Tuesday, February 19, 2013

Proposal Bantuan Ternak Sapi Potong Dan Perah

Sejalan dengan program pemerintah tentang swasembada daging sapi 2014 maka banyak sekali program bantuan ternak yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui Kementrian Pertanian khusunya Dirjen Peternakan. Diantara program-program tersebut ada yang langsung dikelola oleh masyarakat dan ada yang membutuhkan Sarjana Peternakan sebagai pendamping. Beberapa contoh bantuan ternak sapi sebagai berikut; SMD (sarjana membangun desa), SM3 dan lain-lain.

Secara umum proses pengajuan proposal bantuan sapi potong atau perah adalah sebagai berikut:
1. Membangun kelompok, atau mengorganisir kelompok yang sudah ada
2. musyawarah anggota tentang arah bantuan yang akan diajukan
3. membuat proposal
4. lonsultasikan proposal dengan petugas penyuluh setempat
5. ajukan proposal setelah ditanda tangani oleh kelompok, lurah dan petugas penyuluh lapangan.

Adapun syarat-syarat yang harus dilampirkan beserta proposal adalah:
1. ADART (Anggaran Dasar Rumah Tangga ) dari kelompok ternak.
2. Profil kelompok dan potensi wilayah
3. Nama-nama anggota kelompok beserta tanda tangan.
4. Melampirkan RUK (Rencana Usaha Kegiatan)

Adapun format proposl yang biasa dibuat adalah:
  1. Bab I Pendahuluan, yang berisi latar belakang yakni hal-hal yang melatar belakangi kelompok ternak mengajukan permohonan bantuan, Tujuan program yang dimaksud disini adalah tujuan dari kelompok dalam mengajukan bantuan, sasaran yang ingin dicapai oleh kelompok ternak, geografis daerah.
  2. Bab II dalam proposal bantuan sapi adalah; Gambaran umum program, potensi yang dimiliki kelompok dan wilayah kelompok ternak.
  3. Bab III dalam proposal pengajuan bantuan peternakan berisi tentang; Perencanaan umum, Perencaranaan strategis, perencanaan taktis, perkandangan, pemberian pakan, manajemen yang diterapkan, recording, pemasaran, pengelolaan limbah dan pengendalian penyakit.
  4. Bab IV dalam proposal peternakan sebaiknya diisi dengan angaran biaya dan perencanaan secara time schedule.
  5. Bab V adalah penutup dan diisi dengan kesimpulan tentang keseluruhan proposal yang akan diajukan ke dinas peternakan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengajukan proposal peternakan adalah, jangan pernah mengajukan proposal bantuan peternakan ke dinas peternakan jika tidak ada program yang mereka tawarkan. Jangan menjanjikan apapun ke petugas peternakan apabila proposal diterima, sebab itu sama dengan korupsi dan akan diselidiki oleh KPK. Proposal sebaiknya diketik komputer agar lebih rapi dan mudah dibaca. Jangan memberikan tip atau uang kepada petugas peternakan ketika memasukkan proposal pengajuan bantuan, ingat prinsip bantuan itu bukan memberi tapi meminta tolong.

Selengkapnya contoh proposal peternakan yang bisa anda edit sesuai dengan kebutuhan perencanaan bantuan peternakan bagi kelompok anda silahkan anda download di link dibawah ini, kami sediakan dalam ms word sehingga mudah untuk dimodifikasi sesuai dengan program bantuan sapi yang sedang diadakan di daerah anda.

download proposal bantuan sapi doc


Related Post



Tulisan di blog ini dapat anda sebar luaskan melalui media apapun, dengan syarat mencantumkan alamat halaman artikel di blog peternakan ini sebagai sumber.