Sunday, March 31, 2013

Ternak Bebek Kering

Ternak bebek kering maksudnya adalah kita memelihara bebek dalam kandang tanpa menyediakan kolam untuk bebek berenang. Pada umumnya bebek memang lebih menyukai lahan basah sebagai tempat mencari makan namun itu semua bisa dimodifikasi menjadi beternak bebek full di lahan kering atau kandang kering. Beternak bebek secara kering ini banyak diaplikasikan untuk beternak bebek petelur, yang dibudidayakan meyerupai kandang ayam petelur. Kita ketahui bahwa bebek meiliki kebiasaan bertelur di sembarang tempat khusus bagi bebek yang digembalakan. Hal ini menjadi kedala dan faktor kerugian bagi peternak, karena sering sekali tidak dapat menemukan telur bebek yang mereka gembalakan.

Tujuan utama membuat kandang ternak bebek secara kering ini adalah:

  1. Menghemat lahan, dengan meniru kandang ayam petelur yang berupa kotak-kotak jaring tentu saja lahan yang digunakan jauh lebih kecil dibandingkan ternak bebek secara lepas.
  2. Efisiensi pakan, pada kandang ternak bebek kering akan dibuat tempat pakan secara khusus, seperti pada ternak ayam petelur.
  3. Semua telur itik dapat dikumpulkan


Adapun kekurangan dari system budiday bebek kering ini diantaranya:

  • Tingginya tingkat stress dari bebek yang dikurung dalam sangkar kecil, sebab bebek pada dasarnya unggas penjelajah dan hewan gembalaan. Tingkat stress ini bisa diturunkan dengan pemberian vitamin C secara rutin.
  • Biaya bangunan kandang dan peralatan yang mahal, beternak bebek secara kering akan membutuhkan tempat pakan, tempat minum, dan box yang terbuat dari bambu atau besi yang digunakan untuk sangkar bebek.


Kandang bebek kering ini sama dengan ayam petelur jenisnya sering disebut dengan kandang baterai. Dalam setiap box baterai haruslah dimuat itik jantan dan betina secara bersamaan. Perbandingan jantan dan betita itik sebaiknya 1: 3, artinya dalam satu box baterai terdapat 1 ekor bebek jantan dan 3 ekor bebek betina. Bahan kandang yang paling murah adalah dari bambu namun daya tahannya relative singkat, dan bahan lainnya terbuat dari besi walaupun harganya lebih mahal tapi daya tahan bateray cukup lama.

Bebek yang dapat dimasukkan ke bateray ini adalah bebek dara, sedangkan anak bebek atau DOC tidak dapat dipelihara di bateray. Jadi dibutuhkan juga kandang khusus untuk anak bebek sebelum dara.

Thursday, March 28, 2013

Ternak Bebek Entok Manajemn Kandang dan Pakan

Entok adalah unggas yang termasuk jenis bebek, banyak nama yang diberikan untuk bebek ini diantaranya: entok (jawa), serati (sumatera), entong, bebek basur dan dalam bahasa Indonesia disebut Itik Manila. Ciri-ciri fisik bebek entok ini diantaranya bulu badan hitam kilau kebiruan biasanya bahagian leher berbulu putih dengan warna kulit siekitar mata berwarna merah tua, bebek entok lebnih besar dari bebek lain seperti itik petelur, selain itu bebek entok ini mampu terbang lebih jauh dari bebek jenis lain. Bebek entok dipelihara untuk diambil dagingnya (bebek pedaging/ potong). Entok cocok dipelihara di seluruh wilayah Indonesia.

Cara pemeliharaan bebek entok sama saja dengan bebek/ itik lainnya, termasuk jenis bebek basah (suka berenang). Bebek entok cenderung memankan segala jenis makanan suka menyocor di berbagai tempat jadi untuk pakan entok ini cenderung lebih mudah dimodifikasi dibanding dengan pakan bebek peking. Semua jenis pelet pakan bebek bisa diberikan kepada entok. Kekebalan entok terhadap penyakit juga lebih tinggi sehingga perawatan kesehatan cukup mudah.

Struktur kandang untuk bebek entok dapat dibuat seperti gambar berikut ini
rancangan kandang entok

Dari gambar dapat dilihat bahwa ditengah-tengah kandang dibuatkan kolam tempat entok berenang, hal ini sangat diperlukan karena bebek entok memiliki kebiasaan berenang, pagar jarring dibuat setinggi 2 ½ meter atau lebih ini karena bebek entok ini mampu terbang tinggi, tempat berteduh dibuat setinggi 60 – 70 cm dan diberi alas pelepah bamboo setinggi 10 cm dari tanah. Luas kandang bebek entok relative bergantung lahan dan jumlah entok yang akan dipelihara 1 meter bujur sangkar dapat dihuni 4-6 ekor entok.

Entok memiliki kebiasaan menjelajah namun tetap mengingat arah kandang mereka, jadi selain dikandangkan entok juga sebaiknya dilepas di pagi hari untuk menghemat pakan, cara seperti ini hanya dapat dilakukan di pedesaan. Jika memelihara entok di kota maka demi keamanan sebaiknya entok full dikandangkan. bebek entok juga memiliki kebiasaan bertelur di sembarang tempat, jika ingin mengumpulkan telur entok maka entok sebaiknya dipelihara dengan sistam kandang.

Wednesday, March 27, 2013

Proposal Ternak Bebek Untuk Program Pemerintah

Membuat sebuah proposal ternak bebek biasanya akan ditujukan untuk program pemerintah yang ada, saat ini ada beberapa program pemerintah untuk bantuan ternak sapi, kambing / domba, unggas yang termasuk didalamnya ternak bebek. program bantuan ternak dari depertemen pertanian saat ini diantaranya: SMD (Sarjana Membangun Desa), LM3, INKA, dan untuk bebek dapat diajukan proposal terkait program Pengembangan budidaya unggas lokal (bebek merupakan salah satu unggas lokal).

Bagaimana bentuk proposal untuk bantuan ternak bebek? proposal dapat disusun dengan format berikut:

  • Pendahuluan, bab ini memuat latar belakang pengajuan proposal bantuan ternak, maksud dan tujuan serta sasaran yang ingin dicapai bila proposal diterima.
  • Potensi & agroekosistem, memuat tentang potensi wilayah yang ada, seperti; ketersediaan pakan bebek beserta jenis-jenis pakan, permintaan daging atau telur bebek di pasar lokal, kecocokan kondisi lingkungan dengan peternakan unggas (bebek)
  • Evaluasi kegiatan tahun sebelumnya, jika kelompok tani yang mengajukan bantuan ternak bebek ini pernah membudidayakan bebek maka dapat melampirkan neraca rugi laba yang telah didapatkan.
  • Rencana pelaksanaan kegiatan meliputi rencana kegiatan, kebutuhan dana jadwal pelaksanaan kegiatan secara time schedule , indikator kinerja yang dapat dinilai, prospek kelanjutan dari usaha ternak yang direncanakan.
  • Lampiran-lampiran, dalam hal ini dilampirkan data-data pendukung proposal yang dibuat.

Mekanisme pengajuan proposal:
Secara umum proposal disampaikan terlebih dahulu melewati birokrasi pemerintahan daerah setingkat kabupaten, baik program dari dinas peternakan kabupaten maupun program yang dikeluarkan oleh kementrian pertanian. Untuk program-program yang dikeluarkan kementrian pertanian maka alur pengajuan proposal sebagai berikut:

  • Pembuatan proposal di tingkat kelompok tani/ ternak dengan tandatangan persetujuan semua anggota
  • Proposal ditandatangani petugas penyuluh lapangan setingkat desa/ kecamatan
  • Proposal diajukan ke dinas peternakan/ pertanian kabupaten kota
  • Kepala dinas (dinas peternakan kabupaten) mengajukan proposal tersebut ke dirjen peternakan pusat.

Proposal bantuan ternak bebek dan lainnya sebaiknya diajukan karena keterkaitan dengan sebuah program yang tersedia, bila anda atau kelompok tani anda mengajukan proposal tidak sesuai dengan ketersediaan program maka kemungkinan besar proposal tersebut pasti ditolak. Untuk itu sebelum membuat proposal sebaiknya baca terlebih dahulu program kerja dirjen peternakan tahunan atau tanyakan informasi bantuan ternak kepada petugas penyuluh peternakan lapangan di desa anda.

Sunday, March 24, 2013

Pakan Ternak Bebek Petelur dan Pedaging

Pakan ternak bebek sudah banyak dijual dalam bentuk pelet yang diproduksi oleh perusahaan terkenal seperti CPI, Japfa, GC dan lainnya. Pakan bebek dari beberapa merk tersebut hampir memiliki kandungan zat makanan yang sama. Jika anda melihat produk CPI (Charoen Pokphan Indonesia) maka dari label kandungan pakan itik tersebut anda sudah bisa membuat sebuh ransum pakan ternak untuk bebek petelur maupun pedaging.

Dalam menyusun komposisi pakan itik / bebek dibutuhkan pengetahuan tentang kebutuhan zat makanan / umur (zat makanan= karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin). Secara kompleksnya yang harus diketahui seorang peternak itik dalam menyusun ransum pakan itik adalah: kebutuhan zat makanan ternak pada umur tertentu per harinya. Misalkan seekor anak itik umur 1 mignggu hanya membutuhkan karbohidrat sebanyak 25 gr, protein 15 gr dan 10 gramvitamin dan mineral. Maka dari contoh kebutuhan zat maknan tersebut kita harus mencari komposisi pakan dengan kandungan zat makanan yang sesuai.

Penjelasan diatas adalah teori yang akan membuat pusing para peternak, jadi secara simple dapat dibuat sebagai berikut:

Untuk 100 kilogram pakan itik/ bebek maka kita membutuhkan:
Jagung (giling kasar atau halus) sebanyak 40 Kg
Dedak halus (bekatul) 40 Kg
Tepung tulang 1 ½ Kg
Tepung ikan 10 Kg
Bungkil kedele 8 Kg
Minyak nabati ½ Kg

Mixing (aduk semua bahan tersebut) dan beri kepada bebek / itik sesuai dengan kebutuhan harian ternak bebek tersebut. Dalam hal ini anda haruslah memahami tentang kebutuhan pakan bebek per ekor per hari sesuai dengan umur itik bebek tersebut. Untuk daftar kebutuhan pakan itik dan bebek anda bisa membacanya dari buku pedoman pemeliharaan itik yang dapat dibeli di toko buku. Atau bisa juga diberikan kepada bebek atau itik secukupnya saja (berdasarkan perasaan).

Bahan pakan ternak bebek / itik alternatif yang mudah didapatkan diantaranya keong mas dan talas. Untuk keong mas dapat diberikan langsung ke ternak itik setelah di pecahkan (dilindas dengan ban mobil). Untuk pakan bebek alternatif bisa juga anda menggunakan pakan ayam alternatif yang pernah dituliskan di blog ini.

Thursday, March 21, 2013

Peluang Bisnis Kemitraan Ternak Bebek

Banyak jenis usaha peternakan yang memiliki prospek dan peluang bisnis menjanjikan sekarang dan masa depan, peluang bisnis kemitraan ternak bebek misalnya, samapai saat ini belum ada perusahaan besar yang focus menjalankan kemitraan ternak bebek. Berbeda dengan ternak ayam broiler, ada beberapa perusahaan besar yang serius menangani kemitraan ternak ayam pedaging ini sebut saja salah satu anak perusahaan Charoen Pokphan Group dan Japfa. Teknis pengembangan kemitraan ternak bebek dengan ayam ras mestinya tidaklah berbeda jauh secara konsep.

Arti usaha kemitraan pada budidaya peternakan seperti ayam dan bebek adalah usaha kerjasama antara plasma dan inti. Jadi dalam kemitraan ada dua peran pelaku bisnis yakni Inti yang diperankan oleh perusahaan pemasok mulai dari pakan, bibit ternak, peralatan kandang dan obat-obatan, dan adanya plasma yang diperankan oleh masyarakat peternak yang menyediakan kandang dan tenaga kerja untuk mengurus ternak bebek tersebut. Begitu jugalah konsep dalam kemitraan ternak bebek.

Dalam bisnis kemitraan ternak bebek yang akan anda bangun harus jelas tenang kontrak kerja, didalam kontrak kemitraan biasanya desebutkan tentang aturan-aturan yang mengatur plasma dan inti, beserta harga panen (hasil produksi ternak) yang ditetapkan dalam kontrak tersebut. Kontrak kemitraan sifatnya mengikat dan memiliki kekuatan hokum, kedua belah pihak (plasma an inti) wajib menjalankan butir-butir yang tercantum dalam kontrak kemitraan ternak bebek tersebut.

Berbicara tentang peluang bisnis kemitraan pada peternakan bebek saya rasa sangat potensial untuk dikembangkan, mengingat kebutuhan protein masyarakat Indonesia yang semakin hari semakin meningkat. Kelebihan kemitraan ternak bebek dibandingkan dengan kemitraan ayam broiler terletak pada kelangkaan perusahaan yang focus memanajemen kemitraan ternak bebek ini, jadi sebagai pemain barupun anda bisa dipastikan akan berkembang dengan cepat sebab saingan masih sangat sedikit. Jadi sungguh benar bahwa kemitraan ternak bebek ini masih sangat berpeluang besar untuk dikembangkan sebagai perusahaan.

Kekurangan kemitraan ternak bebek mungkin terletak pada putaran modal yang akan cukup lama, mengingat masa panen ternak bebek lebih panjang dibandingakan dengan masa panen ayam broiler (per periode). Jadi sebagai pengusaha kemitraan ternak bebek anda akan dituntut memiliki kesabaran tinggi dalama perputaran modal. Selain masa panen harga bibit (DOC) bebek jauh lebih mahal dibandingkan dengan DOC ayam broiler disini akan menuntuk tenaga ahli professional untuk bisa mengurangi penyakit ternak bebek sebab bila terjadi tingkat kematian tinggi maka kerugian besar pasti akan ditanggung oleh pihak kemitraan terutama inti.

Secara teknis kemitraan ternak bebek ini pastilah berbeda jauh dengan kemitraan ternak ayam, mengingat cara beternak ayam berbeda jauh dengan cara beternak bebek. Perbedaan terlihat jelas pada system kandang, dimana kandang ayam cenderung kering dan kandang bebek membutuhkan adanya kolam berenang bebek. Secara spesifik dalam perencaranan pembangunan kemitraan silahkan hubungi kami sebagai teman sharing anda.

Wednesday, March 20, 2013

Cara Ternak Bebek Pedaging Dan Petelur

Cara beternak bebek ditulis dihalaman ini secara garis besar saja, untuk detail dan simpelnya silahkan berimprofisasi. Bebek petelur dan pedaging tidak berbeda cara perawatannya, perbedaan cara beternak bebek pedaging dengan petelur hanya pada pemberian pakan saja, dimana untuk bebek petelur diberikan pakan mineral yang lebih banyak dibanding dengan pakan ternak bebek pedaging. Berikut ini garis besar cara beternak bebek:

1. Persipan kandang, jika anda memelihara bebek secara dikandangkan tanpa ada pengembalaan atau dilepas maka di dalam kandang sebaiknya sediakan kolam untuk bebek berenang. Kolam bebek itu sebaiknya dibangun di tengah kandang, perhatikan gambar dibawah ini.
bagan rancangan kandang ternak bebek

Keterangan gambar:
1. Tempat berteduh dan tidur bebek, dibuat seperti bangku dari bilah bamboo dengan ketinggian 30 Cm, dan diberi atap setinggi 80 Cm
2. Idem dengan nomor 1
3. kolam bebek, dibangun untuk tempat berengan bebek luas kolam ini 10 % dari luas kandang, dan kedalamannya 50 cm.
4. lapangan terbuka

2. Persiapan bibit (DOC atau dara), jika anda ingin berproduksi dengan cepat maka sebaiknya bibit yang anda beli adalah bebek dara, namun jika anda ingin biaya bibit berkurang maka anda bisa membeli DOC bebek petelur atau pedaging. DOC atau bebek dara sama-sama memiliki kelebihan dan keunggulan, harga DOC bebek lebih murah daripada bebek dara namun bebek dara lebih cepat berproduksi daripada DOC.

3. Jika anda membeli DOC maka perawatan DOC harus dilakukan sesempurna mungkin terutama menyangkut pemanasan DOC dan Vaksinasi. Dan jika anda memilih bebek dara maka vaksinasi dan penghangat kandang tidak diperlukan lagi.

4. Persiapan pakan, untuk efisiensi biaya budidaya bebek sebaiknya pakan dikombinasikan antara pakan pabrik (pelet) dan pakan olahan sendiri, beberapa alternatif pakan tambahan untuk bebek pedaging dan petelur: keong mas, sayuran, makanan sisa, pelet buatan, pakan ayam kampung alternatif yang pernah ditulis di blog ini juga bisa anda gunakan untuk pakan bebek.

5. Kebersihan kandang, sebaiknya kandang disapu minimal 2 kali seminggu, jauhkan kotoran dan sisa makanan dari kandang bebek. Atrau jual saja sebagai pupuk kandang.

6. Kesehatan dalam cara beternak bebek pedaging dan petelur ini, kesehatan yang paling penting diperhatikan adalah aktifitas bebek, jika terlihat bebek anda kurang aktif pergerakannya didalam kandang berarti bebek tersebut kurang vitamin begitu juga bila nafsu makan bebek kurang maka itu awal indikasi bebek dalam keadaan sakit.

7. Pemberian pakan sebaiknya jangan langsung banyak (1 kali satu hari), dalam beternak budidaya bebek dan unggas lainnya semakin sering (frekuensi) pemberian pakan maka kualitas pertumbuhan bebek akan semakin baik terutama untuk anak bebek. Ini juga berhubungan erat dengan efisiensi pemberian pakan, unggas cenderung kurang menyukai pakan yang sudah lama.

Jika item diatas telah berjalan dengan baik maka sudah bisa dipastikan cara beternak bebek yang anda lakukan sudah benar dan hitungan analisa laba rugi pada bisnis peternakan bebek anda akan positip pada laba.

Monday, March 18, 2013

Budidaya Ternak Bebek Skala Kecil Dan Menengah

Budidaya adalah unit usaha peternakan di bidang produksi, budidaya ternak bebek berarti usaha peternakan bidang produksi itik, dalam budidaya perlu diperhatikan aspek skala yang akan kita buat apakah usaha ternak sekala kecil, menangah atau besar. landasan dalam menantukan skala usaha adalah faktor bisnis dan juga analisa secara cermat tentang resiko dan peluang. Jika kita sebagai pemula dalam budidaya ini sebaiknya mulailah dengan skala kecil terlebih dahulu sehingga lambat laun kita memahami manajemen tenrnak bebek sepenuhnya. Dalam budidaya ini dibutuhkan perencanaan menyangkut jenis yang akan kita budidayakan; apakah petelur atau pedaging. Kedua jenis ini memiliki resiko dan prospek yang berbeda dari segi bisnis dan analisa ekonomis.

Perlu dipahami mengenai skala dalam usaha ternak, dalam peraturan pemerintah telah diatur tentang skala budidaya ternak ini baik sapi, unggas yang didalamnya termasuk budidaya bebek. Kaitan dari skala usaha ternak budidaya ini dengan perencanaan adalah adanya aturan pemerintah yang mengatur bahwa usaha peternakan skala tertentu membutuhkan izin usaha, adapun peraturan pemerintah yang mengatur tentang skala usaha budidaya ternak yang wajib izin ini adalah keputusan menteri pertanian yang dikeluarkan dengan nomor 404/kpts/OT.210/6/2002 peraturan ini juga berlaku untuk budidaya ternak bebek, berikut aturan skala ternak wajib izin:
  1. Ayam ras pedaging dengan kapasitas lebih dari 15.000 ekor/ siklus
  2. Ayam ras petelur lebih dari 10.000 ekor ayam produktif
  3. Itik, angsa atau entok lebih dari15.000 ekor
  4. Ayam kalkun lebih dari 10.000 ekor
  5. Burung puyuh lebih dari 25.000 ekor
  6. Burung dara lebih dari 25.000 ekor
  7. Kambing /domba lebih dari 300 ekor
  8. Sapi potong lebih dari 100 ekor
  9. Kerbau lebih dari 75 ekor
  10. Sapi perah lebih dari 20 ekor
  11. Kuda lebih dari 50 ekor
  12. Kelinci lebih dari 1.500 ekor
  13. Rusa lebih dari 300 ekor

Jika anda ingin membuka usaha budidaya ternak bebek atau itik yang kapasitasnya kurang dari 15.000 ekor maka skala usaha anda dikategorikan usaha yang tidak wajib izin itu berdasarkan aturan diatas, namun demikian berbeda daerah bisa saja berbeda perda yang diberlakukan. Setelah skala usha ternak bebek/ itik sudah ditentukan, selanjutnya perisapan:
  • Kandang
  • Pemilihan bibit
  • Manajemen ternak
  • Pengetahuan menyangkut (cara budidaya, penyakit-penyakit umum pada bebek dan juga cara mengatasinya untuk meningkatkan kesehatan)
Kandang ternak bebek yang ideal adalah 1 M2 maksimal diisi dengan 7 ekor jika kurang dari 7 lebih baik, selain itu perhatikan kualitas bibit (DOD), jika anda ingin mem-budidayakan bebek petelur maka perbandingan bibit jantan dan betina yang baik adalah 2 : 1 (2 ekor betina satu ekor jantan), ini untuk meningkatkan peluang produksi.

Manajeman ternak dapat anda pelajari dari buku-buku praktis cara beternak bebek, banayk dijual di toko buku, inti dari manajemen budidaya adalah kebiasaan sang peternak atau pengelola kandang. Ingat satu hal bahwa tidak ada peternakan yang tidak memiliki resiko kesehatan, dipastikan setiap usaha ternak pasti akan bertemu dengan penyakit termasuk bebek, untuk itu lakukan vasinasi secara lengkap. Saya rasa inti dari sebuah peternakan adalah kesehatan, bila jauh dari penyakit hewan maka anda akan semakin dekat dengan laba.

 budidaya ternak bebek

Sunday, March 17, 2013

Prospek Bisnis Ternak Bebek

Kalau kita berbicara tentang prospek bisnis ternak bebek maka kita harus mengkaitkannya dengan keadaan demografi Indonesia berkaitan dengan peningkatan angka nilai konsumsi protein hewani perkapita dan analisa ternak bebek. Setiap tahun angka konsumsi protein hewani semakin meningkat. Coba kita perhatikan kasus impor daging sapi yang melibatkan petinggi PKS, nah ini sebuah pertanda besar bahwa di Indonesia ini masih sangat kurang sumber-sumber protein hewani terutama daging. Bebek merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat prospektif dari produksi telur bebek atau produksi daging bebek.

Bebek memang bisa dipelihara khusus untuk menghasilkan daging seperti bebek peking dan juga untuk ternak petelur seperti bebek entok, itik petelur dan lainnya. Kualitas karkas daging bebek jauh lebih baik dari kualitas karkas ayam sehingga harga daging bebek cenderung lebih mahal dibandingkan dengan daging ayam kampung sekalipun. Tingginya harga daging bebek ini sudah selayaknya menjadi pertanda bahwa ternak bebek sangat prospektif untuk dikembangkan di Indonesia. Telur bebek juga lebih mahal bila dibandingkan dengan telur ayam ras, biasanya harga telur bebek 2 kali lipat dari telur ayam ras.

Dari segi pakan, bebek cenderung tidak memilih-milih dalan segi pakan. Bebek bisa makan semua sisa-sisa makanan rumah tangga, semua hijauan kacang-kacangan dan sangat doyan dengan keong. Keong ini ada di seluruh Indonesia dan harganya sangat murah bahkan bisa gratis terutama keong mas. Merancang ransum pakan bebek jauh lebih mudah daripada meransum pakan ayam.

Perawatan ternak bebek daging, entok, kering , peking, petelur, potong dan ternak bebek tikto jauh lebih mudah daripada merawat ayam ras maupun buras. Bebek cenderung lebih kebal terhadap penyakit dibandingkan dengan ayam. Coba perhatikan pada bebek hampir jarang sekali ditemukan kasus penyakit gumboro dan CRD, padahal pada ayam gumboro ini merupakan penyakit yang paling sering menular ke seisi kandang ayam. Dan juga perhatikan berita di TV hampir tidak pernah kita dengan kasus bebek yang mati ratuasn ekor dalam satu kandang, sedangkan ayam sering sekali diberitakan seluruh ayam pada satu kandang mati karena diduga flu burung.

Adapun kendala dalam ternak bebek ini menurut saya paling utama adalah belum ditemukannya jenis bebek seperti ayam broiler yang dapat mencapai berat satu kilogram dalam 30 hari. Kendala lainnya masalah pengetahuan masyarakat dalam memelihara bebek, dan masalah ketersediaan kolam untuk tempat berenang bebek sering dikeluhkan oleh masyarakat yang diajak untuk mem-budidayakan ternak bebek ini, padahal ternak bebek juga ada yang dinamakan ternak bebek kering. Dan kendala yang paling berat saat ini tentu saja masalah ketersediaan bibit bebek, sebenarnya saat ini ada beberapa perusahaan besar yang telah menyediakan DOC bebek / itik petelur, nama perusahaan tersebut adalah Mabar, selain sebagai penyedia bibit bebek mereka juga produsen pakan ternak.
prospek bisnis ternak bebek by pringati singa

Saturday, March 16, 2013

Analisa Laba Rugi Ternak Bebek

Analisa ternak bebek banyak bisa anda temukan referensinya di toko buku, atau beberapa tulisan secara online. Disini untung rugi ternak bebek hanya akan dibahas inti pokoknya saja. Dalam usaha ternak bebek, baik peking, petelur, entok bebek potong dan entok semua dasarnya sama, yakni biaya terbesar dikeluarkan pada pakan dan bibit. Pakan ternak bebek saat ini lebih mahal daripada pakan ayam petelur jika kita membeli di poultry shop (pelet). Pakan dalam ternak bebek ini lebih dari 50 % besarnya dari total biaya budidaya bebek. Untuk itu jika ingin mendapatkan laba optimal buatlah perencaranaan ekonomis dalam usaha bebek atau itik ini.

Garis besar analisa laba rugi ternak bebek haruslah menyangkut hal berikut dibawah ini:
- Kandang
- Peralatan
- Bibit
- Pakan
- Tenaga kerja
- Listrik dan air
- Obat-obatan
- Penyusutan
Untuk memperoleh laba optimal, maka faktor-faktor produksi dalam usaha ternak bebek tersebut di atas harus anda minimalisir. Cara utama dalam meminimalisir biaya adalah dengan menggunakan pakan itik, bebek atau entok alternatif selain pelet produksi pabrik. Sebenarnya pelet sekalipun bisa dibuat sendiri cara membuat pelet dapat anda lihat di sini. Pakan alternatif ternak bebek banyak tersedia secara gratis di alam, terutama di daerah pedesaan yang masih banyak menanam padi sawah.

Setiap padi sawah pasti didalamnya terdapat keong emas, keong ini dapat menjadi pakan tambahan untuk ternak bebek, ata anda bisa menggunakan pakan alaternatif yang pernah kita tuliskan di blog ini yakni pakan untuk ayam kampung. Keong mas dapat menjadi sumber protein untuk ternak bebek, keong ini dengan mudah dapat dicari di area persawahan secara gratis.

Inti dari analisa laba rugi ternak bebek ini adalah bagaimana anda bisa meminimalisir biaya menjadi sekecil mungkin. Dan sebagai acuan harga telur bebek saat ini Rp. 2000/ butir. Maka untuk seeokor bebek biaya yang anda keluarkan setiap harinya haruslah lebih kecil dari Rp 2000.

Thursday, March 14, 2013

Ransum Pelet Pakan Ikan Lele

Ransum pelet pakan ikan lele bila kita lihat dari label yang tercantum dalam komposisi bahan pakan ternak yang dijual oleh pokphand ataupun japfa sangatlah complex, hal ini karena mereka mencantumkan zat penyusun pelet ikan lele bukan bahan pangan penyusun pakan ikan lele tersebut. Walau demikian zat kandungan pada pelet tersebut bisa kita telusuri bahan pakannya, seperti mineral bisa didapat dari tepung tulang atau dolomite, protein kasar bisa didapat dari jagung dan dedak. Untuk itu sekali ini kita akan menuliskan ransum untuk pelet pakan ternak ikan lele.

Kandungan utama untuk pakan ikan adalah; karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Dari logika zat makanan tersebut maka kita bisa menyusun dan mempersiapkan bahan pangan ternak yang merupakan sumber dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral yang dapat di-mixer dengan mesin atau manual menjadi pelet ikan lele. Contoh Bahan-bahan tersebut sebagai berikut:

Sumber karbohidrat:
Dedak halus; dapat diperoleh dengan mudah dari mesin penggilingan padi di seluruh Indonesia atau dibeli di poultry shop, nama lain dari dedak halus ini adalah bekatul dan merupakan sumber karbohidrat dalam pelet ikan lele yang akan kita buat.

Tepung jagung, dapat juga digunakan jagung giling yang tidak terlalu halus selain sebagi sumber karbohidrat tepung jagung ini juga mengandung protein nabati. Harga tepung jagung memang cukup mahal jadi bisa juga dicari alternatif lain seperti tepung sagu.

Sumber protein:
Tepung ikan, dijual di poultry shop dan bisa juga dibuat sendiri dari ikan kering yang ditepungkan. Coba anda perhatikan pakan ikan lele dari pabrik pakan ternak, selalu beraroma ikan. Aroma ikan itu berasal dari tepung ikan ini sebagai sumber protein pada pelet tersebut.

Bungkil kelapa, bungkil kelapa juga mudah didapatkan hampir semua poultry shop menjual bungkil kelapa ini, peran bungkil kelapa dalam pelet ikan adalah sebagai sumber protein nabati dan lemak.

Sumber Vitamin:
Dalam membuat pelet ikan ini kita akan menggunakan minyak ikan sebagai sumber vitamin terutama untuk vitamin A, dan vitamin C untuk ternak yang bisa dibeli secara eceran di poultry shop. Vitamin A berperan penting untuk pertumbuhan dan kesehatan ternak begitu juga dengan vitamin C yang sangat berguna menjaga agar ikan lele menjadi aktif serta merangsang nafsu makan.

Sumber mineral
Sumber mineral ini dapat dimanfaatkan tepung tulang, tepung dolomite atau secara praktis diebeli mineral tepung di poultry shop, harga mineral per Kg saat ini sekitar Rp. 6000. Semua mineral untuk ternak bisa dignakan untuk campuran pembuatan pelet ikan ini.

Alat yang digunakan:
Karena kita akan membuat pelet pakan ikan dalam jumlah kecil maka kita akan menggunakan alat sederhana dan mudah didapatkan di pasaran. Namun bila kita ingin membuat pelet dalam jumlah besar maka sebaiknya dibeli pellet mill machine yang dijual di toko mesin-mesin ternak. Jadi alat sederhana yang akan kita gunakan adalah:
  1. ember
  2. sendok
  3. plastik kaca kurang lebih 1 m2
  4. kantong plastik 2 kg 3 buah (plastik gula/ es batu)

cara membuat;
buat adonan dari bahan-bahan tersebut diatas dengan menambahkan air, adonan disini harus menyerupai adonan kue yang tidak terlalu kering dan tidak terlalau cair. Perbandingan bahan pelet ikan tersebut adalah: 40 % dari bahan karbohidrat, 30% dari bahan protein, 10 % dari bahan lemak, 10 % dari bahan mineral dan 10 % dari bahan vitamin. Setelah bahn pelet tersebut semuanya dicampur dalam bentuk adonan masukkan dalam kantong plastik, lobangi ujung kantong plastik, ikat kantong plastik tersebut lalu lobangi ujung sudut kantong plastik yang sudah berisi adonan dengan paku 5 inci. Setelah itu pencet kantong plastik hingga mengeluarkan adonan dalam bentuk benang-benang panjang, pencet secara memanjang (seperti mie) di atas plastik kaca yang sudah diolesi minyak. setelah semua adonan berubah menjadi bentuk mie taburi dengan tepung jagung secara tipis (agar pelet tidak menyatu waktu pengeringan), setelah itu potong-potong menjadi pelet ikan lele sesuai ukuran ternak lele anda saat ini. terakhir adalah menjemur pelet ikan lele tersebut, sebaiknya jangan menjemurnya dibawah sinar matahari karena dapat mengurangi kadar vitamin B.

Mesin pelet ikan bisa anda temukan di penjual mesin-mesin pertanian, atau penjual mesin pembuat tepung. Biasanya disana sudah dijual mesin pembuat pelet ikan, bila tidak deitemukan mesin pembuat pelet anda bisa membeli mesin pembuat mie.

Tuesday, March 12, 2013

Ciri-Ciri Sapi Yang Sehat Dan Baik

Ciri-ciri sapi yang baik tidaklah sulit untuk menentukan seekor anak sapi sehat dan baik asalkan kita memahami beberapa tanda-tanda dasar kesehatan hewan khususnya ternak ruminansia. Sapi yang sehat belum tentu baik untuk dipelihara, tapi sapi yang baik sudah pasti saapi yang sehat. Kenapa demikian? Sebab dalam usaha ternak kita harus memperhitungkan untung dan rugi, misalnya seekor anak sapi yang sehat namun sapi tersebut keturunan sapi pesisir yang relative ukuran badannya kecil, maka dalam hitung untung rugi anak sapi yang sehat tersebut kurang baik untuk dipelihara.

Dasar-dasar kesehatan ternak menyebutkan beberapa poi tentang tanda-tanda sapi yang sehat, diantaranya: sapi tersebut sempurna secara fisik, gerakan lincah dan respon aktif terhadap bunyi dan gerakan benda, bulu bersih dan tidak berdiri. Dan dalam ilmu usaha ternak dijelaskan bahwa ternak yang baik untuk dipelihara adalah bakalan ternak yang memiliki kecepatan pertumbuhan yang cepat, kalau untuk sapi dikategorikan pertumbuhannya cepat bila pertambahan berat badan harian diatas 0,7 Kg per hari.

Ciri sapi yang baik dilihat dari sempurnanya bentuk tubuh, yang perlu diperhatikan disini adalah organ terluar sapi, anak sapi dikatakan sempurna bila lengkap semua anggota badan dan tumbuh secara normal, normalnya anggota badan setiap ternak memiliki perisip simetris untuk anggota badan yang berpasangan seperti; kedua kaki depan tumbuh secara simetris begitu juga dengan kaki belakang anak sapi, telinga kiri dan kanan tumbuh secara simetris, begitu juga dengan mata kedua lobang hidung dan lainnya yang berpasangan.

Untuk anggota badan yang tunggal dapat dikatakan normal bila tumbuh dengan semestinya, misalkan punuk anak sapi ongole minimal tingginya sejajar dengan kepala, salah satu ciri anak sapi jantan yang baik adalah memiliki ekor melampaui lutut, dan untuk sapi jantan lepas sapih ujung bulu ekor mencapai mata kaki belakang. Hubungan panjang ekor sangat erat dengan kesehatan ternak. Semakin panjang ekor sapi maka semakin luas jangkauannya untuk mengusir serangga yang merugikan terhadap perkembangan tubuh.

Saat membeli anak sapi usahakan bisa melihat kotoran anak sapi tersebut, dan Tanya detail tentang kotoran anak sapi tersebut di dalam kandang, seberapa banyak setiap pagi. Juga perhatikan cara anak sapi tersebut dalam memakan hijauan makanan ternak, apakah memilih-milih hijauan atau tidak. Jika hal-hal yang disebutkan ini sudah anda perhatikan dengan baik dan terlihat normal maka anda sudah bisa memprediksi apakah anak sapi tersebut layak untuk dipelihara atau tidak.

Jika anda masih kurang memahami bebrapa hal di artikel ini silahkan tanyakan melalui komentar, dan bila anda memiliki informasi tambahan tentang cirri-ciri sapi yang baik dengan senang hati saya akan menerima informasi tersebut dan mencantumkannya di dalam blog peternakan ini.

Daftar Toko Pakan Ternak (Poultry Shop) Di Medan

Pakan dan obat-obatan merupakan modal bagi peternak, untuk itu perlu diketahui beberapa alamat toko pakan dan obat-obatan yang terdekat dengan daerah anda. Kali ini kita akan menulis beberapa toko pakan ternak (poultry shop) di Medan, yang dituliskan alamat serta nomor telepon mereka. Jrnis-jenis obat ternak yang mereka jual sebaiknya langsung tanyakan melalui telepon, tanyakan juga cara pemakaina obat seperti obat cacing, kutu dan sebagainya dengan jelas. Berikut ini beberapa toko alat bahan peternakan poultry shop yang ada di kota Medan.

Poultry shop di kawasan Medan Brayan ada toko Brayan Poutry Shop, mereka menjual pakan dan alat-alat untuk usaha peternakan seperti pakan ayam, obat-obat ayam, vitamin, mineral, tempat minum, tempat pakan ayam dan lainnya. Nomor telepon poultry shop ini 0616619095 silahkan hubungi untuk mengetahui produk obat, pakan dan peralatan kandang terbaru yang mereka tawarkan. Biasanya semua poultry shop akan bersedia mengantar langsung pakan ayam atau ikan jika dibeli dalam jumlah banyak. Alamat poultry shop ini berada di Jalan Yos Sudarso nomor 630 Medan.

Poultry shop di jalan Mesjid ada Intan Poultry Shop mereka juga menjual berbagai pakan ternak unggas seperti ayam dan itik, serta peralatan kandang seperti tempat pakan dan minuman ayam. Hubungi nomor telepon 061-4514509 untuk mengetahui daftar pakan dan peralatan kandang terbaru yang mereka tawarkan. Atau langsung ke Jalan Masjid nomor 67 Medan. Saran saya ketika anda membeli obat-obat ternak sebaiknya konsultasikan obat tersebut dengan petugas kesehatan hewan yang ada di wilayah anda.

Di jalan Tritura Medan ada Simpang Limun Poultry Shop yang menjual berbagai keperluan untuk peternakan seperti pakan dan keperluan kandang, disini juga bisa didapatkan obat-obatan untuk ternak sapi seperti obat cacing, vitamin dan mineral. Nomor telepon poultry shop ini 061-7868817 hubngi dan tanyakan informasi produk pakan ternak dan kesehatan hewan terbaru yang mereka tawarkan. Alamat lengkapnya ada di jalan Tritura nomor 20 Medan.

Poultry shop Vevindo Insan Perkasa berada di kawasan Medan Maimun menjual berbagai obat untuk ternak dan ikan, seperti obat cacing, obat kutu, vaksin, vitamin ayam, mineral dan lain-lain. Mereka merupakan penyalur obat-obat hewan yang cukup lengkap. Nomor telepon poultry shop ini 061-4569758 silahkan hubungi untuk menanyakan obat-obatan hewan terbaru yang mereka jual saat ini. alamat lengkap poultry shop ini ada di Jalan Warni nomor 3 Medan.

Itulah beberapa toko perlengkapan kandan dan pakan ternak yang bisa kita sampaikan saat ini, jika anda memiliki informasi tambahan silahkan hubungi kami melalui komentar di blog ini. selalu ingat dalam membeli obat hewan tanyakan terlebih dahulu cara penggunaan obat ternak tersebut, sebab bila salah dalam pemakaian bisa merugikan peternakan anda.

Saturday, March 9, 2013

Cara Memulai Ternak Ikan Lele

Cara memulai ternak ikan lele adalah garis-garis besar cara memulai beternak ikan terutama ikan lele, saat ini yang paling populer adalah ternak lele sangkuriang. Kelebihan dari sangkuriang ini adalah ketahanannya terhadap berbagai macam penyakit serta kecepatan pertumbuhannya yang mengagumkan. Pertumbuhan lelel sangkuriang ini cepat, dalam 3 bulan seorang peternak sudah dapat melakukan panen ikan lelel ukuran yang baik untuk dijual di pasar. Bibit lele sangkuriang mudah didapatkan, hampir semua balai benih ikan milik pemerintah daerah menjual bibit ikan lele sangkuriang ini. Harga bibit ikan lele sangkuriang juga termasuk murah mulai dari Rp 50 / ekor.

Cara memulai budidaya ternak ikan lele ini hampir sama dengan ternak lele jumbo, yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
  • Lahan yang akan dijadikan kolam untuk ternak lele sangkuriang, 1 m bujursangkar idealnya bisa menampung 200 bibit ikan lele. Wadah, wadah disini dalam artian anda ingin memlihara lele di tempat yang bukan kolam, seperti drum, tong, bak dan sebagainya, aturan ukuran idealnya tetap sama dengan memelihara lele di kolam.
  • Air yang mengandung plankton untuk pakan ikan lele terutama untuk benih yang baru masuk kolam. Cara mendapatkan air yang mengandung plankton ini dibutuhkan pemupukan kolam dan pemberian kompos kotoran ruminansia yang direndam selama seminggu hingga warna air berubah menjadi kehijauan.
  • Atap, ternak lele sangat membutuhkan atap yang melindungi kolam lele dari masuknya air hujan. Air hujan memiliki kandungan asam yang tidak baik untuk kesehatan ternak lele, biasanya di kolam terbuka tingkat kematian ikan lele lebih tinggi daripada kolam yang tertutup atap.
  • bibit lele sangkuriang yang sehat, setiap membeli bibit ikan lele perhatikan kondisi bibit ikan tersebut, yang perlu diperhatikan adalah gerakan bibit, sebaiknya gerakan bibit ikan terlihat lincah dan normal, badan yang sempurna; perhatikan seluruh badan bibit ikan lele apaka terdapat lecet-lecet atau tidak, biasanya bibit ikan lele yang dikirim dari jarak jauh sering kita temukan lecet pada sekujur tubuh bibit lele seperti ini kualitasnya tidak baik.
  • Pakan, pakan harus disiapkan sedini mungkin baik dalam betuk pelet ataupun konsentrat yang dibuat sendiri.

Gambaran singkat memualai ternak lele; persiapkan tempat untuk beternak (kolam atau tong atau drum), sterilisasi kolam ikan tersebut dengan disinfektan setelah itu biarkan bakalan kolam ikan lele selam 3 hari dalam keadaan kering, lakukan pemupukan dan peng-komposan dengan kotoran sapi biarkan kering selama 3 hari, selanjutnya isi air dan biarkan selama seminggu hingga air berubah warna hijau kehitaman yang menandakan sudah terdapat banyak jasad renik untuk pakan bibit ikan lele. Setelah seminggu masukkan bibit ikan lele kedalam kolam dan secara rutin awasi pertumbuhan ikan lele tersebut serta kontrol pemberian pakan.

Tulisan ini sengaja kami buat secara singkat agar pembaca dapat memahami konsep dasar ternak lele dan tidak bosan dalam membacanya. Jika belum jelas silahkan berikan komentar dan jika ada tambahan informasi sialhkan hubungi saya melalui profil.

Thursday, March 7, 2013

Jenis-jenis Sapi Unggul Inseminasi

Sedikitnya ada 4 jenis sapi unggul di Indonesia yang sering dijadikan sebagai bibit untuk inseminasi buatan saat ini. Sapi unggul tersebut sebenarnya tidak ada yang asli sapi Indonesia, seperti Simmental dan limousine yang begitu diminati masyarakat peternak. Adapun bibit sapi lokal yang saat ini bisa didapatkan memlalui inseminasi buatan adalah sapi Bali dan sapi Madura, namun kedua sapi ini sangat jarang diminta peternak sebagai bibit untuk reproduksi ternak mereka. Kita akan tuliskan sedikit tentang keunggulan sapi-sapi yang biasa di-inseminasikan saat ini.

Sapi Angus
Sapi angus ini berasal dari Scotland, sapi ini cocok dipelihara di daerah beriklim tropis, sapi Angus memiliki berat badan jantan dewasa sampai 900 Kg, dan pertambahan berat badan harian mencapai 1 Kg / hari (untuk sapi pasca sapih). Umumnya sapi Angus ini berwarna hitam di seluruh tubuh. Karakteristiknya cukup jinak dengan tampang yang menyerupai banteng. Kelebihan dari sapi ini cukup tahan terhadap perubahan iklim dan penyakit. Tipikal sapi Angus adalah sapi potong/ pedaging, mudah beradaptasi dengan segala jenis hijauan makanan ternak.

Salah satu BBIB (Balai Besar Inseminasi Buatan) yang memproduksi semen beku (straw) sapi angus adalah BBIB Singosari, selain itu BBIB Lembang juga memiliki pejantan unggu untuk sapi Angus ini.

Sapi Brangus
Brangus sebenarnya adalah persilangan dari sapi Angus dengan Brahman, warna dominant sapi Brangus ini adalha hitam, punuk pada sapi Brangus inilah yangmembedakannya dengan sapi Aberdeen Angus. Sapi ini sangat baik dipelihara di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, memiliki kemampuan adaptasi yang sangat tinggi serta mampu bertahan di kondisi rumput yang jelek sekalipun. Di Indonesia sapi ini sudah banyak dikembangkan karena kecocokannya dengan iklim semua wilayah Indonesia. Berat badan jantan Brangus mencapai 700 Kg, dan pertambahan badan perhari mencapai 0,7Kg.

BBIB yang menghasilkan semen beku untuk sapi Brangus ini adalah Lembang dan Singosari. Warna dari straw semen beku untuk Brangus adalah hijau. Selain itu beberapa BIB daerah juga telah memproduksi semen beku untuk sapi ini.

Sapi Brahman
Brahman adalah salah satu sapi bangsa Zebu, berasal dari India dan cocok sebagai ternak sapi potong / pedaging. Kualitas karkas sapi Brahman cukup baik. Warna dominant sapi barman ini adalah putih dengan punuk yang besar. di beberapa daerah sapi ini diberi nama sapi mengali, berat badan sapi jantan dewasa mencapai 700 Kg, tipikal sapi ini agak agresif. Kelebihan sapi Brahman adalah sapi ini baik dipelihara di daerah yang kualitas rumputnya kurang baik sekalipun dan mampu beradaptasi dengan berbagai cuaca. Pertambahan bobot harian sapi barman mencapai 0,8 Kg/ hari untuk sapi jantang yang sudah disapih.

Hampir semua BBIB dan BIB di Indonesia memproduksi semen beku untuk sapi Brahman ini. Populasi sapi Brahman di Indonesia saat ini berkurang bila dibandingkan dengan pertambahan populasi Simmental dan Limousine.

Sapi Ongole
Ongole juga bangsa sapi zebu, sulit membedakan sapi ongole ini dengan sapi Brahman bagi banyak orang. Sapi ongole ini juga memiliki punuk baik sapi jantan maupun betina, warna dominant sapi ini juga putih. Berat badan sapi ongole jantan dewasa mencapai 650 Kg dengan pertambahan berat badan harian mencapai 0,6 Kg/ hari. Di Indonesia sapi ini sudah dikawinkan dengan berbagai sapi ongole sehingga sapi ongole sering disebut peranakan ongole (PO). Tipikal sapi ini sama dengan sapi Brahman. Semua BBIB dan BIB menghasilkan semen beku untuk sapi Ongole ini. warna straw semen bekunya adalah biru muda.

Tuesday, March 5, 2013

Pakan Ayam Kampung Alternatif (Pengganti Pelet)

Pakan ayam kampung alternatif untuk budidaya ayam non ras secara tradisional ada baiknya dipertimbangkan dari segi biaya, biaya pakan adalah biaya produksi terbesar dalam budidaya ternak, untuk itu diharapkan semua peternak mampu mencari pakan-pakan alternatif untuk produksi ternak mereka; baik ayam ras, sapi potong, sapi perah dan lainnya yang dipelihara secara tradisional. Pada kesempatan ini kita akan menuliskan sebuah pakan alternatif yang mampu meningkatkan produksi telur pada peternakan budidaya ayam kampung, pakan ini kita tuliskan berdasarkan pengalaman dan belum ada uji ilmiah yang dilakukan oleh kalangan akademisi peternakan, namun dari hasil pengamatan saya menyimpulkan bahwa pakan yang digunakan oleh peternak ini mampu menekan biaya pakan sekaligus meningkatkan hasil produksi khususnya telur ayam kampung.
tals sebagai pakan ayam kampung

Pakan alternatif yang digunakan oleh peternak yang saya amati ini terdiri dari bahan pakan berikut:
1. Talas (umbi dan daun) disini menurut si peternak yang membudidayakan ayam kampung tersebut dapat digunakan umbinya saja, atau tangkai dan daunya saja atau dikombinasikan keduanya. Yang sering beliau gunakan adalah tangkai dan daunt alas.
2. Beras dolog (catu), agar biaya lebih murah bila di daerah anda tidak terdapat beras dolog ini beli saja beras yang paling murah atau beras aking juga boleh.
3. Dedak, disini untuk budidaya ayam kampung ini tidak masalah dedak kualitas sedang yang digunakan. Dedak kualitas sedang adalah dedak yang tidak terlalu halus.
4. tepung tulang atau tepung cangkang kerang (keong) ini tidak wajib, diberi jika ada saja.

Cara mengolah bahan-bahan pakan ayam kampung diatas adalah sebagai berikut:
Cincang talas atau batang dan daunt alas kecil-kecil kurang lebih ½ Cm, tanak semua bahan selayaknya menanak nasi. Ukuran perbandingan bahan diatas adalah; untuk 2 Kg pakan gunakan 1kg umbi talas atau daun talas, ½ Kg Beras dan ½ Kg dedak. Tepung tulang hanya dibutuhkan satu sendok makan. Aduk rata semua bahan tersebut dan ditanak.

Hasil yang didapatkan dengan menggunakan pakan ayam alternatif ini ternyata sangat bagus, pertumbuhan ayam sangat baik dan jumlah telur yang dihasilkan juga selayak peternak yang memberi pakan yang diproduksi pabrik. Oleh karena itu saya berani mengatakan bahwa ini adalah salah satu pakan ternak ayam kampung yang sangat baik diaplikasikan karena mampu menekan biaya produksi sampai 50 % daripada menggunakan pakan yang dibeli dari hasil pabrik (pelet).

Kekurangan dalam menggunakn pakan budidaya ayam kampung seperti ini adalah sulitnya mengadaptasikan ayam dengan pakan ini. Awal-awal mengguankan pakan ini biasanya ayam kampung belum mau memakan pakan ini seperti memakan pelet. Namun ini hanya terjadi beberapa hari saja. Untuk melakukan penyesuaian paksa ayam kampung tersebut untuk memakan pakan ini dengan tidak memberi pakan selain pakan yang kita buat ini. Tidak perlu takut ayam akan mati kelaparan, ketika mereka lapar maka pakan ini akan mereka makan secara lahap.

Monday, March 4, 2013

Anak Sapi Kembar Dengan Inseminasi Buatan?

Anak sapi kembar dari hasil inseminasi buatn kadang bisa kita temukan pada beberapa kelahiran pedet. Tidak ada metode atau cara aspesifik agar telahir anak sapi yang kembar, terjadinya kembar ini bukanlah karena keahlian dari sang Iseminator tapi itu terjadi secara kebetulan. Pembelahan sel telur yang telah dibuahi inilah yang menyebabkan terjadinya anak kelahiran kembar pada sapi. Sangat beruntung jika ditemukan kelahiran kembar pada anak sapi namun ada juga kerugian ketika kita mendapatkan anak sapi yang kembar.

Keuntungan anak sapi kembar:
  1. Pada satu kali proses reproduksi dihasilkan dua anak sapi, ini tentu saja sangat menguntungkan dari segi kuantitas.
  2. Jika ditemukan kelahiran anak sapi kembar berjenis kelamin betina + betina, biasanya anak sapi ini harganya akan lebih mahal, sebab kemungkinan besar anak sapi betina ini nantinya juga dapat menghasilkan anak sapi kembar berikutnya.

Kekurangan anak sapi kembar:
  1. Umumnya anak sapi kembar akan kekurangan air susu induk (khusus pada sapi potong) sehingga perkembangan anak sapi kembar tersebut agak terhambat.
  2. Jika kelahiran anak sapi Jantan + Betina, maka anak sapi betina ini kemungkina besar akan mandul (tidak bisa menghasilkan keturunan). Hal ini sering disebut dengan kreamatin.
anak sapi fh hasil inseminasi buatan

Banyak sekali peternak yang sering meminta agar inseminator dapat memberikan anak sapi kembar kepada mereka, padahal anak sapi kembar tersebut bukanlah hasil dari kemampuan sang inseminator, samapai saat ini yang bisa ditentukan dengan inseminasi buatan baru sebatas jenis anak sapi yang dihasilkan (Simmental. Limosin, FH, Brangus, Angus, Ongol, Po, Brahman dan sebagainya) dan jenis kelamin anak sapi yang akan dihasilkan. Saat ini sudah tersedia bibit (semen) khusus sperma pembawa kromosom sapi betina dan jantan. Selain itu ada juga cara untuk menghalsikan jenis kelamin anak sapi dengan pengaturan waktu inseminasi buatan.

Biasanya jika inseminsi buatan dilakukan diawal waktu birahi maka anak sapi yang akan dihasilkan adalah betina dan sebaliknya jika IB dilaksanakan pada masa akhir birahi kemungkinan anak yang akan dihasilkan adalah jantan. Hal ini didasarkan pada kecepatan bergerak dari sperma dimana sperma jantan memiliki kecepatan gerak yang lebih cepat dibanding sperma pembawa kromosom betina.

Dengan mengetahui hal ini diharapkan para peternak sapi tidak lagi mempermasalahkan inseminator dalam menghasilkan anak sapi kembar di masa yang akan dating sebab anak sapi kembar diluar kekuasaan dari sang Inseminator. Yang paling penting dalam reproduksi sapi adalah kita mendapatkan anak sapi yang sehat dan memiliki postur badan yang normal. Setelah pedet lahir segera beri air susu induk agar mendapatkan kolostrum yang cukup demi kesehatan anak sapi pada perkembangannya nanti.

Saturday, March 2, 2013

Bungkil Kelapa, Jagung Dan Kedelai Sebagi Pakan Ternak

Bungkil kelapa, jagung dan kedelai mungkin bagi sebahagian orang sudah tidak asing lagi, namun bagi yang baru beternak (peternak pemula) pengertian bungkil ini bisa jadi belum dipahami. Pada kesempatan kali ini akan kita jelaskan apa yang dimaksud dengan bungkil kelapa, bungkil jagung dan kedelai, sehingga tidak bingung lagi dalam menyiapkan ransum pakan ternak.

Bungkil kelapa adalah: sisa-sisa ampas kelapa yang sudah diparut dan dihilangkan kadar airnya melalui proses pemanasan (digongseng), begitu juga dengan bungkil jagung dan kedelai. Bungkil jagung bearti sisa-sisa ampas jagung setelah diperas, lalu dikeringkan. Tujuan menghilangkan kadar air ini adalah agar bungkil tersebut bisa bertahan lama dan disimpan.

Dimana bisa didapatkan bungkil jagung, kelapa dan kedelai? Biasanya di poultry shop (penjual pakan ternak) sudah menyediakan bungkil kelapa dan kedelai, sedangkan bungkil jagung sepertinya belum tersedia di semua poultry shop. Apakah bungkil bisa dibuat sendiri? Bisa, membuat bungkil tidaklah sulit, cukup kumpulkan saja sisa-sisa kelapa parut atau ampas jagung dan kedelai dan keringkan dengan cara digongseng (digoreng tanpa minyak)

Berapa banyak bungkil yang baik diberikan kepada ternak pada campuran konsentrat? Idealnya adalah sebesar 10% dari total konsentrat yang kita berikan. Misalnya untuk seekor sapi berat 300 Kg dibutuhkan konsentrat sebesar 1% dari berat badan yakni 3 Kg / hari. Jadi bungkil yang kita butuhkan untuk seekor sapi 300 Kg adalah 300 gram atau 3 ons dan dan sisanya adalah dedak atau bekatul.

Apa saja campuran konsentrat yang baik untuk sapi potong atau perah? Ransum konsentrat yang baik adalah adanya protein kasar dan mineral dalam konsentrat tersebut. Contoh konsetrat ideal sebagai berikut: dari 3 kg konsentrat terdapat 300 gr bungkil, 100 gr mineral (tepung tulang) ditambah 2600 gr dedak/ bekatul. Kombinasi ini sudah cukup untuk dijadikan konsentrat penggemukan sapi potong atau tambahan pakan untuk sapi perah.
jumlah bungkil untuk pakan ternak

Seberapa seringkah konsentrat diberikan pada sapi/ kerbau? Sebaiknya konsentrat diberi 1 x perhari kepada ternak ruminansia, terutama untuk daerah yang kekurangan hijauan makanan ternak (rumput). Jika rumput / HMT mencukupi terutama rumput unggul maka konsentrat tidak diperlukan lagi untuk ternak sapid an ruminansia lainnya. Konsentrat ini dibutuhkan terutama untuk ternak yang sedang mengandung atau menyusui.Demikian bahasan mengenai bungkil secara singkat dan sederhana mudah-mudahan bisa dipahami, jika ada keraguan silahkan hubungi kami melalui komentar.