Peluang Usaha Kambing Etawa



Jenis usaha: peternakan kambing etawa
Peluang pengembangan usaha :
Susu kambing
Daging (ternak potong)
Samak kulit kambing
Pupuk organik (kotoran kambing)

Susu kambing

Susu kambing baik dikonsumsi karena menganfung lemak dan kadar gula yang lebih rendah dari susu sapi, oleh karena itu penderita diabetes lebih cocok mengkonsumsi susu kambing. Melihat gambaran ini pasar untuk susu etawa terbuka begitu lebar mengingat keunggulannya. Peluang usaha untuk susu ini diantaranya: jual susu segar (tanpa proses tambahan) atau jual susu bubuk (butuh proses pengolahan tambahan).

Tenak potong.

Bobot dan berat karkas etawa jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan kambing lokal seperti kambing kacang dan kambing etawa. Kebutuhan akan daging kambing meningkat dari waktu kewaktu. Perhatikan saja kebutuhan akan kambing jantan untuk keperluan aqiqah, dalam satu kecamatan bisa dipastikan ada satu orang anak yang di qiqah setiap hari. Jadi peluang usaha di bidang ternak kambing potong sangat menjanjikan. Peluang  lainnya terkait dengan ternak kambing potong: usaha rumah makan spesifik gulai kambing, usaha jual beli daging kambing, sate kambing dan lain-lain, bahkan kalau memungkinkan anda bisa saja membuka usaha produksi daging kambing kalengan.

Samak kulit kambing

Usaha samak kulit kambing ternyata juga sangat menguntungkan, harga basah selembar belum disamak sangat murah, namun setelah disamak luar biasa, harga bisa 10 x lipat dari harga kulit segar. Unit usaha terkait dengan kulit sangat banyak seperti, kerajinan dompet, tas, sofa, tali pinggang dll.

Pupuk organik

Untuk tanaman buah seperti jeruk dipercaya bahwa kandang (kotoran kambing) jauh lebih bagus dari kandang ayam bila dijadikan pupuk kompos. Harganya juga lebih mahal bila dibandingkan dengan kotoran sapi sebagai pupuk organik. Adapun peluang usaha yang bisa diambil dari sini salah satunya; packaging untuk pupuk kompos, fermentasi kotoran kambing untuk pupuk organik dan lain-lain.

Peluang usaha pada subsector pendukung peternakan:
Usaha produksi pakan ternak kambing: untuk hal ini anda bisa memproduksi dan menjual UMMB (urea molasses mineral block). Sejenis makanan tambahan untuk mempercepat pertumbuhan ternak ruminansia.

Usaha suplayer pakan dan peralatan kandang kambing : sebenarnya menanam rumput unggul saja di pada suatu lahan dapat mendatangkan keuntungan yang continue, sebab rumput unggul seperti rumput gajah, king grass dan lainnya dapat dijual kepeternak kambing etawa ataupun sapi potong dan perah. bahkan saat ini anda tidak perlu lagi menawarkan rumput tersebut ke peternak, tapi peternaklah yang akan langsung datang ke kebun rumput anda. Selain itu ada juga peluang suplayer makanan dan nutrisi untuk kambing yang dapat anda tawarkan kepada peternak.
peluang usaha ternak kambing

Usaha inseminasi buatan untuk kambing etawa, untuk peluang usaha inseminasi ini mungkin hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja, terutama orang yang telah lulus pelatihan inseminasi buatan yang sering diadakan oleh BBPT Batu maupun universitas-universitas terkemuka yang memiliki jurusan peternakan di kampus mereka. Demikianlah peluang-peluang usaha menyangkut ternak kambing yang dapat saya share, mudah-mudahan membantu anda dalam menemukan usaha yang cocok sebagai usaha sampingan maupun usaha pokok.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

2 komentar:

SaRtOnO mengatakan...

Mohon info, saat ini admin beternak apa & dimana? Kalau boleh, saya ingin gabung, kerjasama. Thx

Pringati Singarimbun mengatakan...

@SaRtOnO: Kalau Saat ini kegiatan beternak sedang off mas... rencana ke depan mau ternak puyuh mas.