Peluang Bisnis Kemitraan Ternak Bebek



Banyak jenis usaha peternakan yang memiliki prospek dan peluang bisnis menjanjikan sekarang dan masa depan, peluang bisnis kemitraan ternak bebek misalnya, samapai saat ini belum ada perusahaan besar yang fokus menjalankan kemitraan bebek. Berbeda dengan ternak ayam broiler, ada beberapa perusahaan besar yang serius menangani kemitraan ternak ayam pedaging ini sebut saja salah satu anak perusahaan Charoen Pokphan Group dan Japfa. Teknis pengembangan kemitraan budidaya bebek dengan ayam ras mestinya tidaklah berbeda jauh secara konsep.

Arti usaha kemitraan pada budidaya peternakan seperti ayam dan bebek adalah usaha kerjasama antara plasma dan inti. Jadi dalam kemitraan ada dua peran pelaku bisnis yakni Inti yang diperankan oleh perusahaan pemasok mulai dari pakan, bibit ternak, peralatan kandang dan obat-obatan, dan adanya plasma yang diperankan oleh masyarakat peternak yang menyediakan kandang dan tenaga kerja untuk mengurus. Begitu jugalah konsep dalam kemitraan ternak bebek.
bebek-petelur

Dalam bisnis kemitraan ternak bebek yang akan anda bangun harus jelas tenang kontrak kerja, didalam kontrak kemitraan biasanya desebutkan tentang aturan-aturan yang mengatur plasma dan inti, beserta harga panen (hasil produksi ternak) yang ditetapkan dalam kontrak tersebut. Kontrak kemitraan sifatnya mengikat dan memiliki kekuatan hokum, kedua belah pihak (plasma an inti) wajib menjalankan butir-butir yang tercantum dalam kontrak kemitraan.

Berbicara tentang peluang bisnis kemitraan pada peternakan bebek saya rasa sangat potensial untuk dikembangkan, mengingat kebutuhan protein masyarakat Indonesia yang semakin hari semakin meningkat. Kelebihan kemitraan ternak bebek dibandingkan dengan kemitraan ayam broiler terletak pada kelangkaan perusahaan yang fokus memanajemen kemitraan, jadi sebagai pemain baru anda bisa dipastikan akan berkembang dengan cepat sebab saingan masih sangat sedikit. Jadi sungguh benar bahwa kemitraan budidaya bebek ini masih sangat berpeluang besar untuk dikembangkan sebagai perusahaan.

Kekurangan kemitraan bebek mungkin terletak pada putaran modal yang akan cukup lama, mengingat masa panen lebih panjang dibandingakan dengan ayam broiler (per periode). Jadi sebagai pengusaha kemitraan anda akan dituntut memiliki kesabaran tinggi dalama perputaran modal. Selain masa panen harga bibit (DOD) bebek jauh lebih mahal dibandingkan dengan DOC ayam broiler disini akan menuntuk tenaga ahli profesional untuk bisa mengurangi penyakit ternak bebek sebab bila terjadi tingkat kematian tinggi maka kerugian besar pasti akan ditanggung oleh pihak kemitraan terutama inti.

Secara teknis kemitraan ternak bebek ini pastilah berbeda jauh dengan kemitraan ternak ayam, mengingat cara beternak ayam berbeda jauh dengan cara beternak bebek. Perbedaan terlihat jelas pada system kandang, dimana kandang ayam cenderung kering dan kandang bebek membutuhkan adanya kolam berenang bebek. Secara spesifik dalam perencaranan pembangunan kemitraan silahkan hubungi kami sebagai teman sharing anda.



Share this article :
Share on fb Tweet

No comments: