Model Kandang Bebek Di BBPP Batu



Suatu hari saya pernah ikut pelatihan di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) di Batu Malang Jawa Timur. Di sini bisa dilihat kandang bebek, ayam kampung, kambing dan sapi yang ideal (menurut saya). Saya katakan ideal karena modelnya tentu saja berdasarkan hasil penelitian dan uji coba. Pada kesempatan ini saya ingin mendeskripsikan kandang bebek yang ada di sana.

Luas kandang bebek di BBPP sekitar 10 x 5 m (perkiraan saya), dipagari dengan jaring kawat setinggi 2 meter. Di tengahnya terdapa kolam sekitas 10 5 dari luas kandang berguna untuk tempat bebek berenang. Di pinggir kandang dibangun atap setinggi 1 m, dan dibuatkan panggung (model bangku) setinggi 40 cm, mungkin ini berguna untuk bebek berteduh ketika hujan dan tidur di malam hari. 

Sistem pemeliharaan bebek yang diterapkan full kandang, artinya selamanya berada di dalam kandang tanpa diangon (dikeluarkan). Hal ini untuk menghindari hilangnya telur bebek, kita tahu bahwa bebek berbeda dengan ayam dalam hal bertelur, mereka suka bertelur dimana saja sedangkan ayam hanya mau bertelur di satu tempat tertentu saja. Salah satu kelemahan budidaya bebek petelur sistem angon adalah hilangnya telur.

Efisiensi kerja sangat diterapkan dalam kandang bebek tersebut, pemberian pakan hanya dilakukan 2 kali sehari di pagi dan sore hari. Telur biasanya akan berserakan di kandang, dipanen di pagi hari sambil membersihkan kandang. Pakan yang digunakan berupa pur (pelet) khusus untuk itik. Pakan ini banyak tersedia di poultry shop.

Kandang yang saya deskripsikan ini bisa dipakai untuk grower dan layer. Sedangkan untuk DOD kandang model ini tidak bisa diterapkan, karena anak bebek sama saja seperti DOC (anak ayam), membutuhkan penghangat. Lagipula di blog ini saya pernah menyarankan bagi kita semua yang ingin mencoba usaha ternak bebek lebih baik membeli layer grower (dara) atau grower (pertumbuhan) saja daripada membeli DOD (anak itik), karena perawatannya jauh lebih mudah dan daya tahan terhadap lingkungan / penyakit jauh lebih baik.

Itulah deskripsi model kandang bebek yang ada di BBPP batu sketsa gambarnya bisa dilihat di sini.



Share this article :
Share on fb Tweet

No comments: