Cara Ternak Bebek Pedaging Dan Petelur



Cara beternak bebek ditulis dihalaman ini secara garis besar saja, untuk detail simpelnya silahkan berimprofisasi. Bebek petelur dan pedaging tidak berbeda cara perawatannya, perbedaan cara beternak bebek pedaging dengan petelur hanya pada pemberian pakan saja, dimana untuk petelur diberikan pakan mineral yang lebih banyak dibanding dengan pakan pedaging. Berikut ini garis besar cara beternak bebek:

1. Persipan kandang, jika kita memelihara bebek secara dikandangkan tanpa ada pengembalaan atau dilepas maka di dalam kandang sebaiknya sediakan kolam untuk berenang. Kolam sebaiknya dibangun di tengah kandang, perhatikan gambar dibawah ini.
bagan rancangan kandang ternak bebek

Keterangan gambar:
1. Tempat berteduh/ tidur bebek, dibuat seperti bangku dari bilah bamboo dengan ketinggian 30 Cm, dan diberi atap setinggi 80 Cm
2. Idem dengan nomor 1
3. kolam, dibangun untuk tempat berengan, luas kolam ini 10 % dari luas kandang, dengan kedalaman 50 cm.
4. lapangan terbuka

2. Persiapan bibit (DOC atau dara), jika ingin berproduksi dengan cepat maka sebaiknya bibit yang dibeli adalah bebek dara, namun bila ingin biaya bibit berkurang maka bisa membeli DOD petelur atau pedaging. DOD atau dara sama-sama memiliki kelebihan/ keunggulan, harga DOD lebih murah daripada dara namun dara lebih cepat berproduksi daripada memelihara sejak DOD.

3. Jika  kita membeli DOD maka perawatan harus dilakukan sesempurna mungkin terutama menyangkut pengatura suhu kandang dan Vaksinasi. Jika  memilih budiday sejak dara maka vaksinasi serta penghangat kandang tidak diperlukan lagi.

4. Persiapan pakan, untuk efisiensi biaya budidaya bebek sebaiknya pakan dikombinasikan antara pakan pabrik (pelet) dan pakan olahan sendiri, beberapa alternatif pakan tambahan untuk bebek pedaging dan petelur: keong mas, sayuran, makanan sisa, pelet buatan, pakan ayam kampung alternatif yang pernah ditulis di blog ini juga bisa digunakan.

5. Kebersihan kandang, sebaiknya kandang disapu minimal 2 kali seminggu, jauhkan kotoran dan sisa makanan dari kandang. Atrau jual saja sebagai pupuk kandang.

6. Kesehatan dalam sistem budidaya bebek pedaging dan petelur, kesehatan paling penting diperhatikan adalah aktifitas bebek, jika terlihat ternak kurang aktif pergerakannya didalam kandang berarti bebek tersebut kurang vitamin begitu juga bila nafsu makan kurang maka itu awal indikasi ternak dalam keadaan sakit.

7. Pemberian pakan sebaiknya jangan langsung banyak (1 kali satu hari), dalam beternak budidaya bebek dan unggas lainnya semakin sering (frekuensi) pemberian pakan maka kualitas pertumbuhan akan semakin baik terutama untuk anak. Ini juga berhubungan erat dengan efisiensi pemberian pakan, unggas cenderung kurang menyukai pakan yang sudah lama.

Jika item diatas telah berjalan dengan baik maka sudah bisa dipastikan cara beternak bebek yang dilakukan sudah benar dan hitungan analisa laba rugi pada bisnis peternakan bebek kita akan positip pada laba.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: