Menghilangkan Kurap Pada Anjing



Hewan Piaraan (anjing) anda kurapan? Pelajari penyebabnya sehingga lebih mudah untuk mengobati serta mencegahnya timbul kembali. Pada dasarnya penyebab dari kurap (scabies) adalah parasit sejenis kutu-kutu kecil (bahkan kasat mata) yang menempel pada kulit anjing. Anjing yang cacingan juga akan mudah terserang oleh penyakit kurap ini. Untuk menyembuhkan kurap ini anda perlu membawa anjing anda ke dokter hewan atau petugas kesehatan hewan di daerah anda. Mereka akan menyuntik anjing anda dengan Ivomec atau sejenisnya.


mengobati kurap pada anjing kucing

Apakah kita bisa menyuntik anjing kita sendiri dengan ivomec ini? sebenarnya secara aturan penggunaan obat hewan kita yang bukan dokter hewan atau petugas kesehatan hewan tidak dibenarkan melakukan injeksi pada hewan peliharaan. Namun karena obat ini banyak dijual bebas banyak juga orang yang menyuntik anjing mereka sendiri yang terkena kurap (scabies) ini.

Pencegahan kurap pada anjing:

  • 1.       Bersihkan semua kawasan halaman anda dengan disinfektan
  • 2.       Cuci kandang anjing dengan detergen dan semprot dengan disinfektan
  • 3.       Beri anjing anda obat cacing secara rutin, pemberian obat cacing anjing bisa dicampurkan dengan makanannya.
  • 4.       Jangan lupa untuk vaksinasi anjing secara rutin (vaksin rabies)

Cara mengobati kurap pada anjing (scabies), secara umum tindakan medic veteriner yang paling ampuh untuk mengatasi atau menyembuhkan penyakit ini adalah dengan pemberian wormectin (merek dagang) atau ivomec. Dosis pemberian pada anjing yakni sekitar 1 cc / 10 kg berat badan.  Pengobatan dilakuakn secara injeksi IM (intra muscular) atau dibawah kulit. Jika sulit melakukannya ijeksi juga bisa dilakukan secara subcutan.

Pada saat pegobatan (penyuntikan) sebaiknya minimal dilakukan oleh 2 orang, satu orang yang memegangi anjing dan satu orang yang menyuntik. Area paling mudah untuk disuntik pada anjing terletak pada bagian sekitar paha. Sangat dianjurkan pengobatan kurap anjing ini dilakukan oleh dokter hewan atau petugas kesehatan hewan di daerah anda. Bagi anda yang kesulitan untuk mendapatkan obat kurap anjing ini silahkan hubungi saya melalui contact di blog ini.


Berdasarkan pengalaman, pada pengobatan beberapa ekor anjing di daerah saya yang terkena kurap akut semuanya dapat disembuhkan. Dua minggu setelah penyuntikan bulu anjing akan terlihat rontok, namun kurapnya mulai mongering dan hilang. Bulu yang rontok ini nantinya akan digantikan bulu baru yang lebih bersih dan bagus. Tidak pernah ada keluhan dari pemilik anjing setelah dilakukan pengobatan secara injeksi ini. Selain dapat mengobati parasite eksternal (kutu, tungau dan lainnya), wormectin juga dapat membasmi parasite internal (semua jenis cacing), sehingga setelah pengobatan anjing atau hewan piaraan lainnya akan terlihat lebih sehat dan bertambah gemuk. Juga dapat digunakan untuk sapi, kambing dan kucing. 



Share this article :
Share on fb Tweet

No comments: