Jika tidak ada kontrolinng serta pemasaran yang baik bisa dipastikan kerugian akan didapat peternak.


kelinci

Kali ini kita tidak akan membahas dari sisi peluang usaha kelinci, melainkan sekedar sharing jenis-jenis sayuran bisa menjadi pakan. Pada dasarnya semua jenis sayuran bisa dijadikan pakan, namun dalam prinsip peternakan "hewan tidak boleh bersaing makanan dengan manusia". Untuk itu tepat dijadikan pakan adalah limbah dari sayuran, seperti daun lobak, sisa potongan kangkung, sisa lobak pokoknya semua sisa-sisa sayuran. Kandungan setiap sayuran berbeda-beda, kebutuhan kelinci akan zat makanan juga bisa berbeda-beda tergantung pada umur, jenis kelamin dan masa bunting atau tidak. berikut ini jenis limbah sayur yang cocok dikadikan pakan kelinci:

  • Sisa potongan wortel juga daun pada pangkal wortel. Kita sering melihat kelinci makan wortel di tipi-tipi, inti sebenarnya bukanlah berapa banyak wortel dan sebagus apa wortel mereka makan, tapi ada tidaknya betakaroten, gula dan serat yang dikonsumsi kelinci. Ingat beta karoten bisa memicu perningkatan hormon reproduksi, sehingga kelinci mudah berkembang biak.
  • Sisa potongan sayur kangkung, kangkung juga merupakan pakan paling disukai kelinci disamping wortel. Karena tanaman ini juga bayak tumbuh liar silahkan saja beri kangkung yang bagus untuk pakan kelinci. namun jika harus membeli alagkah baiknya kangkung yang bagus disayur sisanya dijadikan pakan.
  • Daun kacang-kacangan, baik kacang panjang, tanah, lain sebagainya sangat baik untuk pertumbuhan kelinci. istilah peternakan untuk pakan ini adalah leguminoseae. Merupakan salah satu syarat pemberian pakan yang baik. Pemberian lebgum perhari maksimal 1% dari berat badan kelinci,
  • Labu kuning juga makanan disukai kelinci, hanya saja di daerah-daerah tertentu harga labu cukup mahal. 
  • tangkai / daun brokoli, setiap kita membeli brokoli pasti selalu saja ada tangkai dan daun yang sulit untuk dimasak, akhirnya harus dibuang ke tempat sampah, padahal tangkai/ daun brokoli ini banyak mengandung gula sangat disukai kelinci.
  • begitu sjuga dengan tangkai/ daun kol bunga, brokoli dan kol bunga sebenarnya tanaman serumpun hanya saja warna dari keduanya berbeda brokoli = hijau, kol bunga= putih.
  • sisa potongan batang sawi, kandungan sawi kebanyakan air dan serat saja, kurang disukai kelinci tapi tetap dimakan. 
  • Bayam disukai kelinci, tapi harganya mahal loh oleh karena itu semua bayam liar bisa dijadikan pakan.
Selain sayuran ada juga berbagai jenis rumput bisa dijadikan pakan pokok kelinci, berikut ini beberapa jenis rumput cocok dijadika pakan kelinci:
  • rumput gajah, kandungannya kompleks untuk ternak ruminansia. rumput gajah muda atau pucuknya cukup disukai kelinci.
  • rumput raja, idem dengan rumpur gajah.
  • semua hijauan makanan ternak untuk ruminansia bisa dijadikan sebagai pkan kelinci, hanya saja permasalahan yang sering timbul adalah kelinci tidak mu memakannya. Jadi pilih saja rerumputan yang mau dimakan.
  • Daun lamtoro, sama dengan daun kacang-kacangan sangat cocok untuk dijadikan pakan.
  • Daun petai cina
  • dan lain-lain.
Itulah beberapa jenis sayuran, rumput dan hijauan mkanan ternak cocok untuk dijadikan pakan kelinci. masalah pemasaran yang sulit akan kita bahas di lain kesempatan, semoga bermanfaat.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: