Klasifikasi Peluang Usaha Ternak Sapi



Kali ini saya akan menuliskan klasifikasi atau pengelompokan peluang usaha ternak sapi yang terlintas di pikiran saya, mana tahu ada ynag bisa menjadi inspirasi buat anda dalam membuka usaha peternakan sapi. Berikut ini klasifikasinya:

Bidang usaha : peternakan
Jenis usaha: peternakan sapi
Peluang usaha tersedeia:

  • Peternakan sapi potong
  • Peternakan sapi perah
  • Usaha pembibitan 
  • Usaha pembuatan pupuk organik dari kotoran
  • Usaha samak kulit

Peternakan sapi potong

Merupakan kegiatan budidaya yang bertujuan untuk menghasilkan sapi untuk produksi daging. Usaha ternak sapi termasuk usaha yang membutuhkan modal yang tidak sedikit, mengingat harga dari pedet cukup tinggi berkisar 6 – 8 juta. Selain itu perlu juga dipertimbangakn biaya lahan untuk menanam hijauan makanan ternak dan lahan untuk area kandang. Namun demikian usaha budidaya tetap menjanjikan mengingat harga daging selalu naik dari waktu ke waktu. sederhananya dapat kita lihat pada peternak sapi potong yang ada di daerah kita, jarang sekali kita temukan mengalami kerugian. Titik pulang pokok usaha cukup cepat, 1 periode pengasuhan modal sudah kembali.

Usaha peternakan sapi perah.

Menyangkut biaya produksi hampir sama dengan ternak sapi potong. Namun berbeda dalam hal hasil dan produksi, dimana hasil ternak perah dapat dinikmati dari hari ke hari selama produksi susu masih aktif. Sapi perah ini cocok dikembangkan di daerah yang terdapat koperasi penampungan susu atau perusahaan pengolah susu. Sebab bila usaha dijalankan  di daerah yang tidak terdapat industri pengoalahan susu segar, akan kesulitan dalam memasarkan hasil usaha budidaya.

Usaha pembibitan ternak sapi

Salah satu usaha yang belum banyak digeluti peternak secara khusus adalah usaha pembibitan sapi potong maupun perah. Harga pedet cukup tinggi, usaha pembibitan ini juga tergolong mudah dikerjakan mengingat sekarang sudah tersedia petugas inseminasi buatan di seluruh Indonesia. Dengan adanya IB maka tingkat keberhasilan kebuntingan sapi semakin baik dan menghasilkan pedet yang berkualitas unggul.

Usaha pembuatan pupuk organik dari kotoran sapi

Pupuk organik berupa kompos dari kotoran sapi sangat diminati petani, harga kotoran perkarung (50Kg) sudah mencapai 15 ribu rupiah. Peluang usaha ini tentu saja sangat efektif meningkatkan pendapatan peternak sapi bila dikelola dengan baik. Nilai dari kompos kotoran juga akan semakin meningkat jika saja peternak mampu mengolahnya dengan teknik fermentasi.

Usaha samak kulit sapi

Kulit hewan merupakan salah satu bahan baku untuk pembuatan furniture dari kulit seperti sofa kulit, sealian furniture kulit sapi yang telah disamak juga sangat baik untu dijadikan sebagai bakalan jaket kulit, iakat pinggang, tas kulit dan lain sebagainya. Harga mentah kulit jauh lebih murah dari harga daging, namun harga kulit sapi yang telah disamak dengan baik bisa melebihi harga daging.

Peluang usaha yang tersedia berkaitan dengan ternak sapi:

  • Produksi pakan ktonsentra sapi (UMMB, mineral tepung, mineral block dan lain-lain)
  • Poultry shop (menjual pakan ternak, peralatan kandang dan perlengkapan untuk kebutuhan budidaya ternak)
  • Agen pengumpul
  • Produksi daging kalengan (cornet)
  • Usaha produksi olahan hasil ternak (membuat bakso, sosis dan lainnya)
susaha budidaya sapi potong

Itulah beberapa peluang usaha yang tersedia di bidang peternakan sapi  terlintas dalam benakpenulis, dan untuk melihat peluan-peluang usaha ternak kambing silahkan lihat di sini, jika ingin menambahkan silahkan ditambahkan melalui form komentar atau hubungi author blog ini agar tambahan informasi anda dimasukkan dalam postingan ini.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: