Pentingnya Vaksinasi Pada Hewan Peliharaan



Semua daerah di Indonesia memiliki program vaksinasi hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing. Biasanya kegiatan ini disebut dengan bulan vaksinasi, dimana semua hewan peliharaan akan diimunkan terhadap rabies. Di daerah saya biasanya dilakukan pada bulan Jauari dan Juli ( 2 kali setahun), karena masa aktif vaksin milik dinas peternakan hanya 6 bulan.

Kesadaran masyarakat kita terhadap kegiatan ini perlu ditingkatkan, mengingat populasi hewan peliharaan yang begitu banyak. Selain itu kasus kematian hewan peliharaan dan manusia akibat rabies masih sering terjadi. Sebagai pemilik anjing atau kucing sudah seharusnya kita sadar bahwa kita hidup berdampingan dengan sumber penyakit rabies.

Hilangkan anggapan bahwa anjing rumahan tidak bisa terkena rabies, peluang terinfeksi tetap ada. Walaupun hewan peliharaan kita di kurung dalam kandang atau rumah, tetap saja harus divaksinasi. Mungkin dengan diikat atau dikurung dalam rumah peluang kasus gigitan terhadap orang lain bisa berkurang. Tapi sadarkah anda, bahwa anda sendiri sebagai pemilik juga berpeluang terkena gigitan? Itulah sebab mengapa vaksinasi hewan peliharaan sangat penting.

Biaya vaksinasi kucing, anjing dan hewan primata murah kok, bahkan ada dinas peternakan daerah tertentu yang memberikannya secara gratis. Walaupun berbayar tidak akan lebih dari Rp. 10.000/ ekor. Pastinya kita mampu membayar biaya tersebut, sedangkan untuk makana kucing kalengan yang harganya 20 ribuan saja kita mampu membelinya setiap hari.

Anggapan bahwa vaksinasi rabies dapat menyebabkan anjing/ kucing terkena scabies adalah keliru. Sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara vaksinasi dengan koreng. Penyebab koreng adalah parasit berupa kutu-kutu halus yang menempel pada kulit.

Sering sekali ada keluhan, pasca vaksinasi (2 atau 3 minggu) anjing menjadi korengan, pada dasarnya penyakit kulit tersebut bukan efek samping dari vaksin rabies. Hanya saja 1 - 2 hari setelah divaksin, kondisi tubuh hewan peliharaan akan melemah (sama halnya dengan kegiatan imunisasi bayi). Melemahnya daya tahan tubuh ini menyebabkan anjing mudah terserang parasit penyebab scabies. Sebenarnya solusinya mudah saja, yakni; setiap kali divaksin, beri hewan peliharaan makanan yang bergizi dan mintalah petugas kesehatan hewan menyuntikkan anti parasit juga.
vaksinasi rabies pada anjing dan kucing

Kesimpulannya; vaksinasi itu penting untuk kita sebagai pemilik hewan peliharaan juga untuk masyarakat di lingkungan kita. Mari bebaskan Indonesia dari rabies.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: