Ilmu Kesehatan Ternak



Ilmu kesehatan ternak merupakan satu kajian mata kuliah pada fakultas peternakan dan juga di fakultas kedokteran hewan. Selain itu SMK jurusan peternakan juga mempelajarinya. Banyak sub bidang ilmu kesehatan hewan yang sangat bermanfaat untuk mendukung keberhasilan sebuah usaha peternakan. Dipelajari secara rinci tentang ciri-ciri penyakit ternak serta cara mengatasi atau menyembuhkan penyakit tersebut.

Ada beberapa sub bab penting dalam ilmu kesehatan ternak ini diantaranya: fisiologi hewan ternak, dan tingkah laku hewan ternak. Selain itu kesehatan reproduksi ternak juga akan banyak digunakan ketika menghadapi masyarakat peternak di lapangan. Sebab masalah reproduksi mencakup teori serta teknik inseminasi buatan pada ternak, baik sapi, kambing dan ayam buras. Untuk itu beberapa kalangan perlu mempelajari secara serius, keseriusan itu tidak hanya bagi mahasiswa tapi juga bagi para pelaku usaha peternakan. Masyarakat sebaiknya membeli buku pedoman tentang ilmu kesehatan ternak tersedia banyak di toko buku.
contoh sapi sehat

Keberadaan sebuah buku pedoman baik itu buku-buku teoritis atau praktis akan sangat membantu  dalam mengembangkan dan meningkatkan hasil budidaya. Belajar ilmu-ilmu peternakan bukanlah kewajiban anak sekolah atau mahasiswa semata, sebab belajar adalah kewajiban bagi setiap orang baik muda maupun tua. Harga dari buku tidaklah terlalu mahal dan dengan mudah dapat ditemukan.

Mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya tentang perbedaan ilmu kesehatan ternak dengan ilmu penyakit ternak ( hewan). Sebenarnya tidak ada beda dari keduanya, hanya berbeda pada istilah yang digunakan saja. Ilmu penyakit akan membahas penyakit serta cara mengatasinya atau mengobati begitu juga dengan ilmu kesehatan ternak didalamnya ada tentang penyakit dan cara mengobati ternak.

Meningkatkan kualitas serta hasil budidaya sapi, kerbau, domba, kambing, ayam dan itik haruslah dengan memperhatikan fakto kesehatant. Resiko ternak sakit pasti akan datang pada setiap usaha ternak, akibatnya tetap dapat diminimalisir selama kita memiliki dasar-dasar pencegahan dan pengobatan hewan.

Dibawah ini beberapa hal yang sebaiknya dipahami oleh setiap peternak tenang ilmu kesehatan ternak:
  1. Setiap ternak memiliki penyakit yang berbeda-beda, beda jenis penyakit maka beda jugalah cara menangani penyakit tersebut.
  2. Penyakit pada ternak ada yang menular ke sesama ternak, ke manusia,juga dari manusia ke ternak. Setiap peternak sebaiknya mengetahui mana-mana saja penyakit ternak yang menular tersebut, jadi ketika ciri-ciri penyakit sudah terindikasi maka dapat dengan segera dicegah penyebarannya.
  3. Peternak sebaiknya mengetahui peraturan pemerintah mengenai kesehatan ternak ini, peraturan tersebut menyangkut penanganan hewan sakit; mana saja boleh dijual, dikonsumsi atau harus dimusnahkan.

Bagaimana? tenrnyata implikasinya sangat luas bukan, banyak hal harus dipahami oleh setiap pihak tentang kesehatan hewan. Baik peternak, petugas keshatan hewan, dan pedagang hasil-hasil peternakan. Kunci keberhasilan sebuah peternakan adalah kesehetan ternak itu sendiri ketika ternak dalam keadaan sehat, makan dapat dipastikan keuntungan akan diperoleh, dan bila penyakit ternak melanda, bisa saja peternak harus gulung tikar.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: