Berat Normal Ayam Potong Broiler Berdasarkan Umur


Sebagai seorang peternak ataupun seorang pelajar/ mahasiswa bidang peternakan sebaiknya kita tahu pasti konsep-konsep dasar yang aplikatif di tengah-tengah masyarakat. Berat normal hewan ternak berdasarkan umur merupakan ilmu dasar yang kadang dilupakan atau bahkan tidak diketahui seorang sarjana, hal ini tentu sangat menyedihkan. Pada kesempatan kali ini author memaparkan berat seekor ayam broiler mulai dari DOC hingga umur 35 hari.

Perhatikan tabel berat badan normal broiler berikut ini:




Umur (Hari) Berat rata (gr)
1 - 7 175
8 - 14 486
15 - 21 932
22 - 28 1467
29 - 35 2049
36 - 42 2643
Sumber: data kemitraan Charoen Pokphand 2006

Dari tabel diatas kita bisa melihat berat badan rata-rata ayam broiler dari minggu pertama yakni hari 1 hingga hari ke 7 adalah 175 gram. Pemeliharaan broiler efekifnya hanya sampai minggu ke 5 atau umur maksimal 35 hari sudah habis dipanen.

Mengapa efektifnya hanya samapai 35 hari, hal ini karena sesudah minggu ke 5 pertambahan bobot badan akan cenderung melambat sehingga bisa dipastikan FCR akan meningkat. Oleh karena itu sangat disarankan agar panen ayam broiler ada di saat umur 28 - 35 hari, karena perkiraan FCR saat itu sekitar 1,4  hingga 1,6 saja. FCR yg demikian dipastikan akan menguntungkan peternak, baik mandiri maupun kemitraan.

Berat badan ayam umur 15 hingga 21 hari adalah sekitar 932 gram, jangan heran kalau suatu saat anda menemukan ayam broiler berukuran 1 Kg saat umur 21 hari, hal ini akan ditemukan beberapa ekor dalam 1 kandang, tapi secara rata-rata berat nya adalah sekitar 9 ons. Adapun konsumsi pakan ayam potong saat umur minggu ke 3 ini adalh sekitar 12 gram / ekor / hari.
konsumsi ayam per ekor per hari berdasar umur

Pada minggu ke 4 umur ayam potong 22 - 28 hari berat rata-rata sekitar 1,4 Kg. Pada masa ini juga sudah ideal untuk dilakukan panen perdana, khusunya bagi peternak mandiri. Perlu kita ketahui bahwa pasar saat ini lebih suka membeli ayam ukuran 1 kiloan per ekor, lebih dari 1,5 kg biasanya agak sulit dijual di pasar-pasar tradisional.  Untuk peternak kemitraan biasanya akan dilakukan panen pada umur 29 - 35 hari, karena perusahaan inti sudah memiliki pangsa pasar yang jelas.

Lebih jauh lagi mungkin kita perlu juga membaca tentang cara perawatan ayam potong dari hari ke hari, disana akan dijelaskan perawatan-perawatan dasar yang harus dilakukan dalam beternak ayam broiler/ pedaging.

Demikianlah sekilas pemaparan tentang berat normal ayam potong / broiler berdasarkan umur ini ditampilkan, semoga bermanfaat.


Share this article :
Share on fb Tweet

No comments: