Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal



Membudidayakan ikan lele di kolam terpal hampir sama saja dengan sistem pemeliharaan lele di kolam tanah, perbedan hanya terletak pada media dan teknik pemupukan kolam lele. Kolam lele yang paling baik adalah kolam yang sesuai antara lebar kolam dengan populasi bibit lele yang ditebar. Standart kapasitas kolam lele adalah 100 ekor / m3 (1 meter panjang x 1 m lebar x 1 m tinggi air). Semua jenis lele (sangkurinag, dubo dan lainnya) dapat dipelihara di kolam terpal.


Kelebihan memelihara ikan lele di kolam terpa:

  • Terpal mudah didapatkan, dan harganya cukup murah
  • Kontaminasi dengan tanah yang tidak diketahui kualitasnya dapat dihindari.
  • Kontrol air mudah diatur baik dari segi kualitas maupun kuantitas air
  • Meminimalisir hama yang sering terdapat di permukaan tanah seperti berang-berang dan sejenis bakteri.
  • Praktis dalam pemanenan lele.


Cara membuat kolam terpal budidaya lele.
kolam terpal ikan lele
Sebelumnya kita harus membuat perencanaan terutama mengenai jumlah bibit lele yang akan kita tebar, hal ini untuk menyesuaikan luas kolam yang akan kita buat. Jangan membuat kolam ikan lele terlalu besar ataupun terlalu kecil. Setelah kita memastikan jumlah ikan lele yang akan kita pelihara kita sudah bisa membuat kolam terpal dengan perosedur berikut.

Pertama gali tanah setinggi 1,5 m dengan luas 1 m untuk 100 ekor lele. Setelah tanah tersebut digali tekan-tekan permukaan galian hingga rata, jauhkan kerikil, bebatuan dan benda keras lainnya dari permukaan galian kolam tanah. Semprot galian tanah tersebut dengan disinfektan sebagai tindakan sanitasi. Setalah disanitasi biarkan galian kolam tersebut selama tiga hari.

Pasang terpal seluaas galian yang kita buat, lebihkan terpal selebar 50 cm di setiap sisi galian. Untuk menahan terpal yang akan diisi air menjadi kolam bisa menimbunnya dengan tanah atau dipancang dengan kayu. Terpal yang digunakan adalah terpal yang dapat bertahan selama tiga bulan dalam rendaman air contohnya; terpal tenda atau terpal plastik kaca tebal.

Untuk membuat air awal kolam terpal ini ada dua cara yakni:
  1. Air awal yang mengandung banyak plankton didapatkan dari kolam khusus untuk pembuatan air plankton, caranya selain membuat galian untuk kolam terpal kita juga membuat satu kolam tanah khusus untuk membuat air yang mengandung banyak plankton dengan cara pemupukan. Adapun langkah-langkahnya: buat galian kolam dari tanah seluas yang diperlukan, isi kolam tersebut dengan kompos sapid an biarkan selama 3 hari. Selanjutnya isi kolam tersebut dengan air bersih (jangan air PDAM) dan biarkan kurang lebih selama seminggu hingga air berubah menjadi kehijauan (artinya duah banyak plankton untuk pakan ikan lele nantinya). Air inilah yang dikuras dan dipindahkan ke kolam terpal.
  2. Cara kedua, membuat air plankton langsung di kolam terpal ikan lele. Caranya setelah terpal dipasang isi dengan kompos sapi (feces sapi), biarkan selama 3 hari, selanjutnya isi air bersih. Biarkan selama seminggu baru dimasukkan bibit lele.

Dari kedua cara pemupukan diatas maka untuk ikan lele cara yang paling baik adalah cara pertama yakni melakukan pemupukan air di kolam terpisah. Hal ini mungkin karena plankton hanya baik untuk konsumsi bibit ikan lele, sedangkan untuk lele yang sudah besar lebih baik menggunakan pakan pelet. Memberi atap pada kolam ikan lele sangat dianjurkan, hal ini untuk menghindari kontaminasi air hujan yang tidak baik untuk pertumbuhan ikan lele karena air hujan mengandung asam.



Share this article :
Share on fb Tweet

56 comments:

Eko edy w said...

mas kolamnya dibersihkan atau tidak?

Singarimbun said...

ia dibersihkan mas...

Unknown said...

Mas..aku melihara lele yang ukurannya 5cm dan aku ngasih makan pelet,,kolam yang dipake sekarang bekas kolam ikan mujair..tapi kenapa ikanyya padamati ya ?
apa gak boleh ikan 5cm dikasih pelet ?

Singarimbun said...

@Chandra Maudears: benih lele memang rentang terhadap lingkungan barunya mas. memang sebaiknya untuk lele 5 cm biarkan saja mengkonsumsi pakan alami yang terapat di kolam (plangton). sepertinya bukan peletlah yang mengakibatkan kematian pada bibit lele di kolamnya mas.

Pengelana said...

mas bukannya di dalam kotoran sapi terdapat amoniak yah? apa itu tidak berpengaruh terhadap ikan yang akan kita masukkan? mohon pencerahannya mas...

Singarimbun said...

@birned satriadi: bettul mas.. untuk itu maka setelah menabur kotoran sapi atau ayam tidak boleh langsung diisi dengan air, tapi biarkan terlebih dahulu amoniak menguap minimal 3 hari baru kolam terpal tersebut diisi dengan air mas..

shineteguh said...

mas boleh tanya tentang cara bersihin air kolam lelenya ?
apa di sedot pake selang atau hanya di timba kaya disumur gitu mas ?
trus pas bersihin kolam airnya di bersihin sampai benig atau gmn mas ?
mohon pencerahannya .

Singarimbun said...

@shineteguh: pertanyaannya menarik mas.. sebenarnya penggantian air di kolam terpal (untuk ikan lele) sebaiknya perlu dilakukan jika:
PH air diatas 8,5 atau dibawah 6,5
Suhu air sudah diatas 30 drajat celcius atau dibawah 25 drajat.
kejernihan air berdasarkan jarak pandang sudah kurang dari 25 cm (artinya jika kita telapak tangan sejauh 25 cm maka telapak tangan kita tidak kelihatan lagi/ ikan lele di jarak tersebut tidak kelihatan lagi)

mengganti air tidak harus sampai jernih, cukup stabilkan ketiga hal diatas mas, jika tidak ada alat ukur ph dan suhu cukuplah kejernihan jarak pandang saja.

andi said...

mampir dan numpang tanya mas.

Bolehkah kita membuat kolam lele di ruangan tertutup ? misal di ruang belakang rumah atau di dalam gudang

terima kasih atas jawaban nya

Singarimbun said...

@andi: boleh aja kok mas, gak ada masalah dengan pertumbuhan lele.

Unknown said...

kenapa ukuran ikan lele yg dikonsumsi masyarakat sangat kecil sekali?

Singarimbun said...

@มลกานต์ แก้วสะเร: dibandingkan dengan ikan lele yang mana nih mas? masyarakat memang cenderung lebih memilih lele yang kecil untuk konsumsi. hal ini karena jika mereka memilih yang kecil maka jumlahnya bisa banyak.

Unknown said...

mas kalu buat kolam pake terpal apa kita harus gali dulu ya..klu gak di gali bisa gak mas..

Unknown said...

bibit ikan lele yang baik seperti apa mas..

Unknown said...

Pak,apa harus kolamnya pakai atap soalnya sy lht di internet tak ada yg pakai ayap,mhn penjelasan,bjr

Singarimbun said...

@Terang Tarigan: Adi harus mungkin labo harus, tapi perlu pal.. sebab kandungan lau udan kadang-kadang mengandung asam si la cocok man pertumbuhen cibakut (terutama anak/ bibit).. bjr

Singarimbun said...

@erwin black: gak harus digali kok mas, pakai keranjang bambu juga bisa sebagai alas. ciri-ciri bibit lele yang baik coba lihat di arsip mas..

Unknown said...

gimana langkah2 cara mengganti air yg baik dan benar mas? perlukah filter kolam?

nah terus kan kita harus pisahkan kolam ikan lele berdasarkan umurnya ya? kisaran umur lele brp aja yg harus dipisahkan kolamnya?

Singarimbun said...

@rizki mf: mengganti air dilakukan jika air kolam lele sudah tidak standar lagi mas. jika ada filter maka penggantian air akan lebih mudah.

sebaiknya satu kolam lele dipesah berdasarkan umur yang sama, atau bisa juga dipisah berdasarkan ukuran bibit yang di beli.

Anonymous said...

assalamualaikum mas..

saya mw nanya ni
saya pnya halaman belakang rumah tapi udah semen smua mas

rencana saya pengen budidaya lele lewat drum

kalauu untuk air dirumah saya cman ada air hujan sama air PDAM mas

bagaimana solusinya ya agar kalau saya mengganti airnya lancar
mohon pencerahannya mas

terima kasih

Singarimbun said...

@ bambangharianto0404:
Waalaikum salam mas..
Sebenarnya budidaya lele dengan menggunakan air PDAM tetap bisa dilakukan dengan hasil panen lele yang baik.

Kasus air PDAM mengganggu pertumbuhan ikan lele tidak ditemukan di semua daerah (hanya ditemukan di Kota besar yang kadar khlor dan kaporit airnya tinggi)

Solusi untuk penggunaan air PDAM ini bisa dengan menambahkan tumbuhan air ke dalam kolam lele seperti enceng gondok atau sejenisnya. atau bisa juga dengan megendapkan air terlebih dahulu selama 2 - 3 hari baru masukkan ke kolam ikan lele. solusi lainnya beli filter khusus untuk kolam ikan mas.

Anonymous said...

oke mas terima kasih banyak atas ilmunya
semoga makin sukses mas
amiin

Rizky Maulid said...

Terima kasih banyak atas ilmunya mas. Sangat inspiratif. Saya numpang nanya. Saya kan gak punya lahan/tanah lapang, jadi saya pikir saya berencana buat kolam terpalnya di atas rumah saya (rumah saya dicor). Apakah hal tersebut memungkinkan untuk dijadikan kolam terpal? Terima kasih

nganubanget said...

gan mau tanya gimana gan caranya

P Singarimbun said...

@Rizky Nursidik: Kalau di cor lebih bagus lagi gan, gak pakai terpal juga udah bagus.. adanya terpal mungkin hanya akan memudahkan proses panen lele nantinya

P Singarimbun said...

@nganubange: mau tanya cara apanya mas.. mengenai lele kah mas?

Coretanku said...

Gan,ane minta solusi ,klau air kondisi bersih dksih sjenis obat pemacu plankton,apkah ada efeknya pada air?
Thaks

Singarimbun said...

@Coretanku: tetap berpengaruh gan, sebab pada dasarnya dalam semua air selalu ada plankton. Apalagi di kolam tanah gan

Unknown said...

Mas,sy minta petunjuk. Bagaimana cara yang baik menghasilkan plangton dari kotoran kambing/sapi didalam kolam terpal ? Lalu bagaiman langkah awal menghasilkan planton ? Tks

P Singarimbun said...

@tri mawarti: lakukan pemupukan pada kolam terpisah mbak, agar terpal tidak mudah rusak. seperti pada artikel diatas. Pemupukan langsung di kolam terpal lele resikonya terpal mudah lapuk.

Pada dasarnya air yang belum dimasak mengandung plankton dan sejenisnya. Untuk memperbanyak jumlah plankton tersebut kita lakukan pemupukan (dengan kotoran ternak).

Unknown said...

Mas bro numpang tanya nih,,,
gwe kan kgak pernah ke pasar
harga ikan lele dipasaran itu brp yah?

Aron Kristian Wijaya said...

gan bubdidaya lele di akuarium boleh nda?
terus katanya ada bibit yang bisa memperpendek waktu panen lele ya gan?
itu apa ya?
saya lihat di buku semakin pendek waktu panen lele maka makin untung kita.

Singarimbun said...

@Aron Kristian Wijaya: Boleh gan, hanya saja aquarium kapasitasnya kecil.
untuk memperpendek masa panen beli bibit lele ukuran besar gan.
Betul sekali gan, biaya terbesar budidaya ternak ikan lele terletak di biaya pakan, semakin pendek masa pemeliharaan semakin sedikit pakan yang harus dibeli gan.

Unknown said...

Assalamualaikum mas bro...mau tanya, idealnya kalau kolam terpalnya sempit taruhlah panjangnya kolam 4 m lebar 0,5 m tinggi ya sepaha orang dewasa kira kira airnya nanti seberapa ya tinggi airnya dan wadah kolam segitu idealnya berapa ekor lele harus saya isi trimakasih sblmnya...assalamualaikum

Unknown said...

Cara memilih bibit yg baik untuk pembesaran kira2 yg ukurannya gmn mas?

way said...

to mori dalpari
tergantung ukuranya mas.untuk ukuran sedang sekitar 8 s.d 10 ekor jadi kalau seratus panenya bisa 10 sampai 15 kg kalau harganya tiap daerah berbeda kalau di jawa bisa 6000/kg kalau ditempat saya sumbar bisa 12000/kg

Unknown said...

assalamu'alaikum mas..
saya punya kolam terpal ukuran 2m x 1,5m, dh terlanjur saya isi air dan bbrp helai daun pepaya (rekomendasi dr teman), apakah harus saya kasih compos ? caranya bagaimana ? dan kapan waktu yg pas untuk memasukkan bibit ?
terima kasih

Singarimbun said...

Sebaiknya jangan kasih kompos pada kolam yang berisi benih mas.. kalaupun ingin meningkatkan jumlah plankton sebaiknya rendam sedikit kompos di tempat lain setelah 5 hari ablil air rendaman tersebut dan masukkan ke kolam terpal.

arjuna said...

Masa panen berapa lama nya gan ?

arjuna said...

Brpa lama pemeliharaan ikan sampe panen ?
Mohon info nya gan. Makasih

satriadwikusuma said...

Gan, resiko di bisnis ini kira2 apa sih yg paling brpengaruh? Dan persentase berhasilnya besar ga sih?

satriadwikusuma said...

Gan, kira2 resiko yg paling brpengaruh dibisnis ini apa sih? Dan persentase berhasilnya besar ga?

Unknown said...

Jual bibit lele sangkuriang, pakan, dan obat2an serta segala kebutuhan untuk beternak lele. Lokasi purworejo jawa tengah. Info lengkap sms 081391850791

Unknown said...

MAs bagaimana klo kolam nya dibikin dinding semen truz dilapisi terpal,jadi gak harus gali tanah,apakah bagus jg buat pertumbuhan ikannya?sblumnya trimaksh mas.

Unknown said...

mas bro mau tnya? Utk pakan tiap ukuran/umur itu berbeda? Ke 2, kira2 brp bulan bsa siap panen. Mksh mas bro.

Unknown said...

mas saya mau nanya, dengan harapan untuk menghemat tempat kolam terpal kalo dibuat bertingkat bagamana ? dan pa saja yang harus diperhatikan " mohon Tips-nya "

cha_em cmnty said...

apakah bisa ternak lele d akurium ?

Singarimbun said...

@ Muhammad Arifin: Cara itu bahkan lebih bagus daripada terpal di galian tanah mas..

@frans doedoe: idealnya sih begitu mas.. tapi untuk praktisnya hal itu jarang diperhatikan.

@Iskandar Cilacap: hal seperti itu belum pernah saya coba dan lihat mas.. tapi kalau dianalisa sepertinya itu bisa dilakukan.

@cha_em cmnty: bisa mas.. dan sesuaikan dengan kapasitas aquariumnya saja

DEDEN said...

sy sebetulnya tertarik bgt, tp dari mana sy bisa dapatkan kotoran sapinya, apakah ada yang jual? Maklum msh awam, mhn infonya....trims :)

arumfauziyah said...

terima kasih atas ilmunya, informasinya sangat berguna

Singarimbun said...

@DEDEN IRAWAN: kotoran sapi dijual di toko pupuk pertanian juga kok mas...

Unknown said...

Salam uda Priganti Singaribun
mau tanya bagai mana kalu kolamnya diisi air sungai tp sdh psti tidang bening dan saya tdk punya alat ukur PH.
Trus lsung msuk kekolam tnpa di endap dg hari yg sama lsung masuk bibit lelenya.
Mohon pencerhan,
awak trmo ksih sblmnya

Singarimbun said...

@Wendy Fernando: coba lihat kebiasaan peternak lele di daerah wendy.

pada umumnya air sungai cocok untuk air ikan termasuk untuk bibit.

Syauqi Ancients said...

Om mau nanya, kalo kolam semennya sudah terlanjur di isi lele, bagaiaman cara melakukan pengomposan dan meningkatkan jumlah planktonnya, mohonya pencerahannya yah om... thanks...

Singarimbun said...

@Syauqi Ancients: pengomposan juga bisa dilakukan di kolam lain gan.. atau bisa juga ambil air kolam orang lain yang telah dipupuk.

Unknown said...

siapa yang punya kolam dan masih bagus kualitasnya permanan ukuran 15x13m minimal 2 lahan dan yang mau disewakan hubungin saya aja 085641225249.
klo harga sewanya cocok dan keamamannya terjamin saya ambil.