Ternak Bebek Kering



Ternak bebek kering maksudnya adalah kita memelihara bebek dalam kandang tanpa menyediakan kolam untuk berenang. Pada umumnya bebek memang lebih menyukai lahan basah sebagai tempat mencari makan namun itu semua bisa dimodifikasi menjadi full di lahan kering atau kandang kering. Beternak bebek secara kering ini banyak diaplikasikan untuk petelur, yang dibudidayakan meyerupai kandang sistem pemeliharaan ayam petelur. Kita ketahui bahwa itik meiliki kebiasaan bertelur di sembarang tempat khususnya itik gembalaan. Hal ini menjadi kedala dan faktor kerugian bagi peternak, karena sering sekali tidak dapat menemukan telur di area pengembalaan (sawah).

Tujuan utama membuat kandang kering

  1. Menghemat lahan, dengan meniru kandang ayam petelur yang berupa kotak-kotak jaring, tentu saja lahan yang digunakan jauh lebih kecil dibandingkan budidaya secara lepas.
  2. Efisiensi pakan, pada kandang  kering disediakan tempat pakan secara khusus, seperti pada ternak ayam petelur.
  3. Semua telur itik dapat dikumpulkan


Kekurangan dari sistem budidaya bebek kering

  • Tingginya tingkat stress dari bebek bila dikurung dalam sangkar kecil, sebab hewan ini pada dasarnya unggas penjelajah dan hewan gembalaan. Tingkat stress bisa diturunkan dengan pemberian vitamin C secara rutin.
  • Mahalnya biaya bangunan kandang dan peralatan, Budidaya pada kandang kering akan membutuhkan tempat pakan, tempat minum, dan box yang terbuat dari bambu atau besi yang digunakan untuk sangkar.
Kandang bebek kering sama dengan ayam petelur,  jenisnya sering disebut dengan kandang baterai. Dalam setiap box baterai haruslah dimuat itik jantan dan betina secara bersamaan. Perbandingan jantan dan betina sebaiknya 1: 3, artinya dalam satu box baterai terdapat 1 ekor jantan dan 3 ekor betina. Bahan kandang yang paling murah adalah dari bambu namun daya tahannya relative singkat, bahan lainnya terbuat dari besi walaupun harganya lebih mahal tapi daya tahan bateray cukup lama.

Bebek yang dapat dimasukkan ke bateray ini adalah bebek dara, sedangkan anak atau DOD tidak dapat dipelihara di bateray. Jadi dibutuhkan juga kandang khusus untuk DOD sebelum dara.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: