Cara Menghilangkan Belatung Pada Ternak Yang Luka


Sering sekali ternak yang kita pelihara luka secara tidak sengaja, misalnya sapi sering sekali terdapat luka diantara celah-celah kukunya, kambing yang sering luka dip aha atau bagian lainnya. Luka ini terkadang akan menjadi tempat hidup dan berkembangnya belatung, hal ini karena lalat akan hinggap di setiap luka ternak. Belatung-belatung ini sangat mengganggu kesehatan ternak, dan bisa memperparah luka yang ada. Untuk itu perlu penanganan yang tepat menghilangkan belatung-belatung ini, sekali ini akan saya sampaikan cara aman menghilangkan belatung yang ada pada ternak sapi, kambing, kuda dan babi.

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan belatung ini, seperti minyak tanah dan kapur barus atau tawas. Selain bahan-bahan tersebut juga ada bahan yang terbuat dari tumbuhan dalam bahasa daerahnya sering disebut cepcepen keong, tumbuhan ini mirip daun ubi namun daunnya lebih lebar dan pucuk-pucuknya berwarna merah serta memiliki getah berwarna putih.

Cara menghilangkan beatung dari luka:
  • Dengan menggunakan pinset, ini cara manual dengan mencabuti bekatung dari luka. Cara ini paling baik dan menhindari kontaminasi dengan bahan-bahan kimia lain, namun jika pinset tidak steril malah bisa memperparah luka dan menjadi infeksi akut.
  • Dengan bensin/ minyak tanah, siramkan minyak tanah atau bensin ke dalam luka, usahakan siraman bensin atau minyak tanah tersebut tidak mengenai bulu ternak, sebab bila kulit ternak terkena bensin kulit tersebut bisa mengalami botak permanent. Jadi cara aman menggunakan minyak ini untuk mengusir belatung adalah dengan menggunakan speet (alat suntik).
  • Dengan tawas, tawas juga sangat ampuh menghilangkan belatung dari ternak, caranya dengan menaburi tepung tawas (tawas yang di giling) di atas luka yang berbelatung pada ternak anda.

Sealian cara menghilangkan belatung tersebut, ada baiknya juga anda mengetahui cara menghindari belatung dari ternak yang terluka, berikut cara atau hal-hal yang bisa dilakukan:

  • Semprot kandang dengan anti serangga, agar tidak ada lalat yang berkeliaran di sekitar kandang. Luka ternak berbelatung itu karena adanya lalat yang meletakkan telur mereka diatas luka pada ternak sapi, kambing, maupun domba dan kuda.
  • Semprotkan anti lalat pada badan ternak, biasanya cairan ini berwarna merah atau biru dan di pasar-pasar ternak sering digunakan. cairan pengusir lalat ini bisa dibeli di toko penjualan pakan ternak (poultry shoop) kurang lebih Rp 60.000 setabung.

Perlu diingat biasanya luka yang dihinggapi belatung akan bernanah, jadi selain penanganan diatas untuk menghindari infeksi sebaiknya minta petugas kesehatan hewan untuk menyuntik ternak anda dengan antibiotic, anti biotik pada ruminansia tidak boleh diberi secara asupan (dimakan) sebab ternak ruminansia membutuhkan bakteri untuk proses pencernaan pakan di dalam lambung, jika kita memberi antibiotik secara asupan maka bakteri lambung bisa habis sehingga proses pencernaan pakan akan terganggu pada ternak ruminansia anda. Antibiotik untuk ruminansia hanya boleh diberi secara injeksi.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: