Friday, April 5, 2013

Peluang Bisnis Ternak Kambing

Berbicara peluang bisnis pada usaha peternakan sepertinya tidak akan pernah ada habisnya, selama manusia masih membutuhkan protein hewani maka selama itu bisnis ternak tetap memiliki peluang. Memang ternak kambing bukanlah perioritas pemerintah dalam swasembada daging 2014 tapi patut disadari bahwa setiap hari minimal ada satu anak yang di akikah pada satu kecamatan. Setiap akikah akan membutuhkan minimal seekor kambing. Peluang-peluang bisnis ternak kambing dapat di bagi sebagai berikut:

Bisnis ternak kambing potong cukup menjanjikan seperti yang sudah dibahas di analisa rugi laba ternak kambing, kambing potong ini banyak jenisnya diantaranya: seperti kambing kacang, PE (peranakan etawa), boer, garut, kambing jawa, dan gibas. Peranakan etawa paling banyak dicari peternak saat ini karena pertumbuhan berat badannya cepat dan perawatannya mudah. Populasi terbanyak di Indonesia saat ini adalh kambing kacang.

Bisnis ternak kambing perah juga memiliki prospek yang cerah, permitaan susu kambing meningkat dari tahun ketahun hal ini disebabkan karena gencarnya tentang manfaat susu kambing. Jenis-jenis kambing perah ini antara lain; Etawa, Saanen, Toggenburg, Anglo Nubian, Nubian, French Alpine, British Alpine,kambing Damaskus, Beekal, Barbari. Di Indonesia baru kambing etawa yang banyak dipelihara sebagai kambing penghasil susu, hal ini karena kambing etawa dapat berkembang di daerah beriklim tropis.

Apa saja yang bisa dijual dari peternakan kambing? Selain daging dan susu ada juga produk sampingan dari peternakan kambing seperti kotoran kambing yang bisa dijual sebagai pupuk kandang. Bisnis lainnya bisa juga jual beli anak kambing, artinya anda memelihara beberapa ekor kambing betina dan membudidayakannya hingga berkembang biak, seekor kambing mengalami awal estrus (birahi ternak) pada umur 8 – 9 bulan, enam bulan kemudian anda sudah dapat memperoleh anak dari kambing betina tersebut.

Saat ini perkembangan inseminasi buatan (artificial insemination) sudah sangat baik, persentase kesuksesan dari setiap inseminasi hampir mencapai 73%. Hal ini tentu bisa membantu peternak dalam mengembang biakkan populasi kambing berkualitas unggul. Semen kambing yang tersedia saat ini diantaranya semen beku Etawa, peranak etawa, boer dan kacang. Harga setiap inseminasi kambing juga cukup murah hanya Rp 50.000/ inseminasi.

Kesimpulannya ada beberapa pola bisnis ternak kambing ini yakni:
Ternak kambing pedaging/ potong
Budidaya kambing untuk menjual susu
Budidaya kambing untuk menjual anak atau bibit.


Related Post



Tulisan di blog ini dapat anda sebar luaskan melalui media apapun, dengan syarat mencantumkan alamat halaman artikel di blog peternakan ini sebagai sumber.