Pertimbangan bahan untuk kandang ternak kenari



Ternak kenari tergolong kedalam ternak hias, harga seekor burung kenari tidak bisa dipatok berdasarkan harga kiloan, memang begitulah sifat ternak hias, mereka memiliki acuan harga cukup aneh, sangat bergantung pada minat dan selera. Kalau anda bertanya berapa saya akan menghargai seekor burung kenari maka saya akan menjawab samakan saja harganya denga harga seekor ayam broiler, wajar saja karena saya tidak hobi memeliharanya, namun bila anda bertanya berapa harga seekor perkutut, maka saya akan menjawab minimal Rp 45.000 itu karena saya cukup memahami perkutut. Jadi harga untuk ternak hias memang sangat relatif.

Kenari adalah sejenis burung yang asalnya dari hutan tropis, makanannya adalah biji-bijian, untuk merancang sebuah kandang yang baik perhatikan tentang jenis bahan, ukuran, dan bentuk. Memilih bahan harus jeli, terutama bila kita ingin membuat kandang logam. Ada beberapa jenis logam kurang baik digunakan sebagai sangkar, diantara logam-logam kurang baik dijadikan sebagai kandang adalah:

Kuningan atau tembaga + seng
Kuningan dan seng dapat menyebabkan keracunan pada hewan peliharaan. Bila ada kuningan pada kandang burung berukuran kecil mungkin tidak akan ada masalah karena mereka tidak akan mampu mematuk logan sampai terkelupas. Kunigan ini akan berbahaya untuk burung besar berparuh kuat seperti pelatuk, elang, love bird dll.

Timah
Timah memang sudah dikenal sebagai salah satu logam yang dapat mengganggu kesehatan hewan, selain itu timah memiliki sifat lunak sehingga mudah dipatuk dan ditelan burung, untuk itu hindari kandang terbuat dari bahan timah.

Tembaga (cuprum) / Cu
Tembaga dengan lambang unsurnya Cu dapat meracuni hewan ternak terutama bila tembaga tersebut sering dalam keadaan basah atau lembab, anda mungkin pernah menggunakan cincin tembaga dimana cincin tersebut dapat berubah kehijauan, menyebabkan alergi pada tangan. Kondisi demikian berbahaya bagi kesehatan burung kenari.

Seng (zink) Zn
Hindarilah pemakaian seng pada sangkar terutama di bagian yang dapat dijangkau dengan patukan, sebab seng ini cukup berbahaya, ada baiknya perhatikan bahan pembuat paku, pengait serta tempat pakan/ minuman burung dalam kandang, usahakan peralatan tersebut bukan seng.

Contoh kandang burung

sangkar kayu bundar bulat

sangkar kayu persegi

sangkar persegi
Lihat dengan ukuran pixel besar pada sumber gambar: http://www.publicdomainpictures.net/hledej.php?hleda=cage&x=0&y=0

Beberapa logam dinyatak anaman untuk burung adalah besi, baja dan stailesteel. Mungkin inilah sebabnya sejak dulu kebanyakan kandang dibuat dari bambu, kayu atau rotan. Sebab kayu, rotan dan bambu sifatnya sangat aman untuk ternak hias. Selain itu kita bisa mendapatkannya dengan mudah, harga kandang atau sangkar burung berbahan kayu juga lebih murah daripada berbahan logam. Perawatan untuk sangkar kayu juga cenderung lebih mudah



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: