Kemitraan Ayam Potong (Broiler) Lebih Menguntungkan



Kendala utama dalam budidaya ternak ayam potong ada pada sistem pemasaran. Jika kita memelihara ayam broiler tentu saja jumlahnya minimal 100 ekor (standard isi 1 box DOC broiler). Hewan ternak ini tumbuh begitu pesat, pertambahan berat badan sangat cepat. Umur 30 hari berat badan seekor ayam broiler dapat mencapai 1 Kg lebih (siap dipasarkan). Jika pertumbuhan merata dan tingkat mortalitas 0% maka dari DOC 1 box anda harus menjual 100 ekor sekaligus pada masa panen. Bagaimana jika pemasarannya tidak ada sistem yang pasti, atau tanpa pelanggan? tentu saja anda akan kerepotan untuk menjual ayam tersebut sekaligus dalam sehari.

Perlu diingat bahwa biaya paling besar dalam budidaya broiler terletak pada biaya pakan, jika sehari saja anda terlambat dalam pemasaran maka harus mengeluarkan biaya pakan yang cukup besar. Oleh karena itulah hadir sistem kemitraan ayam potong. Dimana pada sistem kemitraan ini sistem pemasaran menjadi lebih terjamin karena dikelola dengan baik oleh pihak Inti. 

Dalam sistem kemitraan ada yang disebut sebagai inti (perusahaan inti); berkewajiban sebagai penyuplai DOC, pakan, dan obat-obatan ternak. Selain itu mereka juga menyediakan technical service untuk mendapingi peternak dalam membudidayakan ayam broiler serta menjamin pemasaran hasil budidaya. Sebagai peternak kita disebut sebagai plasma, adapun kewajiban plasma dalam kemitraan ayam broiler; menyediakan lahan, kandang dan memelihara ternak sesuai dengan petunjuk sistem budidaya ayam potong yang ditetapkan pihak inti. 

Saya mengatakan bahwa budidaya ayam broiler dengan sistem kemitraan ini lebih menguntungkan daripada kita melaksanakan usaha budidaya secara mandiri adalah karena:
  1. Sistem pemasaran lebih terjamin dengan harga kontrak
  2. Pemeliharaan menjadi lebih mudah karena kita didampingi oleh ahli yang dikirim pihak perusahaan inti dalam melakukan kegiatan budidaya.
  3. Harga panen broiler lebih stabil karena harga yang berlaku adalah harga kontrak.
Itulah keuntungan utama melakukan usaha budidaya ternak dengan sistem kemitraan. Jika kita melakukannya secara mandiri tentu saja pemasaran sangat bergantung pada banyaknya relasi yang kita miliki di pasar. Harga tergantung pada harga pasar, jika harga lagi naik kita bisa untung besar namun jika harga ayam lagi turun maka kita juga bisa rugi besar. 

Syarat kemitraan ayam broiler

Saat ini ada banyak perusahaan inti untuk budidaya ayam broiler, syarat untuk menjadi plasma sebuah kemitraan cukup beragam. Untuk menjadi gambaran, salah satu kemitraan ayam potong di daerah saya menetapkan syarat sebagai berikut:
  1. Plasma harus memiliki luas lahan dan kandang untuk budidaya broiler kapasitas 5000 ekor (minimal)
  2. Lokasi kandang dapat dijangkau dengan kendaraan roda 4
  3. Mengurus perijinan usaha peternakan sendiri
  4. Menandatangani kontrak.
ayam broiler

Dari gambaran diatas saya yakin anda sudah memahami garis besar tentang usaha budidaya ternak broiler. Jika anda memiliki pertanyaan tentang kemitraan dan ingin berdiskusi sebelum mulai terjun ke investasi ayam potong ini silahkan hubungi kami melalui contact, atau bisa juga melalui form komentar halaman ini. 



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

20 komentar:

Mofean's Blog mengatakan...

kira2 dibutuhkan luas tanah berapa untuk bertenak kurang lebih 5000ekor. dan berapa biaya yang diperlukan untuk membuat kandang tersebut.

P Singarimbun mengatakan...

Untuk ayam broiler idealnya 7 ekor / M2 pak

hendra wahyudi mengatakan...

mohon info, bagaimana cara jadi mitra?

P Singarimbun mengatakan...

Cara menjadi mitra (plasma) pada usaha kemitraa ayam potong cukup mudah mas hendra.. coba datangi perusahaan kemitraan ayam broiler terdekat di daerahnya. Di sana info menjadi plasma sangat lengkap. Beda perusahaan akan berbeda pula syarat dan ketentuan untuk bergabung, namun intinya kita sebagai plasma harus memiliki kandang dan akses menuju kandang yang kita bangun cukup mudah, untuk anak perusahaan pokphan kalau tidak slah mereka menetapkan populasi minimal 5000 ekor per kandang

boni setyo mengatakan...

klo utk kemitraan di kota malang jawa timur dimana ya pak? mohon infonya thx

Unknown mengatakan...

Kira kira untuk modal pembuatan kandang untuk 5000 ekor itu berapaan ya mas

P Singarimbun mengatakan...

Untuk Kondisi sekarang ini biaya pembuatan kandang untuk 5000 ekor ayam sekitar 80 jutaan mas..

P Singarimbun mengatakan...

Daftar perushaan kemitran ayam broiler setempat ada di lengkap di Dinas Peternakan mas, coba datangi disnak Kota Malang.

alawiassagaf mengatakan...

Tolong mas tuk jabar cara beli ayam onlinnya bgaimna

Mofean's Blog mengatakan...

Ini saya mau mulai membangun kandang, ada list kemitraan yang bisa di hubungi untuk kerjasama. Daerah Bojonegoro, Jawa Timur.

rudi mengatakan...

Biaya pakan di tanggung mitra apa perusahaan inti seluruhnya?

P Singarimbun mengatakan...

@rudi: biaya pakan ditanggung plasma, hanya saja pembayarannya dipotong dari hasil penjualan Ayam Broiler saat panen

inug mengatakan...

pak, mau tanya kontak person perusahaan inti daerah jawa tengah, sekitaran pekalongan

terimakasih sebelumnya

P Singarimbun mengatakan...

@ inug: coba datang ke dinas peternakan setempat pak.. disana lengkap daftar perusahaan inti kemitraan ayam, sebab semua perusahaan peternakan harus terdaftar di Dinas.

setio aji mengatakan...

Kalo kita tanam modal bisa gak pak

P Singarimbun mengatakan...

@setio aji: Dalam kemitraan memang kita tanam modal mas.. tapi harus dalam bentuk infrastruktur lahan dan kandang, perkara tenaga kerja/ anak kandang itu bisa kita gaji karyawan. kalau full hanya menanam modal saja sepertinya tidak bisa di sistem kemitraan. Sistem tanam modal saja mungkin bisa di bidang usaha lain seperti investasi reksa dana dan sebagainya.

Abdul Azis mengatakan...

Sistem kemitraan itu, kita cuma siapin kandang sama pegawai doang..
yang siapin bibit ayam pakan ternak,vitamin dan sebagainya itu perusahaan??
Terus sistem bagi hasilnya gmna??

Denny Mirsya mengatakan...

Untuk 5000 ekor ayam biasa nya berapa karung pakan nya yg d habiskan dalam 1 x panen pak?

Harsami Yuni mengatakan...

terima jual beli ayam potong , ayam hidup , ayam karkas
Ready stock 2 - 5 ton per hari
Hub 081310182149

P Singarimbun mengatakan...

@ pak Abdul Azis: untuk bagi hasil seperti yang disebutkan diatas pak, biasanya sudah ada harga kontrak. Kita jual ayam dengan harga kontrak ke pada perusahaan inti, terus kita bayar deh uang pakan dan obat-obatan yang telah dipakai selama proses produksi hehehe.. gak ada yang gratis pak.