Cara beternak ayam broiler skala kecil dari hari ke hari



Budidaya ayam broiler skala kecil dengan populasi dibawah 500 ekor. Agar lebih mudah dipahami, kita tuliskan langkah yang harus dilakuka dari hari ke hari. Kajian penting teknis beternak ayam; persiapan kandang, penanganan DOC hingga anak ayam 21 hari, pemberian pakan, obat-obatan dan vitamin, vaksinasi, panen, pemasaran dan penanganan pasca panen. Berikut cara beternak ayam pedaging dari hari-kehari.

Persiapan Kandang

Beternak ayam broiler akan lebih efisien bila dipelihara dalam kandang panggung, dengan struktur; tinggi lantai dari tanah minimal 1,5 m, dan lantai ke plafon setinggi 2 meter. Luas kandang ideal 7 ekor/ meter bujur sangkar, gunakan kayu tebaik untuk tiang dan rangka kandang, lantai bisa dibuat dari bambu, dinding sebaiknya dari kawat jaring.

Litter digunakan untuk memelihara DOC hingga umur 14 hari. Litter dari serbuk gergaji masih menjadi favorit, karena harganya murah dan mudah didapat. Ketebalan litter sebaiknya minimal 10 CM, dibolak-balik 2 kali seminggu, dan diganti seminggu sekali. Pada hari ke 14 litter sudah bisa dilepas.

Peralatan dalam kandang; tempat pakan dan minum, penghangat untuk anak ayam, dan thermometer untuk pemantau suhu kandang. Semua tersedia di poultry shop, tanyakan dan pilih sesuai kemampuan.

Pemeliharaan ayam broiler dari hari ke hari


Hari pertama.
Sebelum DOC datang pastikan kandang telah siap; sebaiknya litter telah terpasang di seluruh area dalam kandang, buat sekat dengan ukura 2 m bujursangkar / 100 DOC, pastikan penghangat menyala dengan baik higga suhu dalam area sekatan stabil berkisar 32 derajat celcius. Untuk kestabilan suhu sebaiknya gunakan gasolek sebagai penghangat kandang, harganya lumayan mahal tapi daya tahannya cukup lama. Pakan anak ayam dan air minum sudah tertata dengan baik. Siapkan juga air gula (larutan gula arena) dalam wadah.

Ketika DOC broiler datang bawa box kedalam kandang, buka dan ambil anak ayam satu persatu, celupkan paruhnya kedalam larutan gula dan letakkan dalam area sekatan. Lakukan kontrol suhu sejam sekali, bila DOC tersebar merata dalam brooding (area sekat) berarti suhu sudah pas, jika anak ayam bergeerumul (berkelompok) berarti suhu terlalu rendah, dan bila menjauh dari penghangat berarti suhu terlalu tinggi. Periksa kecukupan air minum dan pakan pada nampan, sebenarnya pakan belum begitu penting di hari pertama ini.

Hari 2
Campur air minum dengan vitamin (sebagai anti stress), merek dagang dan dosis penggunaan silahkan langsung konsultasi ke poultry shop/ petugas kesehatan hewan di daerah kita. Bersihkan nampan makanan dan tempat minuman, ganti / menambah pakan sesering mungkin, oleh karena itu beri pakan sedikit demi sedikit saja.

Hari 3
Perlakuan dan kegiatan beternak ayam sama dengan pemeliharaan ayam broiler di hari ke dua.

Hari 4.
Kita akan melakukan vasinasi ND pada hari ini, pemberian vaksin pada broiler dilakukan secara tetes pada mata dan hidung (lobang paruh). Vitamin dalam air minum tetap diberi. Pada hari ini area sekat diperlebar sesuai pertumbuhan ayam. Pelebaran dilakukan setiap 4 hari sekali hingga umur 2 minggu. Kisaran suhu kandang sekitar 31 -32 derajat celcius.

Hari 5 – 14.
Setiap 4 hari sekali lakukan pelebaran sekat, air minum tetap dicampur dengan vitamin, pemberian pakan dilakukan sedikit demi sedikit. Suhu dalam kandang untuk broiler umur 5 – 7 sekitar 31 derajat, dan umur 7 – 14 sekitar 29 derajat. Litter diauduk 2 – 3 kali seminggu dan pada hari ke 8 ganti dengan litter baru (khusus di area tersekat saja)

Hari ke 15 - 20
Litter masih digunakan, periksa bagian yang menggumpal dan ganti, pembuangan litter dilakukan pada umur 18 – 21 hari tergantung daerah (makin dingin semakin lama). Tidak ada lagi sekat dalam kandang, semua kandang telah terpakai secara merata, dan pemanas juga tidak diperlukan.

Hari 21 beternak ayam broiler  hingga panen
Masa terberat dalam budidaya ayam broiler hanya dihari 1 higga buka alas kandang (buang litter). Pada hari ke 21 pastikan kandang panggung tidak meggunakan litter lagi. Tugas kita sehari-hari berikutnya hanya megisi tempat pakan dan engontrol air minim. O iya air minum tetap dicampur dengan vitamin anti stress hingga panen terutama untuk daerah panas. Penggantian pakan dilakukan minimal 2 kali sehari.
doc brioler diatas litter

Itulah cara beternak ayam broiler dari hari kehari yang dapat saya tuliskan, bila ada yang tidak jelas atau ragu silahkan tanyakan melalui komentar, pasti akan penulis jawab. Semoga bermanfaat…



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: