Tuesday, February 12, 2013

Kandang Sapi Potong Yang Ideal

Kandang sapi potong sebaiknya dibedakan dengan kandang sapi perah, bila kita memelihara sapi potong khususnya penggemukan maka sapi yang akan kita pelihara keseluruhannya adalah jantan, sifat jantan sapi potong agak liar bial digabungkan dengan sesama jantan. biasa dipastikan sapi-sapi jantan tersebut akan berkelahi di dalam kandang. untuk itu kandang sapi potong sebaiknya diberi sekat antara satu dengan lainnya. berbeda dengan sapi perah, dimana keseluruhan yang kita pelihara adalah betina yang cenderung lebih junak dan mudah diatur dibandingkan daengan sapi jantan.

Di bawah ini ada sebuah gambar kandang sapi potong yang ideal dan mudah untuk dibuat.
gambar sketsa kandang sapi potong
Untuk seekor sapi potong (pedaging) jantan kita minimal membutuhkan lebar kandang 1,5 x 2, pada gabar diatas kami menyarankan 2 x 2 m hal ini agar kandang tersebut lebih ideal dan lapang untuk sapi. jadi untuk 4 ekor sapi kita akan membuthkan  16 m bujursangkar lahan kosong. tinggi dari tanah ke tempat pakan kurang lebih 90 cm, ada juga orang yang sering membuat 60 cm sebenarnya acuan tidaklah ada bakunya, acuan yang benar adalah tergantung pada jenis dan umur sapi yang akan kita pelihara. Tinggi kandang sapi potong dari lantai ke plafon idealnya minimal 2 meter agar si peternak tidak perlu membungkuk ketika memasuki kandang.

Kemiringan lantai perlu diparhatikan, untuk memudahkan membersihkan kotoran ternak, sebaiknya lantai ditinggikan di bagian kepala setinggi 15 cm, sehingga dengan menyemprot sedikit saja lantai bisa bersih. Ingat juga bahwa lantai kandang bila hendak disemen harus menggunakan semen kasar, tidak boleh semen halus sebab pada semen halus sapi akan mudah tergelincir dan ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan patak tulang pada sapi tersebut.

Disekitar kandang dibuat saluran air pembuangan limbah, lebar dari parit saliran air tersebut sekurang-kurangnya 30 cm dan dibuat dari semen. Jangan biasakan membuang sisa pakan ternak ke selokan atau saluran pembuangan limbah tersebut, juka ingin disatukan dengan kotoran ternak langsung saja buang ke pengumpulan limbah (kotoran) sapi tersebut.

Bahan atap sebainya dari bahan asbes atau atap rumbia, atap seng kurang baik untuk ternak sapi potong karena di siang hari suhu didalam kandang bisa menjadi sangat panas. sirkulasi udara usahakan selancar mungkin jika perlu tidak ada tembok yang terlalu tingg. Kandang dibangun menghadap utara atau selatan, sapi potong tidak perlu teerkena cahaya matahari sepanjang hari.

Demikianlah gambaran singkat mengenai kandang sapi potong yang ideal yang bisa kami sampaikan untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi peternakan sapi potong kami, atau kandang sapi potong yang dekat dengan lokasi anda. Semoga bermanfaat dan silahkan beri kami tentang saran-saran penulisan pada blog ini.


Related Post



Tulisan di blog ini dapat anda sebar luaskan melalui media apapun, dengan syarat mencantumkan alamat halaman artikel di blog peternakan ini sebagai sumber.