Peluang Bisnis Ternak Kambing



Berbicara peluang bisnis pada usaha peternakan sepertinya tidak akan pernah ada habisnya, selama manusia masih membutuhkan protein hewani maka selama itu bisnis ternak tetap memiliki peluang. Memang ternak kambing bukanlah perioritas pemerintah dalam swasembada daging 2014 tapi patut disadari bahwa setiap hari minimal ada satu anak yang di akikah pada satu kecamatan. Setiap akikah akan membutuhkan minimal seekor kambing. Peluang-peluang bisnis budidaya dapat di bagi sebagai berikut:

Bisnis ternak kambing potong cukup menjanjikan seperti yang sudah dibahas di analisa rugi laba ternak kambing, banyak jenis diantaranya yang dapat dibudidayakan: seperti kambing kacang, PE (peranakan etawa), boer, garut, jawa, dan gibas. Peranakan etawa paling banyak dicari  karena pertumbuhan berat badannya cepat dan perawatannya mudah. Populasi terbanyak di Indonesia saat ini adalah kambing kacang.

Bisnis ternak perah juga memiliki prospek cerah, permitaan susu kambing meningkat dari tahun ketahun mungkin disebabkan karena gencarnya promosi tentang manfaat susu kambing. Jenis-jenis kambing perah ini antara lain; Etawa, Saanen, Toggenburg, Anglo Nubian, Nubian, French Alpine, British Alpine,kambing Damaskus, Beekal, Barbari. Di Indonesia baru etawa yang banyak dipelihara sebagai penghasil susu, hal ini karena etawa cocok hidup di daerah beriklim tropis.

Apa saja yang bisa dijual dari peternakan kambing? Selain daging dan susu ada juga produk sampingan, seperti kotoran bisa dijual sebagai pupuk kandang. Bisnis lainnya bisa juga jual beli anak, artinya anda memelihara beberapa ekor betina dan membudidayakannya hingga berkembang biak, seekor kambing mengalami awal estrus (birahi ternak) pada umur 8 – 9 bulan, enam bulan kemudian anda sudah dapat memperoleh anak dari betina tersebut.

Perkembangan inseminasi buatan (artificial insemination) sudah sangat baik, persentase kesuksesan dari setiap inseminasi hampir mencapai 73%. Hal ini tentu bisa membantu peternak dalam mengembang biakkan populasi kambing berkualitas unggul. Semen kambing yang tersedia saat ini diantaranya semen beku Etawa, peranak etawa, boer dan kacang. Harga setiap inseminasi juga cukup murah hanya Rp 50.000.
kambing dewasa
Kesimpulannya ada beberapa pola bisnis ternak kambing yakni:
Ternak kambing pedaging/ potong
Budidaya ternak perah
Budidaya pembibitan



Share this article :
Share on fb Tweet

7 comments:

Smile Group said...

dimana ontak personnya jika saya tertarik untuk menginsemination ternak saya...

Smile Group said...

DIMANA CONTAK PESONNYA JIKA SAYA INGIN MENG INSEMINATION...

P Singarimbun said...

mang agan daerah mana tinggalnya gan.. biar saya hubungkan kawan inseminator yang ada di daerah agan.

jalu said...

wah bagus infonya

Singarimbun said...

@kambing super: makasih dah berkunjung sob semoga bisnis kambing supernya makin lancar...

sumarsono said...

NUMPANG PROMO

Mau cari kambing untuk bibit atau investasi, kambing jawa randu harga mulai 800rban bligon mulai 1.2jtan, PE mulai 1.7jtan, stok ada, HUBUNGI 083840733532 / 081325971678 / 2263F90E

MELAYANI DALAM DAN LUAR KOTA PURWOREJO
MELAYANI PROYEK DAN PROGRAM PEMERINTAH ATAU KELOMPOK

Unknown said...

Wah...ternak kambing sy rs cocok didaerah km sbb hijaun luas pakan ternak mudah dapat tp mslhnya gang...pacaranya gimana mohon beri imfo....