Mempercepat Birahi Ternak Sapi



Birahi pada sapi normalnya antara 19 – 25 hari sekali, dan estrus pertama dara terjadi antara umur 1,5 tahun – umur 2 tahun. banyak peternak sapi ingin memperoleh anak sapi secepatnya sehingga sering menanyakan pada petugas penyuluh peternakan cara untuk mempercepat birahi. Ada satu metode untuk mempercepat estrus yakni dengan terapi hormon. Pemberian hormon memiliki kelebihan dan banyak juga kekurangannya, adapun hormon yang digunakan untuk mempercepat birahi adalah PGF2-alpha. Hormone ini sering digunakan pada peternakan besar untuk menyerentakkna estrus pada semua sapi induk. Merek hormon pgf2-alpha ini juga cukup banyak ada yang harus digunakan secara IM (intra muscular dan ada juga yang harus digunakan secara Intra Uterine). Intra muscular berarti disuntikkan ke dalam daging dan Intra uterine berarti dimasukkan kedalam uterus sapi.

Terapi hormon mempercepat birahi sapi

Cara penggunaan hormone sebaiknya serahkan sepenuhnya kepada dokter hewan di daerah anda atau petugas kesehatan hewan. Adapun kelebihan menggunakan hormon antara lain:
1. bermanfaat untuk peternakan sapi yang memelihara induk sapi dalam jumlah banyak, dimana dengan menggunakan hormon ini birahi bisa diatur agar terjadi estrus secara serentak sehingga akan menghemat biaya inseminasi buatan.
2. jika digunakan secara tepat dapat mengobati abnormalitas estrus (konsultasikan dengan dokter hewan).

Kekurangan terapi hormon

1. Tingkat keberhasilan Inseminasi pada sapi yang dipercepat dengan menggunakan hormon pgf2 –alpha lebih rendah daripada tingkat keberhasilan inseminasi secara normal.
2. Pengunaan secara terus menerus dapat mengacaukan siklus birahi
3. Penggunaan pada dosis yang tidak tepat dapat menyebakan kemajiran betina.
4. Harga hormon cukup mahal sehingga hanya cocok untuk peternakan skala besar.

Adakah cara alami untuk mempercepat birahi pada ternak sapi? Maka jawabannya tidak ada, sebab estrus itu sendiri merupakan siklus alamiah. Namun jika anda memiliki kendala karena tidak terlihat secara jelas (birahi semu) maka ada cara alami untuk meningkatkan tanda gejala yakni dengan cara memberi nenas atau papaya.

Birahi semu betina sapi dapat terjadi karena :

1. Sapi betina terlalu gemuk, sapi gemuk umumnya memiliki nafsu makan yang sangat tinggi sehingga ketika birahi sekalipun nafsu makan mereka terlihat tetap tinggi.
2. Kurang betakaroten, betakaroten ini sangat berguna dalam memproduksi hormon FSH (folikel stimulating hormone) secara alami. Biala ternak kekurangan gizi atau standar pakan yang tidak tepat dapat mengakibatkan birahi semu pada sapi betina. Selalu perhatikan standar pakan sapi yang tepat yakni: hijauan makanan ternak 10% dari berat bdan sapi / hari, 1 % dari berat badan leguminoseae (rumput kacang-kacangan), dan konsentrat 1% dari berat badan. Adapun tumbuhan sumber betakaroten diantaranya wortel, labu dan lain-lain.
mempercepat birahi pada sapi

Demikianlah cara mempercepat birahi pada sapi ini yang dapat kami tuliskansecara singkat saja. Selengkapnya hubungi dokter hewan atau petugas kesehatan hewan yang ada di daerah anda. Yang terpenting anda ketahui bahwa hormon untuk ternak tidak dianjurkan dalam ilmu kesehatan hewan.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: