Tingkah Laku Reproduksi Kambing




Pentingnya mengetahui perilaku reproduksi kambing bagi peternak sama halnya dengan mengetahui pemberian pakan yang tepat. Seorang peternak kambing dalam meningkatkan produksi dan populasi haruslah mengawinkan hewan ternak tersebut baik secara inseminasi buatan maupun secara alami. Saat ini ada beberapa semen beku untuk insemiasi seperti, bibit kambing etawa, peranakan etawa dan boer. Dengan mengetahui tingkah laku reproduksi maka peternak akan dapat mengetahui secara pasti masa birahi hewan peliharaan.

Gejala reproduksi menyangkut periode estrus dan masa kawin terbaik

Beberapa tingkah laku atau ciri betina dewasa sedang mengalami birahi antara lain:
  • Kambing mengembek (mengembik) lebih banyak dari biasanya walaupun pakan hijauan makanan ternak tersedia di dekatnya.
  • Terlihat gelisah.
  • Menggesek-gesekkan badannya ke dinding kandang.
  • Vulva membengkak, dalam hal ini hanya si peternak yang dapat memantau secara pasti sebab merekalah yang paling sering berinteraksi dengan kambing tersebut.
  • Vulva terlihat memerah atau lebih merah dari biasanya.
  • Kambing betina sedang birahi akan tenang bila didekati pejantan (bandot). Terkadang ada beberapa betina akan menganjak (menaiki) kawanan didekatnya.

Tingkah laku kambing sedang birahi lainnya yang paling sering terlihat adalah; menurunnya nafsu makan. Sebenarnya bila peternak memelihara betina dan jantan sekaligus dalam satu kandang, pola gejala reproduksi ini tidak terlalu penting. Namun bila peternak ingin mengembang biakkan dengan inseminasi buatang (Artificial insemination) maka perilaku birahi harus dipahami sedetail mungkin. Sebab 75 % tingkat keberhasilan dari inseminasi ternak kambing maupun inseminasi sapi bergantung pada penentuan masa kawin yang tepat.

Perhatikan sisa pakan di pagi hari, cara ini juga bisa menjadi acuan. Bila gejala estrus muncul di malam hari maka ada kemungkinan gejala tidak tampak lagi di pagi harinya. Sisa pakan lebih banyak dari hari-hari biasa bisa juga menandakan kalau kambing sedang dalam masa kawin. Selain itu perhatikan juga jejak kaki dalam kandang, hewan peliharaan gelisah dapat terlihat dari jejak kakinya. 
kambing betina estrus

Selain dari menentukan birahi pada kambing petrnak juga sebaiknya mengetahui lama masa birahi dan lama periode satu birahi ke estrus lainnya. hal ini penting agar masa reproduksi dapat diatur seoptimal mungkin. Semakin optimal reproduksi (perkembang biakan) maka semakin besar keuntungan yang akan diperoleh oleh peternak.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: