Cara Memulai Ternak Ikan Lele



Cara memulai ternak ikan adalah garis-garis besar cara memulai budidaya hewan air termasuk ikan lele, saat ini yang paling populer adalah ternak lele sangkuriang. Kelebihan dari sangkuriang ini adalah ketahanannya terhadap berbagai macam penyakit serta kecepatan pertumbuhannya yang mengagumkan. Pertumbuhan sangkuriang relatif cepat, dalam 3 bulan seorang peternak sudah dapat melakukan panen dengan ukuran yang baik untuk dijual di pasar. Bibit sangkuriang mudah didapatkan, hampir semua balai benih ikan milik pemerintah daerah menjual bibit sangkuriang. Harga benih termasuk murah mulai dari Rp 50 / ekor.

Cara memulai budidaya lele

Persiapan:
contoh kolam tertutup atap

  • Lahan yang akan dijadikan kolam, 1 m bujursangkar idealnya bisa menampung 200 bibit. Wadah, dalam artian kita akan memlihara lele bukan dalam kolam; seperti drum, tong, bak dan sebagainya, aturan ukuran idealnya tetap sama dengan memelihara dalam kolam.
  • Air yang mengandung plankton untuk pakan ikan lele terutama untuk benih yang baru masuk kolam. Cara mendapatkan air yang mengandung plankton ini dibutuhkan pemupukan kolam dan pemberian kompos kotoran ruminansia yang direndam selama seminggu hingga warna air berubah menjadi kehijauan.
  • Atap, ternak lele sangat membutuhkan atap yang melindungi kolam dari masuknya air hujan. Air hujan memiliki kandungan asam yang tidak baik untuk kesehatan ikan bersungut ini, biasanya di kolam terbuka tingkat kematian lebih tinggi daripada kolam yang tertutup atap.
  • bibit lele sangkuriang yang sehat, setiap membeli bibit perhatikan kondisi menyangkut; gerakan bibit, sebaiknya gerakan bibit ikan terlihat lincah dan normal, badan yang sempurna; perhatikan seluruh badan benih lele apakah terdapat lecet-lecet atau tidak, biasanya bibit yang dikirim dari jarak jauh sering kita temukan lecet pada sekujur tubuh.
  • Pakan, pakan harus disiapkan sedini mungkin baik dalam betuk pelet ataupun konsentrat yang dibuat sendiri.

Gambaran singkat memualai ternak lele; persiapkan tempat untuk beternak (kolam atau tong atau drum), sterilisasi kolam ikan tersebut dengan disinfektan setelah itu biarkan bakalan kolam selam 3 hari dalam keadaan kering, lakukan pemupukan dan peng-komposan dengan kotoran sapi biarkan kering selama 3 hari, selanjutnya isi air dan biarkan selama seminggu hingga air berubah warna hijau kehitaman yang menandakan sudah terdapat banyak jasad renik untuk pakan bibit ikan lele. Setelah seminggu masukkan bibit kedalam kolam. Secara rutin awasi pertumbuhan benih baru tersebut serta kontrol pemberian pakan.

Tulisan ini sengaja kami buat secara singkat agar pembaca dapat memahami konsep dasar ternak lele dan tidak bosan dalam membacanya. Jika belum jelas silahkan berikan komentar dan jika ada tambahan informasi sialahkan hubungi saya melalui profil.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

49 komentar:

amentlaros mengatakan...

Maaf boleh bertanya, Kalo punya kolam ukuran 2x2M idealnya berapa jumlah bibit ikan lelenya? Kalo kolam dibelakang rumah ada polusinya? berapa kali harus mengganti air kolam? terima kasih.

Pringati Singarimbun mengatakan...

@amentlaros: untuk kolam dengan ukuran 2 x 2 kita bisa mengisi ikan lele sebanyak 200 ekor dengan ketinggian air 1 m.

jika polusinya ada di tanah maka alternatif adalah gunakan kolam terpal, dan sebelum memasukkan bibit lele lakukan sanitasi kolam dan sekitarnya.

penggantian air untuk lele dapat dilakukan 1 x seminggu.

Anonim mengatakan...

Saya ingin trnak lele., tapi lahan cuman dikit di pekarangan rumah., saya ingin coba menggunakan terpal., tp apakah hasilnya bgus kalo pkai kolam trpal.

pringati singa mengatakan...

to Anonymous: Hasil beternak lele dengan menggunakan kolam terpal hasilnya bagus kok, sudah terbukti, saat ini sudah banyak petani yang membudidayakan lele ini dengan menggunakan kolam terpal. dengan menggunakan kolam terpal banyak keuntungan yang bisa di dapat salah satunya mempermudah saat panen lele.

USEP ABDULAH mengatakan...

mf,ukran bibit lele sbesar pa?
Makasi

Yogha Sahhat mengatakan...

mau nanya nich apakah bibit lele yg di jual di tempat ikan hias sama dgn lele2 yg lain nya !?

dan bza di budidayakan apa ngga !?


Yogha Sahhat mengatakan...

maaf nich boss saya pnya lahan di belakang rumah kebetulan saya suka liat bibit2 ikan lele di tempat penjualan ikan hias !?

apa bza di budidayakan apa ngga lele tersebut setau saya pas di masukan ke aquarium utk makanan arwana bibit lele nya mati dlm 3 hari !!

Pringati Singarimbun mengatakan...

@Yogha Sahhat : Lele di tempat ikan hias sama saja dengan lele di tempat lain mas. tapi kalo pertanyaan mas apa cocok lele di ikan hias dibudidayakan? maka jawabnya kurang cocok, sebab di penjualan ikan hias bibit lele belum tentu memiliki sertifikat bibit standar, selain itu bisa jadi lele di tempat ikan hias tersebut adalah lele kerdil (bukan bibit lele)

tivani alfio mengatakan...

@alvio mw tanya ni saya pnya ikan lele untuk masarinya saya msh bingung soalnya sambil kerja jg dan di kolam, saya cuma 400 ekor saja, dan bibit yg unggul/yg cepat besar lele sangkuriang or lele piton??

Pringati Singarimbun mengatakan...

@tivani alfio: memang resiko pemasaran ini jarang sekali diperkirakan orang dalam memulai usaha mas.. apalagi peternak lele rumahan saat ini cukup banyak, selain itu lele piton ini masa panennya cukup cepat dimana umur 2 bulan sudah bisa dijual menjadi lele konsumsi, jika kita memelihara lele konsumsi lebih dari seminggu sudah bisa dipastikan akan mengalami kerugian karena pakan.

karena mas beternaknya sambil bekerja jadi sulit memasarkan sendiri hasil panen lele tersebut, solusinya sebaiknya hubungi saja agen penjual lele mas.. mudah-mudahan mereka mau menerima semua hasil panen lelenya.

ernik murniasih mengatakan...

Kalau kotoran sapi diganti dgn kotoran kambing atau ayam bisa kah?

pram mengatakan...

mau tanya nih........
Untuk jenis kolam terpal apa perlu di kompos juga?
Untuk kolam 1M2 komposisi komposnya brap?
Terimakasih atas pencerahannya.

Pringati Singarimbun mengatakan...

@ernik murniasih: boleh saja sob.. malahan sebagian petani lebih terbiasa menggunakan kotoran unggas untuk pemupukan kolam lele ini.

@pram: Kolam terpal juga perlu dipupuk mas, jumlah pupuk kandang / kompos yang biasa diberikan 0,5 - 1 Kg/m2, bisa juga ditambah dengan urea sebanyak 10 gram/ m2 mas.

Zoelanda Mars mengatakan...

sob utk ukuran 2x2m tinggi kolam 1 meter bisa diisi berapa ekor
Dan ketinggian air yg baik berapa
Trims

Pringati Singarimbun mengatakan...

@Zoelanda Mars : dengan ukuran kolam yang sedemikian kita bisa membudidayakan lele sebanyak 400 ekor mas, ketinggian air diatur semaksimal mungkin.

Fariz al fauzan mengatakan...

maaf,saya mau tanya nih.kira2 dimana saya bisa menbeli vitamin-C buat ikan.

Pringati Singarimbun mengatakan...

@Fariz al fauzan: vit C untuk ikan dijual secara bebas kok mas, jadi dengan mudah bisa ditemukan di poultry shop.

Fadhli Azis mengatakan...

Kalo tidak ada kotoran sapi,ayam,kambing bagaimana karena ssah untuk mencari ny, apAa bisa dgn cara lain.kalo pergantian air kolam apaa harus ikan ny di pindahkan trlebih dahulu

soyar CahayaPonsel mengatakan...

mau nanyak ne gan.saya belum ada pengalaman ternak ikan lele,saya igin terjun bisnis ternak ikan lele,& baru igin memulai bisnis ini,tapi takut gak cukup dana nya.jadi kalou kolam terpal ukuran 3mx3m kira kiara butuh modal berapa gan?,& itu dalam jangkah 3bulan/panen abis bpa kg pelet gan?,&makanan tambahan selain pelet apa aja gan?.mks gan.

Pringati Singarimbun mengatakan...

@ soyar CahayaPonsel: pada kolam ukuran 3 x 3 m sudah bisa memelihara lele sebanyak 1000 ekor gan. mengenai kalkulasi dana sangat bergantung pada harga-harga bahan kolam, harga bibit lele pasaran di daerah agan, dan biaya pelet bergantung pada jenis dan merek pakan ikan lele yang agan pilih, pakan lele yang beredar di pasar saat ini cukp banyak seperti produksi CP, GC dan Japfa.

kalau di daerah saya harga bibit lele saat ini untuk ukuran 7 - 9 cm sekitar Rp. 250 / ekor (masih ada) biasanya bibit lele yang murah bisa didapatkan di balai benih yang ada di setiap kabupaten.

untuk pakan lele yang dibutuhkan per ekor adalah sekitar 150 - 200 gram/ ekor gan (pemeliharaan 3 bulan) jadi untuk lele sebanyak 1000 ekor agan akan menghabiskan sekitar 150 - 200 Kg gan. untuk harga silahkan cek di poultry shop gan.

ardi yansah mengatakan...

gan beleh saya meminta alamat email anda, supaya saya lebih leluasa untuk bertanya

pringati singa mengatakan...

@ardi yansah: bukannya saya nggak mau ngasi email saya gan, email itu bisa dilihat di profil google + ane kok gan.. tapi masalahnya ane jarang banget buka email gan, jadi lebih enak kalau kita diskusikan di blog ini aja gan, mana tahu ada pembaca lain yang ingin menambahi atau punya pendapat yang lebih bagus tentang semua permasalahan budidaya lele.

Ogief El Conany mengatakan...

Gan....dekat" ini ane ada niat juga mau buka ternak lele...tapi ane ga ada pengetahuan sm sekali kecuali dgn mmbaca forum" ky gini...yg mau ane tanyain... Maksud usaha kolam terpal itu apa ya???trus apa ternak lele itu harus dikolam yg ada aliran air'y???

Pringati Singarimbun mengatakan...

@Ogief El Conany: semoga rencananya berjalan dengan baik gan... Kolam terpal itu artinya kita memelihara lele di kolam yang dialasi terpal atau keranjang bekas yang dialasi terpal. intinya fungsi terpal di sini sebagai wadah penampung air gan. terus lele tidak harus dipelihara di kolam air mengalir gan, sehingga banyak juga orang yang memelihara lele dalam dorom atau tong.

heru hendarmin hs mengatakan...

Maaf gan klu kolam semen bs ga? Kerna ad rencana mau buat, Trus Śªÿª mau tanya klu bibit 1 bulan harus d seleksi agar tidak kanibal..???

Makasih sebelumnya...!!!

heru hendarmin hs mengatakan...

Maaf...Klu boleh tanya,kalau kolamnya semen bisa ya??
Terus klu bibit 3-5cm itu diberi pangan apa gan,dan seterusnya sampe siap panen..???

Makasih sebelumnya...

Pringati Singarimbun mengatakan...

@heru hendarmin: bisa gan.. banyak kok orang yang budidaya lele dengan kolam semen, untuk bibit ukuran 3 - 5 dan seterusnya sudah bisa diberi pelet ikan gan..

wury winarto mengatakan...

mau tanya mas bos uk ternak dalam drum plastik hasilnya apa bisa maksimal mas bos tks

anjar brian mengatakan...

Mau tanya ni gan kalo ternak lele lebih bagus di kolam tanah apa terpal?

halimah dendra mengatakan...

lumayan ni ternak lele buat usaha tambahan,,,,tp pakan lele ni bsa ddapat,atobeli dmn gan...???
dan klo sudah panen,... apa gk msalah,,,dtmpung dkolam klo pmasaranya lambat....???trma kasih...

Halimah Dendra mengatakan...

mau tanya aturan memberi makan lele brapa kali 1hari,,,untuk yang msih kecil dan besar.... gmn ukuranya... mkasih....

david mengatakan...

Pencerahan yg bagus,smoga sukses

Ferycobalele mengatakan...

sy baru mau coba ternak menggunakan bak plastik. jika tidak dilakukan pemupukan dengan pupuk kandang terlebih dahulu, apakah kondisi bibit tetap tumbuh baik? apakah cukup dengan endapan air tanah? trm ksh.

Ferycobalele mengatakan...

kira2 sampai brp bulan bibit lele bisa di ternak? trm ksh

Deni Demara mengatakan...

Mau tanya gan,kl utk pemijahan atau pembuatan bibit,apakah kolam perlu di pupuk juga???

roju mengatakan...

sya mau coba ternak lele, tapi ga ngerti harus gimana, setelah baca-baca blognya, banyak informasi yang didaptkan. nah mau tanya gan, kolam ikan harus dibersihkan 1 minggu sekali, apakah setelah dibersihkan kita harus pupuk lagi kolam dengan kompos dan menunggu hingga air kolam menjadi hijau kembali?

pringati singa mengatakan...

@roju: tidak harus mas.. Pertumbuhan Lele dewasa mendapatkan pakan lebih mengandalkan pellet (pakan) yang kita berikan mas.

Muataz Gubara mengatakan...

Dear sir how are you? I am from Sudan, I have farm of fish I am looking for from Indonesia His experience in the field of breeding CAT Fish and fed and generate other generations as well tilapia. Do you have a desire to work, the response to the letter or know someone who has the desire.
My email is moataz593@hotmail.com
Muataz

Pringati Singarimbun mengatakan...

@ragaminformation: Sebenarnya panen lele bukan berdasarkan umur, tapi berdasarkan berat. Lele baik dipanen dan akan mudah dipasarkan jika ukurannya antara 100 - 150 gram (maksimal 7 ekor lele dalam 1 KG).

Umur panen bergantung pada teknik pemeliharaan lele yang dilakukan mas.. jika kita memeliharanya secara maksimal umur 2 bulan sudah bisa dipanen, namun rata2 panen petani saat ini 2,5 - 3 bulan baru dipanen

bestofworst mengatakan...

Gan, mau tanya.. ternak lele ini ada potensi dead stock gak? maksudnya, umur ekonomis lele itu sampe berapa lama sampai dia mati atau tidak bisa dijual lagi?
Terima kasih.

Pringati Singarimbun mengatakan...

@bestofworst: Nilai ekonomis lele samapai tidak bisa dijual lagi gan (sulit dijual). Berat lele yang paling baik dijual di pasar adalah 100 - 150 gram. semoga membantu gan

eriksson hermanP mengatakan...

aku mau tanya konstruksi kolam tembok yg bagus tuh gmn,kalo bleh dilampirkan gambar tahap2 pengerjaannya y..
mauliate

juanda regarz mengatakan...

gan.,,mau nanya ni,..
pakan alternatif yg baik untuk lele apa ya gan...untuk mengirit biaya pelet gan?..thanks

Fatkhul Khanisa mengatakan...

Saya mau tanya ms...kalau mau mengganti air di dlm kolam ap bibit.a hrus di pindahkn
Dan xl ternal di kolam semen apakah hrus pkek terbal jg

Fatkhul Khanisa mengatakan...

Ms sya mau tanya...xl pas waktu.a gnti aer apakah hrus di pindah bibit lele ap msh ddlm kolam.a
Dan kalau saya memakai kolam semen apa hrus di tmbh dgn terpal

Devit Kurnianto mengatakan...

mas, saya punya kandang lele dari cor an yang diatas nya ada kandang ayam, yang kotorannya mau saya jadikan pakan alternatif selain pelet, tetapi kenapa lele nya pada mati ya???

mohon infonya..

Terima Kasih

Rahmalia Usy mengatakan...

om ini akuuu bru beli lielle 2000 untuk kolam 5x4 air 2 meter (tingginya) uia itu untuk pakan pelet yg masih kecil itu berapa takaranya untuk skali makan?trus sehari baiknya berapa kali?dan untuk waktu berapa lama harus ganti jenisa pakannya lagi?

Presiden hari kiamat mengatakan...

hebat gan.. Salam hormat. Bisa gk kalo pakan ternak lele selain pelet dicampur dgn sayur2an yg dicincang halus tapi sudah direbus dlm air.trimaksh atas wacana diatas dialog sobat semua.

Pringati Singarimbun mengatakan...

@Rahmalia Usy: sebaiknya untuk pemberian pakan gunakan sistem perbandingan saja mbak yakni 10% dari berat total/ hari
misalkan bibit 2000 ekor beratnya 2 Kg maka pakan yang harus diberikan sebanyak 2 ons/ hari

@Presiden hari kiamat:
bisa pak.. kalau kita lihat peternak di daerah saya banyak yang sering memasukkan cincangan sayuran kedalam kolam mereka.
sukses dengan ternaknya mas..