Sunday, March 24, 2013

Pakan Ternak Bebek Petelur dan Pedaging

Pakan ternak bebek sudah banyak dijual dalam bentuk pelet yang diproduksi oleh perusahaan terkenal seperti CPI, Japfa, GC dan lainnya. Pakan bebek dari beberapa merk tersebut hampir memiliki kandungan zat makanan yang sama. Jika anda melihat produk CPI (Charoen Pokphan Indonesia) maka dari label kandungan pakan itik tersebut anda sudah bisa membuat sebuh ransum pakan ternak untuk bebek petelur maupun pedaging.

Dalam menyusun komposisi pakan itik / bebek dibutuhkan pengetahuan tentang kebutuhan zat makanan / umur (zat makanan= karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin). Secara kompleksnya yang harus diketahui seorang peternak itik dalam menyusun ransum pakan itik adalah: kebutuhan zat makanan ternak pada umur tertentu per harinya. Misalkan seekor anak itik umur 1 mignggu hanya membutuhkan karbohidrat sebanyak 25 gr, protein 15 gr dan 10 gramvitamin dan mineral. Maka dari contoh kebutuhan zat maknan tersebut kita harus mencari komposisi pakan dengan kandungan zat makanan yang sesuai.

Penjelasan diatas adalah teori yang akan membuat pusing para peternak, jadi secara simple dapat dibuat sebagai berikut:

Untuk 100 kilogram pakan itik/ bebek maka kita membutuhkan:
Jagung (giling kasar atau halus) sebanyak 40 Kg
Dedak halus (bekatul) 40 Kg
Tepung tulang 1 ½ Kg
Tepung ikan 10 Kg
Bungkil kedele 8 Kg
Minyak nabati ½ Kg

Mixing (aduk semua bahan tersebut) dan beri kepada bebek / itik sesuai dengan kebutuhan harian ternak bebek tersebut. Dalam hal ini anda haruslah memahami tentang kebutuhan pakan bebek per ekor per hari sesuai dengan umur itik bebek tersebut. Untuk daftar kebutuhan pakan itik dan bebek anda bisa membacanya dari buku pedoman pemeliharaan itik yang dapat dibeli di toko buku. Atau bisa juga diberikan kepada bebek atau itik secukupnya saja (berdasarkan perasaan).

Bahan pakan ternak bebek / itik alternatif yang mudah didapatkan diantaranya keong mas dan talas. Untuk keong mas dapat diberikan langsung ke ternak itik setelah di pecahkan (dilindas dengan ban mobil). Untuk pakan bebek alternatif bisa juga anda menggunakan pakan ayam alternatif yang pernah dituliskan di blog ini.


Related Post



Tulisan di blog ini dapat anda sebar luaskan melalui media apapun, dengan syarat mencantumkan alamat halaman artikel di blog peternakan ini sebagai sumber.