Fakta Seputar Susu Kambing Etawa



Harga susu kambing etawa cenderung lebih mahal, baik dalam kedaan segar maupun bubuk. Harga yang mahal ini menurut saya wajar-wajar saja, sebab produksinya tidak sebesar susu sapi. Seekor kambing etawa asli mampu memproduksi susu hingga 3,5 liter perhari sedangkan seekor sapi fries Holland mampu menghasilkan susu hingga 30 liter per hari. Jadi produksi susu seekor sapi sama dengan produksi susu 10 ekor kambing etawa.

Tahukah anda bahwa dalam susu terdapat bakteri probiotik? Bakteri yang bermanfaat untuk tubuh kita, bakteri probiotik yang ada dalam susu etawa adalah Lactobacillus Fermentum merupakan salah satu anti mikroba yang sanagt efekti. Sebenarnya semua susu mengandung lactobacillus hanya saja jenisnya berbeda-beda, Lactobacillus pada susu sapi berbeda dengan yang terdapat pada susu kambing. Lactobacillus Fermentum ternyata juga terdapat dalam ASI.

Asupan protein merupakan salah satu tujuan orang dalam mengkonsumsi susu, nah ternyata kadar protein yang terkandung lebih tinggi. Tapi bagaimana dengan soal bau yah.. ada persepsi yang sering salah dalam menilai aroma susu, sebenarnya susu yang murni dan belum terkontaminasi oleh lingkungan aromanya tidak akan menyerupai inangnya.Lemak terkadang sangat dihindari banyak orang, agar kita ketahui bersama ternyata lemak pada susu kambing lebih rendah. Jadi jika anda ingin memperoleh susu dengan kadar lemak yang lebih rendah maka sudah saatnya beralih mengkonsumsi kambing.

Kandungan utama susu lainya adalah gula, dimana gula dalam susu disebut dengan laktosa. Setiap susu pasti mengandung zat gula ini, nah ternyata kadar gula susu pada susu kambing lebih rendah. Jadi bagi anda yang tidak bisa mengkonsumsi gula berlebihan mungkin sudah saatnya juga beralih mengkonsumsi susu ini.

Pada dasarnya semua jenis susu memiliki komposisi hampir sama, perbedaan mungkin ada pada kadar dan varian. Dalam konsumsi harus tetap harus tetap mengacu pada konsep menu makan seimbang. Kelebihan kolesterol bukanlah akibat makanan hewani, tapi lebih karena pola makan tidak teratur dan menu makanan tidak seimbang.
kambing etawa

Itulah beberapa fakta seputar susu kambing etawa juga lainnya bila kita bandingkan dengan susu sapi. Berdasarkan kenyetaan-keyataan tersebut diatas sudah sewajarnya jika harganya lebih mahal. Mungkin anda belum tahu bahwa ada susu yang lebih mahal lagi yakni susu kuda, dimana harga susu ini mencapai 100 ribu / liter



Share this article :
Share on fb Tweet

No comments: