Penyakit kulit pada puyuh


Penyebab umum penyakit kulit pada burung puyuh adalah parasit eksternal. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa parasit pada unggas (ayam, itik, puyuh, angsa, kalkun dan burung lainnya) ada dua jenis yakni internal dan eksternal. Parasit internal terdiri dari berbagai jenis cacing, dan parasit eksternal terdiri dari jenis; kutu, tungau, dan caplak. Kali ini kita akan membahas cara penanganan penyakit kulit pada puyuh akibat parasit eksternal ini.

Penyakit puyuh karena kutu
Kutu sering ditemukan dibawah bulu puyuh, seperti di bawah sayap, bulu dada, dan laiinya. Kutu ini akan menghisap darah puyuh. Kutu dalam jumlah kecil mungkin tidak terlalu membahayakan, tapi dalam jumlah besar pastinya secara langsung akan menurunkan produksi pada budidaya burung ini. telur-telur kutu umumnya dapat di lihat di sekitar pangkal bulu. Kutu puyuh dapat dibasmi dengan pemberian anti parasit eksternal berupa bedak powder. Obat ini dijual di seluruh toko obat hewan secara cukup bebas, mengenai cara pemberian bisa di baca di brosur atau tanyakan pada petugas kesehatan ternak di daerah anda.

Penyakit puyuh karena tungau
Pada dasarnya kutu dan tungau memiliki kesamaan dalam merugikan peternak puyuh, dimana kedua parasit ini sama-sama menghisap darah dan menurunkan produksi (telur dan daging). Tungau pada kaki puyuh akan menyababkan kudis dan dapat mulumpuhkan. Secara umum tungau akan menyebabkan anemia pada unggas. Tungau dapat dibasmi dengan bedak anti tungau dan parasit eksternal. Biasanya bedak kutu unggas juga dapat membasmi tungau dengan baik.

Penyakit puyuh karena caplak
Caplak bukan hanya menyerang sapi dan domba, tapi dapat juga menyerang semua jenis burung seperti puyuh dan ayam. Di lapangan kita bisa menemukan kasus puyuh yang terserang caplak. Umumnya caplak akan menyerang kulit dibawah ketiak (pangkal sayap) burung puyuh. Caplak ini akan mengakibatkan adanya bercak prndarahan disekitar lokasi yang diserang. Karena ukurannya lebih besar dari kutu peternak biasanya dapat mengambil dan membuangnya. Caplak sering ditemukan pada puyuh yang dipelihara pada kandang litter. Caplak juga dapat dibasmi sekaligus dengan kutu dan tungau menggunakan powder anti parasit eksternal.

Jika parasit telah menyabar ke semua puyuh dalam kandang maka penanganannya dapat dilakukan dengan pengasapan atau penyemprotan anti parasit eksternal. Dalam hal ini digunakan bahan kimia sejenis sodium florida. Untuk melakukan ini sebaiknya hubungi petugas kesehatan ternak di daerah anda. Itulah beberapa jenis parasit eksternal yang sering menyerang burung puyuh, semoga dengan penjelasan singkat ini kita dapat memahami cara terbaik penanganan penyakit pada puyuh.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+