Peluang Usaha Ternak Bebek



Peluang usaha ternak bebek sanagat banyak jenisnya dan menjanjikan hasilnya. Jika anda memiliki keterbatasan waktu untuk merawat ternak maka salah satu bisnis ternak yang bisa anda ambil adalah usaha ternak bebek ini, kenapa demikian? Karena manajemen ternak bebek tidak rumit, khusunya bial bebek sudah masuk umur layer (untuk petelur). bebek membutuhkan banyak waktu perawatan hanya pada masa DOC – 1 bulan, selebihnya bebek dapat dilihat atau dikontrol hanya 2 kali sehari. Adapun peluang-peluang usaha yang bisa diambil pada peternakan bebek ini diantaranya:

Budidaya

Dalam hal ini bisa budidaya bebek petelur, ataupun pedaging. Untuk bebek petelur masa panen akan berlangsung lama dan penghasilan didapatkan secara bertahap dari hari ke hari. Pada bebek pedaging penghasilan akan diperoleh sekali gus dan masa panennya lebih pendek daripada bebek petelur. Peluang usaha budidaya bebek ini cocok dilakukan di daerah yang tidak terlalu pada penduduk, sebab aroma kandang bebek kurang enak. Lagipula seluruh Indonesia ada peraturan tentang jarak kandang ternak unggas dengan pemukiman warga, sebainya dalam membangun bisnis ternak hal ini kita patuhi bersama.

Jikalaupun kita tidak memiliki lahan selain pekarangan rumah kita bisa mengambil alternatif seperti menyewa lahan, atau mencari peluang usaha lain yang cocok dilakukan di pekarangan rumah. Jangan karena niat berusaha kita mengabaikan Peraturan Pemerintah.

Agen penanpung telur bebek

Harga telur bebek dari waktu ke waktu semakin meningkat, begitu juga dengan permintaan akan telur. Bisa dipastikan telur itik dari peternakan tidak pernah tidak terjual, selalu habis ditampung oleh pasar. Jika kita memiliki bakat dalam dagang maka peluang usaha menjadi pengumpul telur bisa kita jadikan sebagai usaha pokok. Untuk usaha sampingan rasanya menjadi seorang pengepul tidaklah cocok.

Usaha packaging dan pembersihan telur bebek

Anda tahu bahwa sebahagian ibu rumah tangga lebih suka membeli telur itik yang ada di supermarket? Kenapa demikian? Itu karena telur di supermarket sudah dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi nilai tambah dalam penjualan, selain itu telur yang dijual di supermarket sudah dibersihkan. So pasti ibu-ibu lebih suka memilih telur bebek yang bersih bukan. Nah perilaku konsumsi seperti ini adalah peluang usaha bila kita memang bisa memanfaatkannya.

Usaha pengolahan telur bebek.

Olahan bisa dijadikan peluang bisnis salah satunya adalah pembuatan telur asin. Umumnya telur asin dibuat dari telur itik, dan cara pembuatannya sangat sederhana. Anda hanya perlu memberisihkan kulit cangkang telur dan melumurinya dengan abu dapur atau abu pembakaran sekam padi yang telah diberi garam selama beberapa hari. Harga telur asin lebih mahal daripada harga telur biasa. Padahal modal yang dibutuhkan untuk membuat sebuah telur asin cukup kecil.

Usaha produksi pakan bebek.

Peluang ini mungkin sebaiknya diambil oleh kalangan yang memiliki modal besar, sebab persaingan usaha dalam bisnis produksi pakan ternak ini sangat ketat, dan dilakoni oleh perusahaan-perusahaan multinasional seperti Japfa dan CP. Namun demikian bila anda memiliki inovasi dalam pakan tambahan seperti suplemen agar bebek cepat besar, agar telur banyak. Maka inovasi seperti itu dapat digunakan sebagai peluang bisnis.

Poultry shop

Poultry shop adalah toko yang menjual pakan ternak, peralatan kandang, obat-obatan dan vitamin utnuk ternak. Poultry shop tidak hanya menjual pakan, obat dan peralatan tenrak bebek tapi juga menjual untuk ternak ayam, sapi, kambing, kerbau, ikan dan lainnya. poultry shop bisa dibuka di semua daerah, baik itu daerah sentra peternakan maupun bukan sentra peternakan. Sebab orang yang memelihara ternak hias seperti kelinci, burung dan ikan juga sering mencari pakan peliharaan mereka di poultry shop.
entok bebek pedaging

Itulah beberapa peluang usaha ternak bebek yang dapat saya sampaikan, jika anda memiliki tambahan silahkan hubungi author blog ini agar peluang bisnis tersebut bisa dimuat dalam postingan halaman, untuk ternak sapi bisa anda lihat di sini, dan kambing di sini http://kesehatan-ternak.blogspot.com/2013/08/peluang-usaha-kambing-etawa.html. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang ingin beternak.



Share this article :
Share on fb Tweet

1 comment:

Unknown said...

untuk beternak bebek baiknya di pegunungan/dataran tinggi atau rendah ya?