HMT - Hijauan Pakan Ternak



Yang dimaksud dengan HMT atau hijauan makanan ternak adalah hijauan atau rumpu-rumputan yang memiliki angka kecukupan gizi yang tepat untuk ternak ruminansia, tidak semua rumput dapat dikategorikan hijauan makanan ternak. Untuk itu peternak perlu menanam sendiri rumput-rumput unggul yang dikategorikan sebagai HMT. Beberapa jenis HMT ada berasal dari Indonesia dan banyak juga didatangkan dari luar negeri dan dikembangakan di Indonesia.

Pakan adalah sumber gizi bagi ternak dan pakan ini merupakan kebutuhan primer satu-satunya pada ternak berbeda dengan manusia yang memiliki tiga kebutuhan primer, Pakan berguna untuk pertumbuhan serta produksi. Pakan dikategorikan HMT adalah rumput atau hijauna yang memiliki nilai kandungan gizi yang cukup sesuai kebutuhan ternak khususnya ruminansia. Secara garis besar pakan ternak ruminansia bisa dibedakan menjadi dua yankni pakan serat dan pakan penguat, pakan serat ini diataranya dalah rumput (HMT) dan penguat adalah konsetrat. HMT sebaiknya dipotong pada usia yang tepat, sebab jika terlalu tua maka kualitasnya akan semakin buruk.
contoh rumput unggul

Beberapa rumput unggul yang dapat diguanakan untuk hijauan makanan ternak ruminansia :

  • Rumput Benggala atau bahasa latinnya Panicum maximum, ciri-cri rumput ini diantaranya; Tingginya dapat mencapi 2 meter, berbulu dan disukai oleh ternak.
  • Rumput Gajah atau bahasa latinnya Pennisetum purpureum, dengan ciri-ciri yang hampir sama seperti rumput benggala hanya saja daun rumput gajah lebih lebar serta bulu yang lebih sedikit
  • Setaria rumput ini lebih pendek dari kedua rumput diatas, kelebihan dari rumput ini mudah dikembang biakkan didaerah kering sekalipun dan sangat disukai oleh ternak.
  • Rumput raja atau sering juga disebut dengan King Grass, rumput ini mirip dengan rumput gajah hanya saja rumput raja ini memiliki bulu yang lebih sedikit daripada rumput gajah dan tidak berbunga.

Waktu tanam HMT dengan waktu masuk bakalan ternak harus disesuaikan, sebaiknya rumput ditanam sebelum bakalan dibeli (sapi, kerbau atau kambing). Bibit rumput (gajah, benggala, raja dan setaria) mudah didapat, banyak masyarakat menanam untuk pakan ternak mereka. Sebaiknya peternak memanfaatkan semua lahan kosong untuk dijadikan sebagai tempat menanamHMT, diantaranya seperti; halaman atau pekarangan rumah, pematang sawah, pagar ladang atau pinggir jalan menuju ladang.

Saat ini tidak sedikit masyarakat yang malah menjadikan hijauan makanan ternak ini sebagai usaha sampingan, mereka secara khusus menanam rumput unggul dan menjualnya kepada para peternak ruminansia. Memang bisnis hijauan makanan ternak dapat dikatakan salah satu bisnis menjanjikan sebab merawat rumput unggul tidak dibutuhkan perlakuan khusus. Umumnya semua rumput unggul memiliki sifat seperti rumput kebanyakan mudah tumbuh dimana saja bahkan tanpa adanya pemupukan sekalipun. Harga hijauan makanan ternak tidak bisa dibilang murah karena per 25 Kg dijual dengan harga Rp.10.000,- ini berarti untuk satu ekor sapi dewasa dibutuhkan biaya pakan minimal Rp. 10.000/ hari.



Share this article :
Share on fb Tweet

No comments: