Cara Beternak Burung Puyuh Dari Hari Kehari



Untuk memudahkan kita semua dalam membudidayakan ternak burung puyuh berikut akan kami buatkan time schedule untuk cara beternak burung puyuh dari hari kehari. Mari belajar bersama, jika ada kekeliruan dalam tulisan kami kali ini mohon dikoreksi, kami segera akan memperbaikinya sehingga tulisan ini nantinya bisa memberi manfaat bagi pembaca, terutama bagi peternak puyuh pemula.

Cara beternak puyuh dari hari ke hari.
Sebelumnya tulisan ini mengasumsikan bahwa kita semua telah memiliki kandang puyuh baik yang sederhana sekalipun, dan juga telah memiliki pakan burung puyuh baik untuk starter, grower, dan layer (puyuh berproduksi).

Hari pertama ternak puyuh; DOQ (day old quail/ anak burung puyu) datang, kita asumsikan akan memelihara 1000 ekor puyuh. Anak puyuh ini harus kita pisah dengan grower ataupun layer, sebab puyuh memiliki sifat kanibalistik yang cukup tinggi. Dipelihara di kandang anakan selama 3 minggu. Pada hari pertama datang segera beri air gula, cara pemberian cukup mencelupkan paruhya kedalam air gula aren, setelah itu letakkan dalam kandang anakan yang berpenghangat. Penghangat cukup dengan lampu pijar 25 watt. Untuk hari pertama ini pakan belum begitu penting untuk DOQ, jadi pakan cukup ditebar sedikit dalam kandang anakan. Setelah semua anak puyuh masuk kandang segera turunkan terpal penutup kandang (usahakan suhu stabil di kisaran 33 – 35 derajat celcius.

Hari kedua – 1 Minggu; Hari kedua di pagi hari periksa suhu kandang, puyuh pada umur ini sudah dapat beraktivitas dengan baik pada kisaran suhu 31 derajat. Cara mengetahui apakah puyuh kepanasan atau kedinginan cukup sederhana yakni dengan memperhatikan pola perilaku anak puyuh tersebut, jika banyak mengerumuni lampu pijar dalam kandang berarti suhu kandang terlalu dingin, dan sebaliknya jika semuanya menjauh dari bola lampu berarti DOQ kepanasan. Jika menyebar secara merata dalam kandang berarti suhu kandang sudah stabil dan cocok. Pada hari ini tingkatkan sedikit pemberian pakan, pakan pelet anak ayam juga bisa digunakan untuk anak puyuh dengan cara menggiling (menghaluskan) terlebih dahulu. Pada hari ke dua ini air minum anak ditambahi dengan vitamin dan antibiotik yang khusus untuk puyuh (tanyakan ke poultry shop).

Jika anak puyuh kepanasan naikkan terpal sedikit, dan jika kedinginan ganti bola lampu dengan wat yang lebih besar atau bisa juga dengan menurunkan bola lampu atau menyempitkan kandang puyuh anakan dengan sekat. Setiap hari pantau suhu kandang berdasarkan perilaku puyuh hingga umur satu minggu. Pakan tetap diberikan secra menaburkan di lantai kandang hingga anak puyuh berumur 4 atau 5 hari, air minum bervitamin tetap diberikan. Pada saat umur puyuh sudah mencapai 5 hari lakukan vaksinasi tetes.

Pada umur delapan hari terpal penutup kandang sudah bisa dibuka sepenuhnya, dan menutup separo di malam hari, bola lampu tetap dihidupkan sebagai pemanas. Saat ini puyuh sudah mampu memakan pelet seukuran pelet anak ayam. Air minum tetap diberi antibiotik atau vitamin. Pada umur 9 hari perlakuan sama dilakukan dengan puyuh umur 8 hari.

Hari ke sepuluh puyuh sudah bisa dipindahkan ke kandang grower, saat ini air minum tidak lagi ditambahi dengan vitamin atau antibiotik. Pakan yang digunakan seukuran pelet untuk anak ayam tanpa harus dihaluskan. Hal ini dilakukan hingga umur puyuh mencapi 14 hari. Adapun kadar pemberian pakan dapat anda lihat di sini.

Hari ke 15 ternak puyuh pindahkan puyuh ke kandang layer (puyuh dewasa/ berproduksi), hanya saja di malam hari tetap menggunakan penerangan sebagai pemanas tambahan. Kontrol sudah bisa dikurangi ketika puyuh berumur 15 hari dan seterusnya, pemberian pakan dapat anda atur sendiri, namun menurut pendapat saya semakin sering memberi pakan dalam jumlah sedikit demi sedikit lebih baik bila dibandingkan memberi pakan yang banyak sekaligus di tempat pakan, hal ini karena dengan memberi pakan yang sedikit demi sedikit pakan akan selalu segar sehingga pakan yang terbuang bisa dikurangi.
burung puyuh dalam sangkar

Kegiatan tternak puyuh di Hari ke 16 dan seterusnya perawatan sama saja dengan perawatan pada hari ke 15, lakukan pemberian pakan sesuai dengan kebutuhan harian puyuh. Sesekali tambahkan vitamin kedalam air minum puyu, ketika musim penghujan tambahkan sedikit antibiotik. Pada masa umur puyuh sudah mulai bertelur sangat disarankan mengurangi kebisingan, karena puyuh gampang stress, dan ketika stress tinggi puyuh bisa berhenti bertelur. Demikian tulisan garis besar pemeliharaan puyuh dari hari ke hari ini kami buat, jika ada informasi tambahan silahkan tambahkan melalui form komentar untuk kita diskusikan.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

16 komentar:

nur qomarudin mengatakan...

tank bro artikelnya

Pringati Singarimbun mengatakan...

sama-sama bro..

Khalid Musa mengatakan...

Info yang berguna, thanks alot.. saya ingin lebih tahu mengenai penternakan burung puyuh ini, boleh kita berhubungan melalui email, jika boleh.

pringati singa mengatakan...

boleh saja mas... silahkan saja email saya atau kita diskusikan langsung di form komentar blog ini

Robby Nakano mengatakan...

Luar biasa artikelnya bro, jadi penasaran mau berternak puyuh nech...., trimakasih infonya bro...

studytogether mengatakan...

Dalam satu kandang, bagusnya itu berapa banding berapa antara betina dan jantan ?
thanks

pringati singa mengatakan...

@studytogether: jika pakan puyuh yang kita gunakan full pelet pabrik maka perbandingan jantan dan betina dalam satu sangkar bisa kita optimasi sampai 1 : 5 gan. di daerah saya saat ini kebanyakan peternak menggunakan 1 : 3 gan.

albert beck mengatakan...

mas bro.. boleh minta emailnya nanti saya bisa konsultasi..

Pringati Singarimbun mengatakan...

@albert beck: bukannya ane gak mau ngasi email gan, masalahnya ane jarang buka email, jadi kalo agan kirim ke email takutnya lama baru bisa ane baca. lagipula ane bukan peternak puyuh gan, ane lebih sering membahas puyuh berdasarkan pengalaman di kampus dulu aja gan. klo ada yang mau agan diskusikan coba aja di comment blog ini atau di wall google+ ane gan..

Ian Prabansa mengatakan...

Bisa gak Pakan untuk anak ayam aduan,diberikan juga untuk anakan puyuh?

pringati singa mengatakan...

@Ian Prabansa: bahan pembuat pakannya apa aja gan?

muhammad nur hidayat mengatakan...

utk masa panen dan masa produktifnya berpa bulan?

Nur Fatmiati mengatakan...

cara bedain puyuh jantan dan betina gmn gan?

hendra yusuf mengatakan...

apa ada pakan khusus untuk anak puyuh bro..

Unknown mengatakan...

Vaksin anakan puyuh itu apa sih ??

Rendy Boejeiz mengatakan...

Wah kayaknye mesti diikutin neh agannye.