Ternak Entok



Entok adalah hewan yang termasuk dalam jenis unggas. Ternak entok memiliki banyak nama daerah, di Sumatra dikenal dengan serati, entong di jawa dan secara umum disebut itik serati dalam bahasa Indonesia. Mudah dibudidayakan, berkembang dengan baik di seluruh nusantara baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Entok memiliki daya tahan lebih baik dari jenis unggas lain seperti ayam, puyuh, kalkun da itik.

Mungkin pembaca agak bertanya apa beda entok dan itik? Itik teidak memiliki sifat pengeraman yang baik, sedangkan entok memiliki sifat pengeram telur oleh karena itu sering kali digunakan entok untuk mengerami telur itik. Semua entok jantan memiliki karunkel di kepala, sedangkan itik kepalanya tidak berkarunkel, kepala entok besar dengan paruh pendek sedangkan itik kepala kecil lojong dan paruhnya lebih panjang. Memang bahasa Indonesia itu terkadang membuat sulit, apa salahnya keduanya disebut itik saja dan diberi nama embel-embel untuk membedakan.

cara ternak entok
Entok dapat dipelihara full dikandang juga bisa diangon. Ternak entok termasuk hewan domestifikasi yang bisa pulang sendiri ke kandangnya, tanpa harus dijemput atau digiring. Cara ternak entok cenderung sama dengan jenis unggas air lainnya, dimana hewan-hewan tersebut lebih baik dibudidayakan sejak dara daripada harus dipelihara sejak DOD. Anak entok masih memiliki kecenderungan bergantung pada induknya, berbeda dengan ayam broiler dimana sudah terbiasa hidup dengan pengkondisian (modifikasi suhu).

Bibit ternak entok yang baik; fisik sempurna, lincah, dada lebar, respon baik terhadap buyi (tepukan tangan). Harga bibit tergantung pada umur baik untuk DOD maupun dara, jadi harga ditentukan bukan berdasarkan berat badan. Kisaran saat ini untuk umur 1 monggu sekitar Rp. 7500 – 9000 / ekor. Harga dara bisa mencapat 15 – 25 ribu/ ekor. Cara terbaik memulai ternak entok adalah dengan membeli bibit umur diatas 1 minggu.

Pakan ternak entok
Unggas ini termasuk hewan ternak istimewa, unggas ini mampu mengubah pakan buruk sekalipun menjadi daging (karkas). Bisa saja kita membeli pakan jadi berupa pelet atau pur tentu saja dengan harga yang cukup mahal. Sebenarnya pada itik angonan pakan pabrikan tidak diperlukan lagi, setelah agon cukup diberi sedikit tambahan konsentrat (berupa campuran dedak + bungkil kedelai / kelapa + tepung ikan). Di lapangan bahkan ada peternak menjadikan nasi sisa sebagai pakan ternak entok mereka, tetap saja tumbuh sehat dan besar. Keong mas banyak di area persawahan juga sangat baik untuk memacu pertumbuhan ternak entok.

Peluang usaha ternak entok
Kalau kita berbicara peluang tentu saja berkaitan dengan prospek dan kondisi sekarang. Menurut anda kira-kira sekarang ini peternak ayam broiler lagi senang apa susah? Walaupu harga daging ayam saat ini cenderung naik tapi pada kenyataannya kebanyakan peternak ayam broiler lagi susah karena harga pakan juga naik cukup tinggi. Kondisi seperti ini menjadi peluang besar bagi peternak dalam mengembangkan usaha, serta bagi kita yang belum memiliki usaha bisa menangkap peluang usaha ternak entok sebagai sumber pencarian baru. Sebab pakan alternatif entok jauh lebih banyak daripada ketersediaan pakan alternatif untuk ayam broiler. Sekian papara umum tentang ternak entok kali ini, lebih spesifik dan terperinci disajikan dilain kesempatan..
author



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

1 komentar:

Sofi Yan mengatakan...

jual azolla bandung - telp / what apps : 0896 3650 3911
sedia bibit azolla pengiriman seluruh NKRI / tanaman paku air per paket per 1kg

kegunaan azolla :
- penghijau dan penjernih air kolam ikan, sawah, kolam terpal, kolam semen, taman air
- pakan alternatif alami ikan gurame, nila, mujair, mas, koi, lele, hias, belut, patin dll
- pakan alternatif unggas : ayam, bebek, entog, angsa, broiler, pelung, bangkok, buras/kampung dll
- pakan alternatif / pengganti rumput utk sapi, kambing, kerbau, domba tanpa ngarit / kemarau
- bahan baku pupuk hijau & kompos alami utk tanaman pekarangan, sawah, kebun, lahan gambut jadi sambil berkolam skalian punya stok pupuk sendiri..
- sebagai alternatif pengurai air limbah / lahan kritis berair sperti : bekas galian c, air tpa sampah, penetral air kolam pemancingan, air selokan limbah industri rumahan tahu /tempe / makanan tradisional
- penstabil keasaman air / PH dan kadar oksigen terutama kolam buatan : terpal, bak semen, toren cor tebar padat
- kandungan dan kegunaan lain ny bisa cari di google

what apps / sms / telp / bbm : (pasti dibales)
salam hijau dan kembalikan tanah air sebagai mana fungsi nya tanpa bahan kimia..
hidup bu susi..