Peluang Usaha Ternak Ayam



Secara umum peluang usaha di bidang peternakan sangat banyak, selama masih ada orang yang membutuhkan asupan protein hewani maka selama itu juga usaha peternakan akan terus berkembang. Ayam merupakan penghasil daging dan telur, keduanya merupakan sumber protein hewani yang baik. Adapun peluang bisnis ternak ayam diantaranya;

  1. Budidaya ayam kampung (pedaging dan petelur)
  2. Ternak broiler
  3. Ras petelur.
1. Peluang usaha ternak ayam kampung.
Bisa dikategorikan hewan yang mudah dipelihara, mengingat budidayanya sudah ada sejak zaman dahulu kala sehingga ilmunya telah umum diketahui masyarakat secara turun temurun. Ada budaya setempat yang selalu menghadiahi pasanagn pengantin baru dengan sepasang ayam kampung dengan pesan agar hewan ternak tersebut dipelihara (dibudidayakan) hingga bisa berkembang. Dulu untuk mendapatkan ukuran 1 Kg kita membutuhkan waktu budidaya sekitar 9 – 12 bulan, tapi berkat kemajuan teknologi pakan dan genetika bisa dipanen dengan bobot 1 KG pada umur 3 –6 bulan. Varian yang cepat pertumbuhannya sering disebut ayam kampung super. mengingat harganya saat ini 1/2 dari harga darging per kilo maka sungguh usaha ini bisa dikategorikan sebagai salah satu peluang  bisnis paling menjanjikan.

sama halnya dengan peluang usaha beternak sapi, kambing dan itik, usaha mengolah hasil sampingan ternak ayam kampung juga ada, salah satunya adalah jual kotoran ayam sebagai pupuk pertanian. Kotoran ayam ini sering disebut pupuk kandang ayam, dimana harganya lebih tinggi dari pupuk dari kotoran sapi. Kotoran ayam sangat cocok sebagai pupuk dasar sebelum memulai melakukan penanaman tanaman holtikultura.

Peluang usaha pendukung untuk budidaya diantaranya:
  • Jual bibit anak ayam kampung (DOC), untuk menjalankan usaha pembibitan ini secara intensif anda akan membutuhkan mesin penetas telur. agar hasil dari usaha pembibitan dapat diperoleh masimal. Jika anda melakukan pembibitan secara konvensional maka hasilnya tentu akan sedikit dan hanya bisa dilakukan secara musiman (pada saat musim bertelur saja).
  • Jual pakan ayam, pakan ayam banyak diproduksi oleh produsen pakan besar seperti charoen pokphand, Gold coin, Japfa dan lain sebagainya. untuk menjadi suplayer atau sekedar pedagang pakan ternak anda bisa menghubungi team marketing dari perusahaan-perusahaan tersebut.
  • Jual peralatan kandang, sama halnya dengan pakan ayam peralatan kandang ayam juga diproduksi oleh perusahaan-perusahaan besar. adapun jenis peralatan yang dibutuhkan dalam usaha budidaya: tempat pakan, tempat air minum, paralon air minum dan lain sebagainya.
  • Agen atau pengumpul telur. telur ayam kampung merupakan telur mahal dan sangat dicari banyak orang, jadi bial anda menjadi agen pengumpul telur ayam bisa dipastikan produk yang anda jual akan laku.

2. Peluang Usaha budidaya Broiler.
Dapat dilakukan secara mandiri maupun secara kemitraan. Kelebihan usaha budidaya mandiri  anda dapat secara bebas menjual hasil produksi budidaya ayam tersebut dan harga juga sesuai dengan pasar, kekurangannya pemasaran tidak begitu terjamin. Kelebihan usaha ternak ayam broiler secara kemitraan hasil budidaya anda sudah mendapat jaminan harga dan jaminan pemasaran dari pihak inti. Peluang dibidang kemitraan ini terbuka di keduda sisinya, baik peluang menjadi perusahaan inti maupun menjadi plasma pada kemitraan ayam broiler. Untuk menjadi inti anda akan membutuhkan modal yang besar.

3 Peluang usaha budidaya ras petelur.
Sebaiknya dilakukan secara mandiri, mengingat permintaan akan telur selalu meningkat dari hari ke hari, selain itu jika telur tidak laku maka telur tersebut masih bisa disimpan selama  3 minggu, jadi resiko kerugian karena tidak terjual untuk ternak  petelur sangat kecil. Mungkin dalam benak kita selama ini untuk mendirikan sebuah usaha petelur dibutuhkan modal yang sangat besar, padahal tidak begitu juga kali sebab besarnya modal yang dibutuhkan bergantung pada skala usaha ternak ayam petelur yang akan anda dirikan. Jika hanya memiliki modal kecil maka silahkan buka usaha skala kecil, dan setiap hasil penjualan telur investasikan untuk meningkatkan skala usaha ternak anda.

peluang usaha ternak ayam
Itulah beberapa peluang-peluang usaha yang ada pada ternak ayam yang terlintas di pikiran saya, jika anda memiliki informasi tambahan tentang jenis peluang usaha silahkan hubungi author blog ini. Selain itu anda bisa juga menambahkan jenis agribisnis lainnya di komentar blog ini.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: